Kamis, Januari 29, 2009

Senopati Pamungkas

Pas Gramedia Grand Indonesia kemaren, aku udah minta tolong adikku buat mampir kesana beli senopati pamungkas. Maklum, pas kesana beli 3 seri twilight..ga tega mo nambah beli senopati pamungkas. Habis bukunya tuebel banget dan ada dua seri. harganya 150rb dan 175rb...walau diskon 30%, kalo langsung beli dua buku, suamiku pasti nyesek ngeliatnya...(sebenarnya ga tau juga siy, reaksi sebenarnya gimana...secara beliau tau betapa maniaknya aku dengan bacaan...mungkin aku sendiri aja yg nyesek kalau ngelliat total blanjaannya brapa..)

Eniwei, pada akhirnya adikku juga ga dapet buku ini karena stoknya habis (gile..ternyata banyak yang pengen beli juga..padahal waktu aku sendiri kesana, stoknya masih banyak).

Akhirnya, awal minggu lalu aku cari-cari file pdf untuk Senopati Pamungkas dan dapetnya di ESNIPS... Tau ga..? ada 1453 halaman!!..pantesan aja jadi dua buku yang super tebal...
Deg-degan juga pas mo baca, mengingat pengalamanku membaca Gajah Mada. Tapi ternyata kekhawatiranku tidak beralasan. Arswendo Atmowiloto sebagai pengarangnya, menulis buku ini mirip dengan gaya Kho Ping Hoo. Jadi cerita silat banget dengan detil jurus-jurus yang bikin aku mabok bacanya.

Seperti biasa, aku skimming..ga suka baca detil penggambaran adegan silat...tapi karena cara bertuturnya enak..maka aku ga bisa berhenti membacanya. Dua hari yang lalu aku mulai membaca dan karena file pdf, maka mesti melototin komputer sampe puyeng. Bahkan ketika kemarin siang aku dapet buku Breaking Dawn-ku dari inibuku.com...aku ga langsung membukanya..tetep nerusin baca Senopati Pamungkas. Sampe sekarang baru nyampe halaman 300an gitu deh....Masih 1100an halaman lagi yang perlu dibaca....(mabok...mabok deh)

Bagi yang mau baca Senopati Pamungkas, tinggalin alamat emailnya deh..ntar kukirim lewat email. Kalo mau donlot sendiri ya klik aja link di atas.

Read More..

Selasa, Januari 27, 2009

Food Allergy and Food Hypersensitivity

Hari kamis minggu lalu, aku memenuhi permintaan suamiku untuk memeriksakan anak keduaku ke klinik Picky Eaters di RSIA Bunda di Menteng sana...yang menangani adalah dr. Widodo Judarwanto. Kalau mau baca detil tentang beliau bisa klik di CHILDREN ALLERGY CLINIC.

Lo..apa hubungannya klinik picky eaters dengan klinik alergi? Aku sendiri sebenarnya juga bingung, sebenarnya apa bedanya sih..? OK, mungkin bisa kumulai dari awal tahun lalu ketika suamiku tiba-tiba ingin memeriksakan Javas ke klinik tersebut. Aku sendiri merasa kurang sreg, karena walaupun Javas kecil mungil untuk usianya, tapi dia masih suka makan roti, mau makan sosis dan nuget walau sangat sulit makan sayur dan lauk lainnya. Eniwei..roti dan segala isinya kupikir sudah dapat mencukupi semua kebutuhan karbohidrat dan segala macemnya karena aku selalu memilihkan yang terbaik untuk isiannya. Tapi suamiku merasa itu belum cukup mengingat dibanding teman-teman seusianya, postur tubuhnya cukup kecil bahkan dibanding anak yang setahun dibawahnya.

Tapi akhirnya kamis kemaren, aku ngikut saja ketika suamiku bilang bahwa dia sudah mendaftarkan Javas ke dr Widodo. Setelah 2,5 jam menunggu giliran dipanggil (sekali lagi tentang menunggu...MENYEBALKAN...mo marah rasanya..), kami dapat giliran konsultasi dengan dokternya. Sebelumnya kami sempat heran, kenapa semua pasien yang masuk butuh waktu lama untuk selesai diperiksa. Ternyata memang menagsyikkan diskusi dengan dr. Widodo, walau seringkali ketika kami ingin cerita panjang lebar, sudah dipotong oleh beliau (mungkin beliau sudah bosen denger cerita standar yang berulang-ulang tapi beda versi).

Eniwei, pas kami baru saja duduk dan setelah perkenalan nama anak, dokter langsung bilang, "Ini Javas mirip dengan ibunya ya? Kalau kakaknya mirip ayahnya?" kami hanya senyum dan menambahkan "Adiknya juga mirip ayahnya, dok"
dr Widodo langsung menimpali, "Dari hasil studi, mirip wajah siapa si anak, maka riwayat penyakitnya pun akan sama". Gubrak deh.. sebenarnya selama ini kami belum sepakat, mirip siapakah Javasku ini...karena banyak juga yang bilang dia ga mirip aku. Tapi kalau dibandingkan ayahnya jelas banget dia ga mirip ayah. Jadi mirip siapa lagi kalo ga mirip ibu?
Lalu dr. Widodo memberi kami satu brosur yang isinya semua ada di blog di atas.

Setelah memberi tau bahwa riwayat penyakitku akan sama dengan Javas, baru kemudian beliau menebak satu persatu semua gejala penyakit hipersensitifitas dan alergi yang mungkin muncul pada Javas, dan satu persatu gejala tersebut kami iyakan... OMG..dari yang semula aku pesimis tentang keinginan suamiku periksa ke klinik ini, menjadi sadar bahwa walaupun akibatnya tidak fatal tapi cukup mengganggu dan aku jadi lebih memahami perangai anakku ini yang menurutku luar biasa.

Gejala-gejala yang disebutkan dan yang aku iyakan: (jadi banyak gejalanya, yang aku sebutkan ini adalah yang terjadi pada Javas)

  • saluran pernapasan:sering batuk pilek, sinusitis
  • kulit:sering menarik alat kelamin karena gatal, ujung penis sering merah gatal..(dulu sering sekali)
  • saluran cerna:sulit BAB dan kotoran keras dan bulat, sering buang angin dengan bau tajam
  • gigi dan mulut:nyeri gigi, gigi berwarna kuning kecoklatan dan rusak, gusi mudah bengkak, mulut berbau
  • pembuluh darah kecil (vaskulitis):sering lebam kebiruan pada tulang kering kaki atau pipi atas seperti bekas terbentur
  • fatique:mudah lelah sehingga minta gendong
semua gejala yang muncul harus ditangani di saluran pencernaannya. Jika saluran pencernaan beres, maka penyakit yang muncul di pernapasan, kulit, gigi dan mulut dan bagian tubuh yang lain akan ikut beres.

Nah, hipersensitifitas saluran cerna ini ini sering disertai dengan gangguan susunan saraf pusat dan perilaku sehingga aku jadi menyadari betapa pentingnya penyakit ini karena gangguan ini muncul hampir semuanya pada Javas (walau..sekali lagi..tidak mengakibatkan penyakit fatal).
Gangguannya pada Javas muncul dalam bentuk:
  • gangguan tidur malam:bolak-balik dari ujung ke ujung, beradu gigi (bruxism)
  • agresif meningkat:sering memukul kepala sndiri, mencubit atau memukul pada saat gemes (terjadi pada kakak dan adiknya, kepada teman-temannya dia bisa menahan diri)
  • gangguan konsentrasi:tidak teliti, sering kehilangan barang, pelupa, suka bengong..TAPI ANAK SEBENARNYA SANGAT CERDAS..(ini kata dokternya..ehem..ehem..emaknya jadi kesenengan niy)
  • emosi tinggi:mudah marah, berteriak/mengamuk/tantrum, keras kepala, suka membantah
  • gangguan oral motor:agak cadel, gagap (dulu)
  • impulsif:sering memotong pembicaraan orang lain

Komplikasinya: kesulitan makan dan berat badan sulit naik, daya tahan menurun sehingga gampang sakit.

OK, aku jadi memahami bahwa perilaku Javas yang selama ini sering membuat hatiku susah ternyata bukan murni sifat dia, tapi karena hipersensitifitas pencernaannya terhadap makananlah yang membuat dia sering tantrum, pemarah, pelupa yang luar biasa, dan agresif terhadap saudara-saudaranya. Dulu seringkali aku hilang kesabaran menghadapi perilaku Javas ini dan ga habis pikir kenapa Javas bisa seperti ini. Setelah memahami akar permasalahannya maka aku bisa menjadi lebih sabar dan menerima apapun yang dia lakukan...karena aku tau bahwa jika pencernaannya baik-baik saja maka semua gangguan perilakunya pun juga menghilang.

Maka semenjak hari kamis itu kami menjalankan diet eliminasi alergi makanan yang disarankan oleh dokter.

