Rabu, Februari 02, 2011

Catatan Harian : Melihat Dari Berbagai Sisi

Pertengahan Januari lalu aku baca note temanku di fesbuk yang mengkopi dari tulisan yang bersangkutan mengenai insiden di taping acara Kick Andy. Ah tentu sudah banyak yang tau masalah ini jadi tidak perlu aku jelaskan panjang lebar.

Intinya, ketika kita menghadapi satu kenyataan tertentu..janganlah langsung mengambil informasi berdasarkan fakta dari satu pihak saja. Saat aku membaca catatan itu, walaupun aku berusaha netral, tetap saja fakta dari satu pihak saja itu cukup mempengaruhiku. Apalagi tokoh-tokoh yang disampaikan oleh si penulis catatan, bukan tokoh sembarangan. Dari Andy Noya-nya sendiri, Dewi Motik dan Elly Risman, bukanlah tokoh-tokoh biasa. Semuanya adalah role model dibidangnya masing-masing.

Jadi, walaupun sudah cukup terpengaruh isi tulisan itu, aku sadar bahwa selalu saja ada dua (banyak) sisi dari setiap cerita. Apalagi kita bukan pelaku dari cerita itu. Bahkan seringkali para pelaku kejadian pun bisa memandang berbeda dari kejadian di sekitarnya. Maka berhentilah menghakimi dan menilai jika hanya mendengar cerita searah saja.

Jika ingin mengambil sikap dari suatu kejadian, cari tau sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber, sehingga sikap yang diambil tersebut bisa dipertanggungjawabkan. Setidaknya bertanggung jawab pada diri sendiri sehingga tidak ada penyesalan dan kekecewaan dikemudian hari karena salah bersikap.

My Note:
Catatan karena hampir saja mengambil keputusan berdasar cerita sepihak. Setidaknya menunggu untuk melihat sendiri bagaimana tayangan seutuhnya acara "KA" yang dibicarakan itu. Lagipula...kita tidak harus memihak siapa-siapa bukan? Ambil saja hikmah dari melihat ke berbagai sisi itu...

2 komentar:

  1. Jujur ...
    Saya belum tau mengenai hal ini ...
    ada apa rupanya dengan acara tersebut ?

    (searching aaahh)

    Tetapi yang jelas ...
    Ibu Dewi betul ...
    Kita pribadi ... harus mampu melihat segala sesuatunya dari berbagai macam sisi ...
    agar didapat sesuatu yang objective

    Salam saya Bu

    BalasHapus
  2. Bu ...
    Saya sudah berkelana mencari informasi mengenai apa yang terjadi ...

    saya tidak bisa berkomentar terlebih dahulu ...
    masing-masing punya sudut penyampaian dan pendekatan pesan yang mungkin berbeda satu sama lain ...

    tetapi saya yakin se yakin-yakinnya ...
    Bahwa mereka semua ... seperti juga kita semua ...
    sangat prihatin dengan masalah yang diangkat ...
    dan berharap "fenomena tersebut" bisa berkurang bahkan hilang ...

    Salam saya Bu
    Terima kasih atas informasi ini ...
    De Asmara mungkin juga punya pendapat juga nih ... dia ada disana nggak ya ? atau paling tidak punya cerita dibalik layar juga ...

    salam saya

    BalasHapus