Ya, terasa berat karena pada dasarnya Javas sangat memilih makanan dan semua makanan yang selama ini disukainya justru merupakan eliminasi pertama dari dietnya. Maka aku semakin kesulitan dalam menentukan makanan apa yang harus dikonsumsi Javas.
Javas sendiri berulangkali mengeluh bahwa makanan apapun yang disukainya ga boleh dimakan...ngenes sekali mendengar keluhannya. Satu hal yang membuatku semangat, jika kami benar-benar menaati diet makanan tersebut maka Javas pun lebih kalem dan ga tantrum. Sedikit saja makanan yang dilarang itu dimakan maka perilaku agresifnya juga muncul.
Jadi saat ini makanan yang boleh dimakan oleh Javas adalah semua bagian sapi dan kambing serta ikan air tawar, sedang karbohidratnya adalah beras, kentang, ubi, termasuk singkong dan semua produk olahannya (artinya, bihun, misoa, kweetiau, bubur sumsum, kue mangkok dll). Hampir semua sayuran boleh dimakan kecuali brokoli. Untuk buah hanya boleh apel, pepaya, pir, alpukat, selain itu ga boleh.

Maka bayangkan betapa sulitnya kami memotivasi Javas untuk makan karena dia paling suka naget, kulit ayam goreng, donat, mi, roti dan segala isiannya..hanya itu.. Kami harus berjuang keras membuat dia mau makan soto daging, rawon, kue mangkok, bubur sumsum pengganti donat favoritnya. Belum begitu sukses siy...baru 5 hari ini kami mencoba..padahal minimum 3 minggu penuh kami harus konsisten.

Yang jelas..untuk Javas mesti SEMANGAT...!!


Read More..

Jumat, Januari 23, 2009

Tips Irit Rupiah Untuk BBM

Ada artikel lain lagi yang bagus buat ngirit rupiah. Tentu saja dapatnya dari milis angkatanku yang dapat dari milis yang lainnya lagi..

Eniwei...artikel bagus mesti dibagi-bagi..

TIPS CARA MENGISI BENSIN/BAHAN BAKAR KENDARAAN ANDA

Seorang teman mengirimkan catatan seperti tertulis di bawah ini:

Saya tidak tahu berapa sebenarnya anda membayar saat mengisi bensin...tetapi di sini, di
Durban, harga bahan bakar juga mahal. Saya telah bekerja di bidang bahan bakar/bensin selama 31 tahun, sehingga saya bisa memberikan beberapa cara agar uang anda menjadi lebih
berharga untuk setiap liter bahan bakar yang anda beli.

Di Marian Hill Pipeline tempat saya bekerja di Durban, dalam waktu 24 jam kami
memompakan/menyalur kan kurang lebih 4 juta liter. Satu hari solar, hari berikutnya bahan bakar pesawat jet dan bensin, LRP dan Unleaded. Kami di sini mempunyai tanki penyimpanan sebanyak 34 dengan kapasitas seluruhnya 16.800.000 liter.

BELILAH BAHAN BAKAR ATAU ISILAH MOBIL ATAU MOTOR ANDA DENGAN BAHAN BAKAR PADA WAKTU HARI MASIH PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN.

Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya.. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang. Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari atau petang hari¡¦¡¦..sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan anda jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli.

Dalam business perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan bahan
bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1
derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam business ini. Tetapi SPBU tidak
memberikan ganti rugi/kompensasi karena temperatur.


OFF THE JOB SAFETY

'TIPS CARA MENGISI BENSIN'
Date: 09 Juli 2008

SALAH SATU YANG PALING PENTING ADALAH ISI BAHAN BAKAR SAAT TANKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.

Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin
sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada
yang bisa kita bayangkan. Tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap
yang mengapung yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga
penguapannya bisa dikurangi. Tidak seperti SPBU, tempat saya bekerja di sini setiap truck
yang kami muati ada ganti rugi/kompensasi karena temperatur, sehingga setiap liter yang
dibeli jumlahnya benar-benar sesuai/tepat.

YANG PERLU DIINGAT LAGI, JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN

Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki
penyimpanan, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk
naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda.

Saya berharap hal ini akan menolong anda untuk mendapatkan nilai yang maksimal dari rupiah
yang anda gunakan untuk membeli bensin..

BAGIKAN TIPS INI KEPADA YANG LAIN! MARI KITA SALING BERBAGI INFORMASI UNTUK KEPENTINGAN BERSAMA, UNTUK KEBAIKAN MANUSIA.

Regards...

My note:
Wuih..bener-bener artikel yang menarik..dan untungnya selama ini sudah kami lakukan..jadi kami selalu ngisi bensin pas pagi berangkat kerja. Cuma pas bagian ngisi baiknya kalo masih setengah penuh..yang ini nih..perlu dilakukan karena tentu saja kami ngisi bensin pas udah mo habis...kalau tentang jangan ngisi pas ada truk pengisi...well..kebetulan aja kita ga pernah mengalami hal itu dan dengan info ini jadi harus waspada apakah SPBU itu lagi ngisi ato engga...

Read More..

Tanggapan Teman-Temanku atas Medeking

Well..masalah medeking ini sangat mengganggu pikiranku sehingga disamping kuposting disini (yang pasti ga akan ada yang ngasih komentar..lagian siapa yang mbaca tulisan ngawurku ini), kuposting juga di facebook dan kukirim di milis angkatanku. harapanku sih paling engga ada yang nanggapin bingungnya hatiku. Artikel ini juga kukirim ke Kompas Komunitas walo aku ga yakin bisa tayang ato engga mengingat akhir-akhir ini tulisan-tulisan disitu semakin bagus dan aku semakin merasa ga level buat ngirim tulisan kesitu. kalo bisa termuat kan tanggapannya bisa semakin banyak dan beragam..karena pembacanya yang dari seluruh dunia...

OK, respon tercepat ya dari angkatanku (tentu saja..mereka penggemar BB(blackberry) jadi stay OL for 24 hours...gile...). Kalo facebook lebih pada ajang sosialisasi....bukan diskusi ato urun pendapat..makanya ga ngarep juga tanggapan dari sana.
Ini respon-respon dari teman-temanku yang bikin adem atiku (urutannya berdasar waktu aja):

Rifki:
mba dewi yang baik.....saya mungkin ga mengerti istilah medeking karena kebetulan saya bukan berasal dari jawa tengah maupun jawa timur...tapi kalo boleh berbagi kebetulan saya sudah dikarunia 3 orang anak, yang sulung laki2 sdgk yang ke-2 dan ke-3 perempuan.
Alhamdulillah sejak kelahiran sampai saat ini (si bontot sudah di play group) ngga pernah ada kejadian2 buruk yang menimpa (nau'zu billahi).
Menurut saya seh, segala sesuatu yang terjadi pada setiap orang telah
digariskan (baca:takdir) oleh pencipta-Nya. Mudah2an istilah madeking tidak menjadi "persepsi yang diyakini" sehingga kita sugesti dan bila terjadi kejadian apapun pasti dikaitkan dengan istilah madeking tadi.
Demikian....mudah2an bermanfaat.
Wallahu'alam Bis Showaab

KM:
Mudah2an tulisan atau yg ditampilin Dewi, gak bikin org takut atau ragu trhdp 3rd Kids..

Sebagai anak ke-3 aku gak merasa menjadi bagian dr 1 or 2 kategori...
tapi kalo jujur anak ketiga biasanya penyeimbang benturan antara anak 1 dan 2, ayah dan ibu, trmsk kalo nyusahin jg semuanya ikut...

tapi kalo rasa tanggung jawab, biasanya tinggi kalo kesehatan kenapa sering bermasalah, karena sebelum lahir orangtuanya slalu berpikir dan bergumam "Anakku ini bukan tanggungan Negara"... makanya karena doanya itu, anak ke3 jadi minder..ama kaka2nya...

Kalopun kesehatannya paling seger, karena pas dia lahir, Orangtuanya biasanya udah agak mapan, krn usia produktif bapaknya en sisi karir serta penghasilan lebih baik pada usia2 kelahiran anak ke-3, bandingkan dengan kakak2nya yang lahir pada saat orangtua sedang meniti karir, sibuk mikirin susu anak, rmh kontrakan dsb...

Itu saja masukan buat tulisannya Mbak Dewi.."JANGAN RAGU WI.. BIKIN TRUS AMPE KE-10" HEHEHEHE.... gimana Susi ama Leni tertantang gak...

Singgih:
Mbak Dewi yang terhormat,

Aku blum punya pengalaman dengan medeking tadi secara anakku baru 1 dan 1 OTW hehe. Tapi sama seperti KM gw anak ke 3 di keluarga gw dan selama masa kecil sampe sekarang alhamdulillah masih diberi kebugaran sampe gendut begene hehehe.
Sekolah pun alhamdulillah lancar sampe sekarang, apa hal ini istimewa?? yang jelas harus bersyukur, kalo istimewa tentu saja tidak karena yang lain pasti ada yang lebih baik lagi.
Yang jelas yang dialami mbak Dewi jelas cobaan dari yang maha kuasa dan itu bukan sia-sia pasti nanti ada hikmah dan manfaatnya.AMiiin.

Selalu semangat Mbak Dewi, May Allah Bless You and Family...

Naufal: (sebenarnya ada dua bagian, cuman yang kedua dia bilang tidak untuk dibagi)
Wah, aku gak pernah tahu medeking Wi. Jadi setelah membaca e-mail mu aku seolah-olah tersadar antara percaya gak percaya dengan hal itu Wi.
(*cencored*)

Jadi kalau menurut aku Wi (mungkin sama dengan pendapat rifki) jangan terbebani/tersugesti bahwa anakmu sakit karena dia anak ketiga. Kalau dia sakit ya cari obatnya dan berdoa untuk kesembuhannya (maaf bukan menggurui atau sok tahu). Kalau soal sakit kulit di dagu anakmu, anakku yang ketiga juga pernah mengalami bahkan mungkin lebih parah (tapi untungnya aku gak terbeban dengan medeking jadi aku ya anggap biasa saja). Waktu itu di badannya merah-merah dan semakin lama semakin besar, banyak, dan menebal sehingga kelihatan banyak bercak-bercak putih dan merah di sebagian besar badannya. Istriku cuma mengobati dengan mengoleskan salep walet (yang harganya cuma Rp2.500/buah, bisa untuk 2 minggu). Penyebabnya ya karena air di PDAM tangerang waktu itu sangat kotor. Kesembuhannya waktu aku pergi ke bandung untuk liburan di rumah saudara iparku dimana disana airnya sangat bersih. Hanya dalam waktu 2 minggu bercak-2 tersebut langsung menipis dan berkurang walaupun baru bersih benar setelah hampir 1 tahun (dengan obat salep walet tsb dan mandinya gak pake air PDAM selama masih kotor).
Kalau soal batuk dan flu yang gak sembuh-2 bisa saja karena banyak lendir di tenggorokan atau saluran pernafasannya. Ini dialami oleh anak keduaku yang sering sekali batuk sembuh batuk sembuh dalam waktu yang cukup lama. Dan sekarang sudah jauh berkurang setelah di terapi di klinik dengan menghirup uap yang dikasih pengencer dahak (5 hari berturut-turut). Penyebab utama sakit seperti itu (termasuk pernafasan) diantaranya adalah keseringan memakan makanan yang banyak pengawet/kurang segar/goreng-gorengan; tidur di ruang ber-AC; kurang olahraga/kurang gerak; dan sehari-hari tinggal di udara (sekitar rumah atau sekolah) yang banyak polusinya. Sepertinya juga karena kamu dan suamimu kerja jadi kurang terawasi dan terpelihara dengan baik dan sehat (terutama kalau dirawat pembantu). Coba dikasih vitamin, madu asli atau kalau masih menyusui akan lebih baik lagi.

Mungkin itu saja sharing-ku. Mudah-mudahan kamu tidak tersugesti dengan hal-hal yang kurang baik sehingga ketidakbaikan/kekhatiran menyebabkan jadi prasangka buruk yang malah menjadi kenyataan. Sering sakit atau banyak cobaan biasanya justru membawa kebaikan yang tidak kita duga kalau kita sabar dan berprasangka baik kepada takdir Allah (maaf bukan menggurui, tapi hal ini benar-benar sudah kami alami).

Y Supriyanto:
Terus terang kemarin siang aku ngobrol ama Dewi , tentang aku pengin punya 4 anak. Sekarang baru 2, cowok semua. Nah dengan hadirnya tulisan Medeking ini, aku jadi mak nyuss...aduh. ....apa iya sih....sebelum lebih lanjut perlu dipertegas nih.....jangan egois donk....Medeking ini kan anak ketiga...dari ayahnya atau ibunya...eit tunggu dulu ...sabar...kan bisa aja anak ketiga ayah merupakan anak pertama ibu kan...hayo.. .. nah masuk kriteria Medeking nggak itu Wi...

Di budayaku (Kraton jogjakarta) tidak dikenal istilah itu, bahkan aku baru denger (eh baca) dari Dewi ini. Kemudian aku mikir....dari ketujuh bersaudara kami (busyet..... ) anak ketiga di keluargaku putus sekolah di SMP...sementara kami minimal S1, ada yg S2, S3....tapi menurutku bukan karena'kutukan' anak ketigalah... .beliau pinter....sehat waktu kecil katanya....tapi salah sendiri suka pacaran, salah pergaulan... ..lalu kawin muda....sekarang juga berhasil hidupnya dengan versi nya sendiri....

Tapi Wi.....anak kakak pertamaku... .anak ketiganya maksudku.... jenius Wi....berperilaku santun, top lah...sekarang jadi Pastor (yg menurut kepercayaan kami berarti dia sangat baik)..... Aku mengartikan bahwa dia normal atau di atas normal....

Kalau di Jawa anak ketiga biasanya diberi nama Tri..... Tri Joko Susilo..Tri Sutrisno, Tri Winarti dst dst.......Menurutku banyak Tri Tri yg sukses, sehat, dan normal2 saja.

Jadi menurutku Wi, kalau aku sama sekali tidak percaya dengan Medeking atau kalau boleh pinjem istilah agak kasar sedikit...maaf. ...seperti 'kutukan' itu....nggak sama sekali. Bener Kaem, anak ketiga lahir di saat ortu udah sangat mapan lah....jadi asumsinya asupan nutrisi di waktu hamil dan balita dan masa pertumbuhan dipastikan lebih baik. Kalaupun Tuhan memberi cobaan berupa sakit atau imunx kurang itu semata-mata rahasia Tuhan. Kita sebagai umatnya berkewajiban untuk menerima dengan sabar, tidak bersungut-sungut dan tetap mencari jalan keluar dengan sebaik-baiknya.

Wi...tetap sabar. Percayalah bahwa kalau emang ada cobaan tidak perlu melihat anak 1, 2,3 atau berapapun. Tinggal sikap kita aja menghadapi ini dengan tetap berpikiran positif, maka yang positif2 akan ada di sekitar kita. Aku percaya Dewi n suami pasti mampu melewati semua ini bersama semua anak2 tanpa kecuali....bukankah mereka adalah anugerah tak ternilai bagi kita......

Maaf Wi...kok jadi khotbah ya....
Tapi itu wujud care kami pada temen yang baik dan bijaksana seperti Dewi....

Riko:
setujuw banget dengan saran tmn2 wie, ternyata mof99 emang gudangnya para bijakwan/wati. .. (eh watinya belum urun rembuk yaaa)...

singkatnya, nggak usah pikirin itu kepercayaan leluhur kalo itu malah melemahkan semangat kita. Banyak hal positif yang elu bisa lakukan dan pikirkan wie, misalnya:

betapa beruntungnya elu n suami bisa punya anak ketiga, dimana ada yg belum seberuntung itu (termasuk gw...halaah kok jd curhat sih hehehe),

terus: masalah kesehatan, pikirkan aja kalo diusia dini memang anak itu fitrahnya masih rentan, semoga dengan bertambah umur dia akan bertambah kuat dan sehat...aminn. ..

terus: sharing the burden together with your spouse... itu jg makin mengeratkan cinta lhooo ...

masih banyak lg deh....

Dan dari aku sendiri nanggepin saran temen-temenku:
Terima kasih untuk masukannya..
Sebenarnya, masalah medeking ini tidak benar-benar menjadi pikiranku, artinya dia besar nanti mau jadi apa tetap saja dia adalah anakku. Sekarang ini yang harus kita lakukan ketika anak-anak menjadi tanggung jawab kita maka kita adalah melakukan yang terbaik supaya mereka nantinya menjadi yang terbaik juga.

Memang benar kalau kita berpikir negatif maka hasilnya pun akan negatif..makanya aku berusaha ga mikirin atau ngucapin medeking (dalam arti diskusi). Buktinya semua teman-teman yang ngasih komentar, ga ada yang tau tentang istilah ini, mungkin saja 3 kejadian yang aku ketahui itu hanya kebetulan semua. Cuma hari senin aja pas pulang dari dokter kemaren membuatku teringat lagi masalah ini, sehingga aku pengen sharing agar pikiranku ini tetap positif.

Kemaren dokter bilang kalau testnya negatif lagi jadi TB bisa dicoret dari kemungkinan penyakit anakku. Tapi diagnosisnya malah tetep aja bikin ngenes...anakku kena batuk rejan (batuk 100 hari).
Dan pas diperiksa dia nangis kejer sampai batuk berat yang akhirnya membuat dia muntah dan mimisan banyak sekali...semakin ngeneslah aku melihat anakku berdarah-darah seperti itu...(halah malah curhat lagi).

Eniwei..terima kasih untuk masukannya yang bener-benr bikin aku tetap positif.
Read More..

Kamis, Januari 22, 2009

Belajar Dari Kedelai

Satu lagi dari milis angkatanku, rasa-rasanya cocok dengan suasana hatiku seminggu ini...

BELAJAR DARI KEDELAI

Di sebuah desa, seorang petani kehilangan keledainya. Capek mencari, tak dia temukan juga keledai itu. Tapi, ketika dia lelah mencari dan duduk di bagian belakang rumah, samar telinganya mendengar ringkik memelas dari keledainya. Suara itu lirih, sedih. Tapi di mana? Dan kenapa suara itu bergema?

Beringsut, petani itu mencari sumber suara. Dan, jauh di belakang rumah, di dalam sumur kering yang tak terpakai, dia temukan keledainya, bergerak gelisah, memekik. Petani tua itu tak tahu harus berbuat apa. Menarik keledai ke atas, tentu dia tidak kuat. Juga bagaimana menariknya? Lama berpikir, akhirnya dia pun pasrah. "Keledai itu telah tua, dan sumur itu terlalu berbahaya jika dibiarkan saja," batinnya.

Ia pun memutuskan untuk mengubur si keledai di sumur itu. Dengan mengajak beberapa tetangga, dia mulai mengayuh sekop dan melemparkan timbunan tanah ke dalam sumur. Ditutupinya telinga, agar tak mendengar pekikan keledai yang seperti kehilangan harapan, dan dia meminta tetangga mempercepat menimbun tanah ke sumur. "Kian cepat, makin lekas tangisan keledai itu hilang," pikirnya.

Dan benarlah. Tak lama, tak terdengar lagi suara keledai dari dalam sumur. Karena menyangka sudah tertimbun, dia dan tetangga melongok ke dalam sumur. Tapi, pemandangan di bawah begitu mengagetkan mereka. Takjub. Terpukau. Ternyata, keledai itu masih segar-bugar, dan sibuk menggoyang-goyangka n badannya. Setiap satu sekop tanah jatuh menimpa tubuhnya, keledai itu akan menggoyangkan punggunya, menggugurkan timbunan tanah itu. Dan setelah tanah turun, keledai akan memijaknya, menjadikan titik tumpu. Menyadari hal itu, kian bersemangat petani dan para tetangga menimbunkan tanah. Keledai terus saja mengibaskan tubuhnya, dan bergerak naik seiring tanah yang kian banyak memenuhi sumur. Dan tak sampai setengah hari, sumur itu pun mulai penuh tanah, dan keledai itu meringkik, meloncati bibir sumur, dan berlari. Pergi.

Kehidupan, akan terus menuangkan tanah dan kotoran kepadamu. Hanya ada satu cara untuk keluar dari kotoran --kesedihan, masalah, cobaan, dan lainnya-- itu, yakni dengan menggerakkan tubuhmu, membuang segala kotoran itu dari pikiran dan hatimu. Dengan cara itulah, kamu dapat menjadikan semua masalah sebagai pijakan, melompati sumur kesengsaraan. Keledai itu memberi contoh terbaik. Dan tak ada salahnya, kita belajar dari keledai.


My note:
Rasanya susah sekali menggerakkan badan dan membuang kotoran itu. Aku tau, berkubang dalam kesedihan sama sekali ga menyelesaikan masalah, tetap berpikir negatif malah membuat tindakanku menjadi ikut negatif, jangan pedulikan sikap dan tindakan orang lain, yang penting mulai dari diri sendiri...Ah..aku tau semua itu...tapi berat sekali untuk menjalankannya..

  • Rasanya nyaman ketika berlarut-larut menyendiri, bersedih-sedih sendiri sehingga melupakan pergaulan,
  • rasanya ketika hanya menyalahkan orang lain atas apa yang salah membuat pikiran lebih ringan,
Tapi semua itu ga menyelesaikan masalah, yang ada malah benar-benar tertimbun tumpukan tanah dan kotoran itu dan malah benar-benar terkubur di dasar sumur.

AYO BERGERAK DAN BUANG KOTORAN-KOTORAN ITU...DAN MANFAATKAN UNTUK KELUAR DARI LUBANG SUMUR....

TETAP SEMANGAT..
Read More..

Rabu, Januari 21, 2009

Bunyi Klakson

Ada info dari milisku, semoga bermanfaat.


Bunyikan klakson kuat-kuat saat mesin kendaraan mati di atas rel KA


Tadi pagi saat berangkat kerja seperti biasa jam 07.00 ke arah roxy lewat kolong jembatan yang baru, saya melewati rel kereta api. Eh. saat melintas, mesin mobil saya tiba-tiba mati,sudah mau melintas rel tepatnya, sayup sayup terdengar bunyi tut tut tut tut tut...

Ternyata ada kereta api mau lewat. Saya tengok ke kanan, kereta sudah kelihatan, walaupun masih jauh. Petugasnya terlambat membunyikan sirene. Berdasarkan pengalaman, saya refleks bunyikan klakson, kebetulan di depan tidak ada mobil..

Di dalam mobil saya berusaha santai dan tenang.,saya bunyikan klakson terus. Eh,tiba-tiba tape mobil saya menyala. Saya kaget, kok bisa ya nyala sendiri ???

Saya teringat kejadian 2 tahun lalu, saat om dan tante saya terjebak di atas rel kereta api di Surabaya. Mobil mereka tiba-tiba berhenti mendadak, tidak bisa dihidupkan. Mereka panik dan refleks aja om saya tekan klakson mobil berkali-kali dan waktu om saya coba starter lagi. Eh, mesin mobil hidup lagi dan saat itu kereta api udah benar-benar mendekat, semua orang di sekitar sudah pada berteriak, "keluar..keluar..keluar !!" . Akhirnya selamat.!

Saya teringat ketika saya kuliah di Jerman, dan saya pernah baca buku ternyata rel kereta api dapat menghantarkan listrik dan magnet yg sangat tinggi akibat gesekan yg terus menerus,dan medan magnet itu bisa tersimpan selama 3 jam, bayangkan kalo kereta berlalu lalang setiap 5/10 menit,berapa medan magnet yg di simpan rel itu..? dan akibatnya yaitu membuat mesin mobil atau sepeda motor bisa mati mendadak..jika kita terlalu lama di atas rel/medan magnet itu. Akan tetapi itu bisa diatasi dengan bunyi yang tinggi seperti klakson dan ternyata memang berhasil memutuskan rangkaian listrik dan medan magnet di sekitarnya.

Teman-teman tolong sebarkan info ini ya. karena banyak ditemui kecelakaan kereta api vs mobil/motor karena kendaraan mati mendadak di tengah rel KA!


Read More..

Senin, Januari 19, 2009

Medeking

Hmmm...rupanya ketika aku browsing kata-kata itu..yang muncul cuma kata-kata dari bahasa asing. Dari situs bahasa Indonesia malah ga muncul sama sekali. OK..medeging atau medeking..aku ga tau spelling yang bener bagaimana, tapi yang ibuku bilang ya seperti itu. Kupikir dulu istilah itu hanya karangan ibuku sendiri atau paling tidak hanya ada di Banyuwangi saja.

Ibuku menyebut Medeking untuk menandai adikku langsung yang merupakan anak ketiga. Jadi medeking adalah istilah khusus untuk anak ketiga yang menurut orang-orang tua merupakan anak yang di luar kebiasaan. Artinya, jika bagus maka akan bagus sekali, dia akan sangat menonjol baik kepribadian, kepandaian dan jalan hidupnya...tapi jika tidak maka dia akan gampang sakit-sakitan, akademiknya kurang dan jalan hidupnya pun bermasalah, yang paling utama sih..kesehatannya amat sangat kurang (terutama waktu kecil). Nah, adikku termasuk kategori yang kedua, dari masa kehamilannya sudah banyak masalah yang dialami ibuku dari usia kandungan yang lebih dari 10 bulan sampai jatuh terduduk pas kandungan usia tua sehingga harus segera dilahirkan. kemudian ketika dia kecil sakit-sakitan terus, dari sakit telinga, sakit mata, dan sakit cacar airnya pun luar biasa (padahal pada saat yang sama cacar air itu juga menyerangku, tapi bintikku cuman muncul tiga sedangkan dia di seluruh tubuhnya tanpa ada ruang kosong sama sekali). Pa dia smp, asmanya muncul dan sangat-sangat parah (beda denganku yang parah ketika aku kecil (balita) dan selanjutnya hanya muncul jika aku banyak pikiran saja, dia bisa kambuh hanya karena kekenyangan!). Sungguh mengenaskan masalah kesehatan adikku ini.

Belum lagi prestasi akademiknya. Dia sukses lulus SD karena para gurunya ngeliat bapakku yang pendatang baru di kampungku itu. Dan ketauan bener prestasinya ketika dia harus dua kali ngulang kelas dua smp, kemudian untuk selanjutnya dia menyerah ga mau sekolah sehingga smp aja ga lulus. Hmmmm, adikku itu benar-benar spesial, walau dengan kualitas seperti itu, ga berarti dia menyepelekan keluarga. Dengan caranya sendiri, dia sangat bertanggungjawab mengurus bapak ibuku, dapat uang 10rb, yang 5rb dia belikan beras. Walau setiap saat bertengkar dengan ibuku, tapi tetap saja ibu yang selalu dia pikiran..(hubungan yang aneh..).

OK, balik ke medeking..jadinya definisi medeking lebih pada kategori kedua bagiku (karena adikku itu). Pas PKL waktu kuliah dulu, aku ketemu ibu-ibu yang sedang hamil anak ketiga dan dia menyelenggarakan selametan medeking untuk calon bayinya. Selametan itu bertujuan agar anak ketiganya ini dihindarkan dari jenis kedua medeking (hmmmm, aku cek lagi, ibuku dulu selametan juga kok). Dilanjutkan dengan cerita Kepala Kantor tempat aku PKL itu juga anak ketiga dan waktu kecil dia juga sakit-sakitan. Menurutku dia itu termasuk orang yang spesial dalam arti medeking kategori pertama, pintar, lulusan master luar negeri dan karirnya pun bagus. Artinya 1:1 niy antara kategori pertama dan kedua.

Pas menikah dengan suamiku, aku tau bahwa adik suamiku termasuk kategori kedua artinya, dari kecil dia sakit-sakitan (parah juga) dan ketika mulai kerja ga pernah bener (sampai sekarang). OK, skornya 1:2..

Yang bikin aku jadi semakin kepikiran adalah fakta bahwa semua orang tua (paling engga orang tua jawa) mengerti tentang istilah medeking ini. Artinya keunikan pada anak ketiga ini memang nyata sampai ada selamatan khusus yang salah satu hantarannya adalah rebusan dari 7 tumbuhan pendem (artinya makanan yang tumbuhnya dalam tanah, misalnya:kacang tanah, ubi jalar, singkong, mbote, apalagi ya..pokoknya tujuh macem!) dan tanaman pendem itu ga boleh beli sendiri, mesti minta ke tetangga.... cape deh..

Oleh karena itu, ketika Javas anak keduaku lahir...aku bertekat untuk tidak hamil dulu sebelum mentalku siap. walau aku ga percaya, tapi kondisi adikku itu tertancap erat di otakku sehingga aku takut malah bisa mensugesti aku ketika punya anak ketiga. Aku bertekat jika aku sudah bisa menemukan contoh kategori pertama jauh lebih banyak dari kategori kedua maka aku akan hamil lagi.

Nyatanya, tanpa direncanakan aku hamil lagi... Maka dengan pasrah dan selalu berpikir positif aku jalani kehamilanku ini. Mertuaku sempat mengadakan selametan medeking itu di rumahnya, bagaimanapun beliau juga berpengalaman punya anak ketiga sehingga semua prosesi dijalankan. Alhamdullilah kehamilanku lancar-lancar saja, walau perutku lebih terasa berat dan kelahirannya pun sama saja dengan kakak-kakaknya (lewat induksi). Ketika bayi pun semuanya masih lancar sehingga aku ga inget lagi masalah medeking itu.

Sampai ketika dia berumur 8 bulan, akhir 2007, harus dirawat di rumah sakit selama 7 hari karena ISK (infeksi saluran kencing). Pas dirawat itu sih ga kepikiran tentang medeking ini, tapi setelah itu seakan-akan masalah kesehatan muncul terus menerus. Dari batuk pilek yang ga sembuh-sembuh, sampai didiagnosa asma karena alergi, batuknya tetep ga sembuh-sembuh..berat badannya stagnan (dia sudah satu tahun tapi beratnya ga pernah lewat dari 8,7 kg). Sampai suatu ketika ada dokter yang mendiagnosa dia TB/Flek Paru. Siapa yang ga shock dengar berita seperti itu. Untung saja aku ga percaya begitu saja, sore itu juga, setelah browsing sana sini mengenai TB anak, aku nyari second opinion dan benar..untuk mendeteksi TB pada anak ga semudah itu. tiga minggu kemudian akhirnya tes mantouxnya ketahuan negatif jadi dokter memperkirakan bahwa batuk pileknya adalah reaksi atas alergi, jadi sedapat mungkin wisam tidak terpapar alergennya.

Maka kebersihan rumah adalah fokus perhatian kami disamping sejak umur 9 bulan susu sudah kami ganti dengan soya, tapi tetep saja batuk pilek itu muncul terus. sampai awal desember kemaren dia harus rawat inap lagi karena pnemonia. Ga sempat browsing lagi, maka 5 hari Wisam harus rawat inap. Pulang dari dirawat, aku cari second opinion ke dokter yang menanganinya dan dia menyetujui dari hasil rontgen bahwa memang pnemonia yang diidapnya. Tapi obat untuk rawat jalannya diganti dan hasilnya batuknya menghilang tinggal meler-meler dikit aja yang tetap ada. Tapi hal itu ga bertahan lama, hanya seminggu setelah itu batuknya muncul lagi dan seminggu ini menjadi semakin parah sehingga menganggu tidur dan makannya...

Tadi kami baru saja memeriksakannya di Harapan Kita dan dia harus tes mantoux sekali lagi. Hari kamis baru terlihat hasilnya..ah..semoga negatif...jika memang negatif maka dokter akan fokus ke alerginya saja.

Lalu, bagaimana aku tidak memikirkan masalah medeking lagi dengan kejadian Wisam yang seperti ini. Duh..anak ketigaku...aku ingin kamu menjadi medeking kategori pertama... Aku ga pernah berusaha mendiskusikan masalah medeking ini dengan suamiku, takut pikiran negatif justru akan membuat semuanya juga beraura negatif... tapi kenyataan awalnya adalah begini..Wisam gampang sekali sakit.

Ya Allah...semoga ujian-Mu saat ini adalah demi masa depan yang lebih baik..Amien..
Read More..

Jumat, Januari 16, 2009

Facebook

Tau Facebook kan? kalau ga tau daftar aja disini FACEBOOK. Aku sudah daftar dari akhir 2007, sepulang dari Manila dulu karena ada temen trainingku yang gabung disitu. Karena pengen keep in touch ama dia maka aku buka account difesbuk itu. Waktu itu sih lagi rame-ramenya frienster jadi fesbukku ga pernah terurus. Apalagi setelah itu mulai nulis di KOKI dan akhirnya ngeblog ini, jadinya fesbuk cuma sekali aja ditengok, diisi foto-foto pas di manila dan secara otomatis, fesbuk ngebaca daftar contact kita dan langsung add a friend yang sudah punya account fesbuk berdasar alamat contact kita.

Nah..beberapa bulan lalu, temenku yang pindah ke Bahrain ngikutin suaminya, mulai sering ngisi fesbuknya dan ngasih link ke aku sehingga emailku jadi penuh notification dari dia. Mau ga mau aku buka-buka fesbukku lagi..setelah baca-baca lagi, masih juga ga minat untuk ikutan aktif kayak dia, karena lebih menyenangkan nulis di blog dari pada ngawasi perkembangan teman-teman di fesbuk. Intinya..aku ga mudeng gimana mesti main-mainnya...

Sampai kira-kira awal Desember (ato sebelumnya ya..), ternyata banyak juga temen-temen kantor yang gabung di komunitas ini, makanya tiba-tiba saja fesbuk jadi tempat nongkrongku selain ngeblog ini. Kupikir daripada ngeblog yang cuman searah, fesbuk lebih bisa dianggap sebagai ajang sosialisasi. Kalau hidup di Jakarta, mana sempet maen-maen ke rumah teman. Kadang temen kantor aja seringkali ga ketemu karena beda gedung. Maka dengan fesbuk, kita bisa at least say hello to our friend..(tapi ada juga yang bilang kalo kumunintas maya gini ini justru mematikan kebiasaan berkunjung seperti jaman dulu). Kita juga bisa ngelihat apa yang dilakukan teman-teman dengan membaca status mereka sekarang.

Kalau dibandingin dengan friendster, fesbuk lebih up to date dan fiturnya beragam sehingga jadi menyenangkan main-main ke fesbuk (lagian jalur frienster dimatiin ama server kantor..so ga bisa akses lagi deh pas jam kerja..).

OK, kalo sebelumnya aku sama sekali gaptek ama fesbuk..sekarang mendingan lah...malah..kadang-kadang chatting ama teman lain yang online..

O ya..aku juga ketemu ama adik kelasku pas SMA dulu..yang kuingat-ingat lagi (setelah lihat fotonya..) ternyata dulu aku sempat nge-fan sama dia..waqaqaqaqa...(memalukan!!)

http://www.facebook.com/home.php?ref=home
Read More..

Kamis, Januari 15, 2009

Cerita Lucu

Aduh..teman-teman angkatanku yang gabung ke milis..benar-benar komplit..ada yang suka ngirim nasehat-nasehat, humor, tebak-tebakan..macem-macem deh

Aku pengen sharing yang ini...cerita-cerita lucu:

ORDER PIZZA


Kemajuan teknologi selalu memiliki dua belah sisi yang saling berlawanan. Ada kalanya menguntungkan pemakainya tetapi sering kali pula membuat kita kesal dan jengkel.

Joke ini kiriman teman.


Kira-kira apa kayak gini ya kalo sistem data base sudah mengatur kehidupan manusia.
Rekaman percakapan telepon pemesanan pizza tahun 2020 dengan seorang konsumen...

Operator:
Terima kasih anda telah menghubungi Pizza Hot apakah ada yang bisa saya...

Konsumen:
Heloo, saya mau pesan Pizza.


O:
Boleh minta nomor kartu KTP anda pak?

K:
Tunggu, ini nih: 6102049998-45-54610

O:
Oke Pak Bejo, anda tinggal di jalan Hangtuah No. 16, nomor telepon rumah anda 02177726378, kantor anda 021665872637, HP anda
081127894022, anda menelepon dari mana?...

K:
Dari rumah, dari mana kamu tahu semua nomor telepon saya???

O:
Oh, kami terhubung ke database pusat Pak.

K:
Apakah saya bisa memesan Seafood Pizza?

O:
Itu bukan ide yang bagus Pak?

K:
Kenapa???

O:
Dari medical record Bapak, bapak memiliki tekanan darah tinggi dan kolesterol yang sudah berlebihan.

K:
Jadi kamu merekomendasikan apa?

O:
Mungkin Bapak bisa memesan Low Fat Hokkien Mee Pizza?

K:
Dari mana kamu tahu kalo saya bakal suka itu?

O:
Hmmmm minggu lalu bapak baru meminjam buku yang berjudul "Popular Hokkian Dishes" dari perpustakaan nasional.

K:
Ok terserah lah, sekalian saya pesan paket keluarga, berapa semuanya?

O:
Tapi paket keluarga kami tidak akan cukup untuk anak anda yang berjumlah 7 orang pak, total keseluruhan adalah Rp. 190.000

K:
Bisa saya bayar dengan kartu kredit?

O:
Sepertinya bapak harus membayar Cash, kartu kredit anda telah over limit, dan anda mempunyai utang di bank sebesar Rp. 5.350.000 sejak bulan agustus lalu, itu belum termasuk denda untuk tunggakan kontrak rumah anda dan kendaraan bermotor.

K:
Ooh ya sudah, nanti saya ke ATM aja untuk narik duit sebelum orang mu dateng nganter Pizza.

O:
Mumgkin engak bisa juga pak, record anda menunjukan bahwa batas anda menarik uang di ATM telah tercapai.

K:
Busyet... udah lah anteriin aja Pizanya kesini, saya akan bayar cash disini, berapa lama Pizza diantar?

O:
Sekitar 45 menit Pak, tapi kalo bapak tidak bisa menunggu, bapak bisa mengambil sendiri dengan motor bebek bapak yang sudah butut.

K:
APA ???

O:
menurut catatan kami, anda memiliki motor bebek tahun 2000 dengan no pol B3344CD betul kan pak?

K:
Sialan lu, bangsat, kagak sopan banget seh buka-buka record gue, belom pernah ngerasain di tonjok ya!!

O:
Hati-hati dengan ucapan bapak, apakah bapak ingat 15 Mei 2010 anda pernah dipenjara 3 bulan karena nengucapkan kata kotor kepada seorang polisi?

k:
(Diamm, bingung, pusing 700 keliling ...!!!)

O:
Ada yang lain pak?

K:
Tidak ada, eh tapi kalo pesan paket keluarga kan ada gratis coca cola 3 cup kan?

O:
Betul pak, tapi menurut catatan kami anda juga mengidap DIABETES, jadi kami tidak maumengambil resiko Pak.

K:
Siaallllaaannn, BATALIN AJA SEMUA....... ......... ...!!!

O:
Terima kasih atas teleponnya Pak, untuk komplain, saran dan kritik anda bisa mengisi form online pada situs kami, ussername dan passwordnya tercetak pada bagian bawah kotak pizza yang anda pesan....
Terima kasih anda telah menghubungi Pizza Hot.

Kita akhiri tulisannya di sini sebelum anda membanting laptop anda …….

Wakwkwkwkwkwkwkw. ... ^^,

Gaptek bukan Masalah

Jika Anda merasa gaptek soal komputer, jangan kuatir. Bukan Anda saja yang merasa demikian. Jim Cartlon, seorang jurnalis Wall Street Journal, baru-baru ini mengumpulkan keluhan dari para konsumen komputer Amerika. Dan ternyata keluhan mereka jauh lebih "idiot" daripada yang kita kira. Berikut petikan keluhan2 konsumen yang super konyol itu:

  1. Compaq pernah mempertimbangkan untuk mengubah perintah "Press ANY Key" menjadi "Press ENTER Key" dikarenakan banyaknya telefon yang menanyakan letak tombol "ANY" di keyboard.
  2. AST Technical Support menerima laporan konsumen karena kesulitan menggunakan mouse. Saat Techinal Support berkunjung, mereka menemukan mouse tersebut tidak bisa digunakan... karena masih terbungkus rapi di dalam plastiknya. Penggunanya (seorang wanita) punya phobia (ketakutan) pada mouse (tikus) sehingga tidak berani mengeluarkannya dari dalam plastik.
  3. Di tahun 1980-an, ketika floppy disk masih banyak digunakan, teknisi Compaq pernah menerima keluhan seorang konsumen yang disketnya tidak terbaca oleh drive-disk komputer. Setelah diselidiki, ternyata konsumen itu sebelumnya memasukkan disket ke dalam mesin tik dan mengetikkan label yang tertempel di disket itu.
  4. Sebuah keluhan lain dari konsumen AST yang mengatakan disket mereka terkena virus yang sulit dibersihkan. Petugas AST meminta orang itu mengirimkan kopi disket yang terinfeksi itu untuk dipelajari. Beberapa hari kemudian, petugas AST menerima foto kopi disket dari konsumen tersebut.
  5. Seorang konsumen DELL mengeluhkan kalau dia tidak dapat mengirimkan fax via komputer. Setelah diarahkan selama 40 menit lewat telepon, petugas DELL menemukan kalau konsumen itu mencoba mengefax via komputer dengan cara menempelkan kertas yang akan di fax di depan monitor.
  6. Seorang konsumen DELL lain mengeluh karena keyboard yang digunakannya sudah tidak bisa berfungsi sejak dibersihkan. Ketika ditanya caranya membersihkan keyboard, dia menjelaskan, "Saya mencuci dan menggosok semua bagian keyboard dengan sabun, lalu membilasnya dengan air, dan menjemurnya. "
  7. Seorang konsumen DELL marah besar karena tidak bisa menyalakan komputer yang baru dibelinya. "Semua sudah terpasang dengan baik. Tapi setiap kali saya tekan pedal kaki , tidak terjadi apa-apa." Setelah diselidiki ternyata "pedal kaki" yang dimaksud orang itu adalah: mouse.
  8. Seorang lagi konsumen DELL marah besar karena komputer barunya tidak nyala. Dia menjelaskan semua sudah terpasang dengan benar, dan ketika dia menunggu selama 20 menit, tidak terjadi apa-apa pada komputernya. Ketika teknisi DELL menanyakan apakah "power switch" sudah dinyalakan, dia balik bertanya, "Power switch apa?"
  9. Berikut adalah tanya-jawab antara petugas Novell NetWire dengan seorang konsumen:
Penelepon: Hallo, dengan Tech Support?
Novell : Ya, bisa dibantu?
Penelepon: Tatakan gelas di PC saya patah. Apa mungkin saya bisa menggantinya?
Novell : Tatakan gelas? Apakah itu hadiah saat Anda membeli komputer?
Penelepon: Tidak. Tatakan gelas ini sudah ada di komputer saya. Dan ketika saya meletakkan gelas saya di atasnya, tatakan itu patah. Yang saya ketahui, di bagian depan tatakan itu ada tulisan "CD-ROM, 16X".

(Saat itu juga, petugas Novell langsung mematikan telepon dan tertawa terpingkal-pingkal. ..)


Read More..

Breaking Dawn Edisi Indonesia

Rupanya sangat banyak yang berminat baca Breaking Dawn...sampai-sampai aku heran apakah ada yang salah dengan statistik blogku ini?

OK, aku hanya ingin berbagi informasi. Sepertinya Breaking Dawn edisi bahasa indonesia sudah terbit. Kemarin aku order ke inibuku.com, harganya Rp68.000,-. Disitu diterangkan bahwa mulai 1 Februari 2009 harga akan berubah jadi Rp95.000,- sebelum diskon (biasanya diskon 15%)

Inibuku adalah tempat langgananku kalau beli buku, kecuali Gramedia diskon 30%. Dulu-dulu kan Gramed ga pernah diskon, jadi 15% dari Inibuku sangat membantu. Plus ga perlu repot-repot keluar ke toko buku. Tinggal pesan dan nunggu aja..paling 2-3 hari ntar dianter. kalau belanjanya diatas 100ribu, ga ada ongkos kirim sama sekali...Lemayan kan...

About Breaking Dawn sendiri..atau The Twilight Saga deh.. ada tulisan yang senada dengan pendapatku (walau dia udah duluan nulis...aku baru-baru ini aja blogwalking..jadi ketemu tulisan dia..). Blognya namanya A Jar Full of Honey, rupanya blogger ini seorang penterjemah tetap (bahkan nerjemahin Tintin..!) dan kurasa resensi dia jauuuh lebih bisa dipercaya ketimbang pendapatku..Dia nulis tentang Bella Swan dan Jacob Black... enak deh bacanya

OK buat yang mo pesan buku ini...aku saranin lewat inibuku aja deh..mudah, murah, dan ga repot. Ada info tambahan niy..bukunya baru terbit ntar tanggal 31 Januari 2009, tapi kalo pesen sekarang (sebelum 1 Feb 2009) harganya masih harga lama...
Read More..

Rabu, Januari 14, 2009

Menunggu atau Telat

Siapa sih yang suka menunggu?...kalau menunggu sesuatu yang pasti sih..asyik-asyik aja, misalnya nunggu gaji tiap tanggal satu, nunggu uang saku konsinyering, nunggu buku maryamah karpov, nunggu breaking dawn edisi indonesia keluar, bahkan nunggu tagihan kartu kredit atau kartu halo pun terasa menyenangkan karena tanggalnya jelas... jadi ga pakai bingung, sebel, BT, panik, jengkel, akhirnya naik darah..

Aku benar-benar ga tahan menunggu tanpa ada kejelasan. Tapi aku juga ga suka telat. Aku tau tipikal orang indonesia itu pasti jam karet...tapi aku juga ga sanggup untuk ngaret. Aku bisa panik setengah mati jika sudah lebih 5 menit dari jadwal undangan. Rasa panik itu benar-benar mencengkeram sehingga membuatku ga bisa berpikir..dan aku ga suka jika ga bisa berpikir. Rasanya seperti makhluk lemah...yang ga dikaruniai otak..

Balik lagi ke masalah menunggu, ketika tahap menunggu itu telah membuatku naik darah, aku jadi sama sekali ga bisa ngontrol emosiku, rasanya mo marah. Seseorang bilang aku jadi meledak-ledak sehingga menulari orang sekitarnya untuk meledak-ledak juga. Aku jadi ingat ucapan Jamil Azzaini (pas acara beliau di radio) tentang energi negatif yang menular. Seseorang itu menyarankan aku untuk mencari bantuan ke profesional untuk menangani temperamenku itu biar ga menulari orang lain.

Hmmmmm, aku ga menyangka bahwa sebegitu parahkah aku? Rasanya seperti jatuh di lubang yang tanpa dasar (jadi kayak kutipan kata-kata di novel aja)..sedih sekali... kenapa sedih, bukannya takut? Ya buatku terasa menyedihkan karena kita ga tau kapan nih nyampe dasarnya..cuman meluncur turun tanpa tau kapan menghantam tanah... nah kalau jelas dasarnya, memang akan terasa takut karena hantamannya pasti menyakitkan..semakin dalam, semakin menyakitkan. Sampai hari ini aku masih dililit-lilit rasa sedih itu, karena aku masih belum nemu dasarnya.

Apa yang harus kulakukan untuk mendapatkan dasar lubang itu? sehingga aku bisa merubah rasa sedih ini menjadi persiapan menghadapi rasa sakit ketika menghantam dasar.
Apakah memang mencari profesional bisa menjadi dasarku untuk mengolah temperamenku?

Lalu aku merasa bahwa hidup ini terasa ga adil...kenapa aku yang harus berubah..kenapa ga orang lain saja yang menyesuaikan diri sehingga ga membuatku menunggu? atau berusaha datang tepat waktu dan ga ngaret lagi? Kenapa? ...kenapa? ...oh kenapa? (kwakwakwakwa..kayak main drama aja nih)

Tapi sekali lagi, Jamil Azzaini juga pernah bilang, bahwa perubahan itu dimulai dari diri sendiri...jangan minta orang lain untuk berubah. Hmmmm, sepertinya harus kembali lagi ke konsep IKHLAS nih... (BTW ada tulisan tentang ikhlas nih dari JA)

Kenapa untuk IKHLAS terasa berat sekali...kalimat "Kenapa?. ..kenapa? ...oh kenapa?" kok masih mengiang-ngiang di telingaku?


Read More..

Selasa, Januari 13, 2009

Kekejaman Israel

لا إله إلا الله


Plzzzzzz Keep forwarding this e-mail. Let people know what happens there.

Por favor reenvia ese mail. El mundo debe saber que pasa alla.

أرجوك استمر في تمرير هذه الرسالة، اجعل العالم يعرف ماذا يحدث هنالك في فلسطين








Making sure they get to school.




Helping Ladies across the street..





Allowing them a place to rest (permanently)




Access to Health care.



Construction projects (demolition)







Respecting American and British pacifist resisters (such as American Rachel Corrie)








And others.




And if you are not satisfied, now, with the truth the following pictures are war crimes as defined by the UN, The Hague and the Geneva Convention.



Using images of your enemy dead or alive (violation)






Human shields (violation)





Live Burial Torture (violation)




And as a last resort, Execution (violation)




These IDF soldiers have faces... I can clearly see them... Can't you? Why are they not being prosecuted? Because it is systematic process that is driven by the government designed to force the people of Palestine into exile so Israel can claim all the land and resources..


This where my American tax dollars are going, do you know where your tax dollars are at? TAKE THE TIME TO FIND THE TRUTH. So many lives depend on it. I, like so many Americans, am Caucasian, non-Arab, and religious. I can no longer sit back with good conscience and do nothing while my government is supporting the types of terrorist actions that we have condemned Muslim Fundamentalist for. Call your Congressman and Senator, send an email to the White House and demand that our government negotiate FAIRLY with both sides and bring a fair and just solution to Palestine and Israel .





(CRUELTY OF ISRAEL)



PLS SEND IT TO YOUR FRIENDS

Note:
Jika pengen dapet email ini, tinggalin aja alamatnya..ntar kuforward...


Read More..

Jumat, Januari 09, 2009

Read More..

UJUB

Barusan ada arisan dharma wanita di kantor. Ketuanya ngasih masukan tentang UJUB....hiks...hiks...jadi mesti introspeksi diri nih..

Ibu Ketua menyampaikan bahwa berdasar apa yang dia baca pada republika (semua artikel dibacain) ujub itu lebih membanggakan semua hal karena kemampuan pribadi padahal tidak ada kebaikan tanpa Allah yang mengatur semuanya. Misalnya, dia ngasih contoh: ketika kita kewalahan atas perilaku anak, maka cenderung kita akan berkomentar "Ya ampun..apa sih yang kurang ibu lakukan..semuanya sudah ibu berikan yang terbaik buatmu. Ibu ga beli baju karena lebih memilih untuk bayar sekolahmu..ibu ga beli tas karena lebih memilih untuk bayar lesmu dsb..dsb.." Semuanya difokuskan ke diri sendiri, padahal atas kehendak Allah-lah..rejeki bisa ada sehingga bisa bayar sekolah dan les..bukan karena diri sendiri menahan untuk tidak membeli.
OK, pada intinya..itulah yang beliau sampaikan (dengan contoh-contoh sejenis itu).

FYI, Ibu Ketua ini bukan muslim, tapi kebetulan baca artikel di Republika dan sangking terkesannya dengan tulisan itu, oleh beliau langsung di kliping dan dijadikan bahan sambutan arisan itu. Dan ketika membaca tulilsan Allah, beliau mengucapkan dengan pronounciation sama seperti biasanya orang non muslim berbicara (bagi telingaku terasa aneh).

Dan..here I am..karena merasa harus introspeksi diri maka browsing lah aku tentang UJUB ini dan hasilnya yang lumayan mencerahkan ada disini :


Dari baca-baca blog orang itu, benar-benar mesti menilai diri sendiri lebih dalam lagi deh.. semoga dibebaskan dari perasaan yang demikian.

Read More..

Kamis, Januari 08, 2009

Update Tentang Kanker...

Dapat artikel dari milis angkatanku...kupikir sangat bagus untuk dibaca...

UPDATE DARI RUMAH SAKIT JOHN HOPKINS

SETELAH BERTAHUN-TAHUN MENGATAKAN PADA KHALAYAK BAHWA KEMOTERAPI ADALAH CARA SATU-SATUNYA UNTUK MENCOBA (KATA KUNCI: MENCOBA) MENGHILANGKAN PENYAKIT KANKER, JOHN HOPKINS AKHIRNNYA MENGATAKAN: “ADA CARA ALTERNATIF.”


Update dari John Hopkins:

  1. Tiap orang mempunyai sel kanker. Sel kanker ini tidak tampak dalam pemeriksaan standar sampai sel-sel ini berkembang biak hingga berjuta jumlahnya.
  2. Pada saat dokter memberitahu pasien bahwa “tidak ada sel kanker lagi” setelah menjalani pengobatan, itu artinya pemeriksaan yang dilakukan sudah tidak dapat mendeteksi sel-sel kanker karena sel-sel tersebut sudah berada di bawah ukuran/jumlah yang dapat terdeteksi
  3. Sel kanker tumbuh antara 6 sampai lebih dari 10 kali dalam jangka waktu hidup manusia.
  4. Pada saat kekebalan tubuh seseorang tinggi, sel-sel kanker akan dihancurkan dan dicegah sehingga tidak dapat bertambah banyak dan membentuk tumor.
  5. Pada saat seseorang menderita kanker ini menunjukkan bahwa orang tersebut mengalami beberapa kekurangan nutrisi. Ini dapat terjadi karena faktor genetika, lingkungan, makanan dan cara hidup.
  6. Untuk menanggulangi kekurangan nutrisi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dapat ditempuh dengan merubah diet (cara makan) dan menambahkan asupan suplemen.
  7. Kemoterapi meracuni sel kanker yang bertumbuh cepat, tapi pada saat yang sama juga menghancurkan pertumbuhan sel-sel sehat dalam tulang sumsum, gastrointestinal tracts (saluran pencernaan) dll, dan dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ lain, seperti hati, ginjal, jantung, paru-paru dll.
  8. Sedangkan radiasi, bersamaan dengan fungsinya yang menghancurkan sel kanker, juga menyebabkan luka bakar, meninggalkan bekas luka, dan merusak sel, tissues, dan organ yang sehat.
  9. Perawatan dini dengan kemoterapi dan radiasi dapat mengurangi ukuran tumor. Namun penerapan kemoterapi dan radiasi yang berkepanjangan tidak akan menghasilkan pengurangan tumor lebih lanjut.
  10. Pada saat tubuh menanggung beban racun yang berlebihan dari kemoterapi dan radiasi, sistem kekebalan tubuh akan terancam atau hancur, karena itulah seseorang akan mengalami berbagai macam infeksi dan komplikasi.
  11. Kemoterapi dan radiasi dapat menyebabkan sel kanker bermutasi dan menjadi tahan dan sulit untuk dihancurkan. Operasi juga dapat menyebabkan sel kanker menyebar ke tempat-tempat lainnya.
  12. Cara efektif untuk melawan kanker adalah dengan membuatnya kelaparan, yaitu dengan cara tidak memberikan makanan yg dibutuhkan sel untuk dapat berkembang biak.


SEL KANKER MEMAKAN:

  • Gula. Dengan meniadakan gula dalam asupan makanan itu berarti menghilangkan makanan utama sel kanker. Pengganti gula seperti NutraSweet, Equal, Spoonful, dll dibuat dari Aspartame, dan ini berbahaya. Pengganti yang lebih natural yaitu madu Manuka atau molasses, tapi dalam jumlah yang sedikit. Garam meja mengandung bahan kimia tambahan untuk menjadikannya putih. Alternatif yang lebih baik yaitu Bragg ' s aminos atau garam laut.

  • Susu menyebabkan tubuh menghasilkan mucus, terutama di dalam gastro-intestinal tract (saluran pencernaan). Mucus juga makanan sel kanker. Dengan meniadakan susu dan menggantikannya dengan susu kedelai (tanpa gula) sel-sel kanker akan kelaparan.

  • Sel-sel kanker berkembang dengan baik di lingkungan yang tinggi asam. Dietari yang berbasis daging sangat tinggi kadar asamnya. Oleh karena itu lebih baik mengkonsumsi ikan dan sedikit ayam daripada sapi atau babi. Daging juga mengandung antibiotic, hormon tambahan dan parasit-parasit untuk peternakan. Kesemuanya ini sangat berbahaya, terutama untuk penderita kanker.

  • Dietari yang 80% berbasis sayuran segar dan sarinya (jus), whole grain, kacang2an dan sedikit buah akan membantu menjadikan tubuh dalam situasi alkaline. 20% dari jumlah tersebut dapat diambil dari makanan yang dimasak termasuk kecambah. Sari sayuran segar mengandung enzim-enzim aktif/hidup yang dapat diserap dengan mudah dan dapat mencapai titik selular dalam waktu 15 menit untuk memberi makan dan mempercepat pertumbuhan sel-sel sehat. Guna memperoleh enzim-enzim aktif untuk membangun sel sehat, minumlah sari sayuran segar (hampir semua jenis sayuran, termasuk kecambah) dan makanlah sejumlah sayuran mentah 2-3 kali sehari. Enzim2 ini hancur pada temperature 40 derajat Celcius.

  • Hindari kopi, teh dan coklat, karena mengandung kafein yang tinggi. Teh hijau lebih baik sebagai alternatifnya, dan mempunyai unsur-unsur yang memerangi kanker. Air, yang paling baik yaitu air yang sudah disaring (filtered) guna menghindari racun-racun dan kandungan logam dalam air keran. Hindari air yang sudah melewati proses distilasi karena mengandung asam.

  • Protein dari daging sulit untuk dicerna dan membutuhkan enzim pencerna yang cukup banyak. Kandungan daging yang tidak tercerna dan tertinggal di saluran pencernaan akhirnya akan membusuk dan menambah timbunan racun.

  • Dinding sel-sel kanker mempunyai selaput protein yang kuat. Dengan menghindari makanan mengandung daging, tubuh membutuhkan jauh lebih sedikit enzim untuk mencerna makanan, sehingga sebagian besar enzim dapat menyerang dinding protein pada sel-sel kanker dan selanjutnya memungkinkan bagi sel-sel tubuh untuk menghancurkan sel-sel kanker.

  • Beberapa suplemen menaikan system kekebalan tubuh (IP6, Floressence, Essiac, anti-oxidants, vitamins, mineral, EFAs dll) sehingga memungkinkan sel-sel tubuh sehat untuk menghancurkan sel-sel kanker. Suplemen lain seperti Vitamin E diketahui menyebabkan apoptosis, atau sel mati terprogram, yaitu metode natural dari tubuh untuk membuang sel-sel yang rusak, yang tidak dikehendaki, atau tidak dibutuhkan.

  • Kanker adalah penyakit yang melibatkan pikiran, tubuh dan jiwa. Jiwa yang proaktif dan positif akan membantu penderita kanker untuk sembuh. Kemarahan, sifat tidak dapat memaafkan, dan kegetiran menjadikan tubuh berada dalam situasi yang tegang dan berkadar asam tinggi. Belajarlah untuk berjiwa lembut dan pemaaf. Belajarlah untuk bersantai dan menikmati hidup.

  • Sel kanker tidak dapat berkembang dalam lingkungan yang tinggi oksigen. Berolahraga setiap hari dan menghirup nafas dalam-dalam dapat membantu asupan oksigen dalam tahap selular. Terapi oksigen juga salah satu cara yang digunakan untuk menghancurkan sel-sel kanker.

DON'T
1. Jangan menggunakan tempat plastic di microwave

2. Jangan memasukan botol air ke freezer

3. Jangan menggunakan 'plastic wrap ' di microwave


Rumah Sakit John Hopkins baru-baru ini memasukkan berita ini di newsletters-nya. Informasi ini juga diedarkan di Walter Reed Army Medical Center.

Dioxin adalah jenis bahan kimia yang menyebabkan cancer, terutama cancer payudara. Dioxin juga berkadar racun tinggi bagi sel-sel di tubuh kita.

Jangan membekukan botol plastik dengan air di dalamnya karena ini melepaskan kandungan dioxin yang terdapat dalam plastik.

Baru-baru ini Dr. Edward Fujimoto, Wellness Program Manager di Rumah Sakit Castle, hadir di satu program televisi untuk menjelaskan bahaya kesehatan ini. Beliau menjelaskan sebaiknya tidak memanaskan makanan di dalam microwave menggunakan tempat plastik, terlebih untuk makanan yang mengandung lemak. Beliau juga mengatakan bahwa kombinasi lemak, panas tinggi dan plastic melepaskan dioxin ke dalam makanan yang akhirnya akan masuk ke dalam sel-sel tubuh. Beliau menghimbau untuk memanaskan makanan di microwave dengan Corning Ware, Pyrex atau keramik.

Produk kertas tidak begitu jelek namun kita tidak tahu apa yang ada di kertas tersebut. Lebih aman menggunakan produk-produk di atas. Dia mengingatkan kita bahwa beberapa waktu lalu restoran cepat saji beralih dari produk foam ke kertas. Hal ini juga disebabkan karena masalah dioxin.

Beliau juga mengungkapkan tentang plastic wrap seperti saran, juga berbahaya untuk digunakan menutup makanan yang akan dipanaskan dalam microwave. Panas yang tinggi dapat menyebabkan zat-zat beracun meleleh dan menetes ke dalam makanan. Lebih baik, tutuplah makanan dengan paper towel (tissue dapur).


Kirimkanlah artikel ini ke semua orang penting di dalam hidup anda!

Read More..

Selasa, Januari 06, 2009

My Jacob



Hadoh...gambar di atas ini, gambar pemeran Jacob di film...(so cute..)

Gara-gara buku twilight itu, aku jadi inget bahwa aku punya teman yang kuanggap kayak Jacob di buku itu. Bukan persis sama dengan Jacob di cerita itu...tapi lebih sebagai teman yang selalu ada buatku saat susah...tapi jarang ikutan pas aku lagi seneng.

Dia temanku pas kuliah dulu, sesama Banyuwangi tapi ya baru kenal pas mulai kuliah. Dia baik..(deu..standar banget ya), pendiam (waktu baru kenal dulu), alim, anak rumahan banget (artinya dekat dengan ortu dan keluarga), suka kerja keras.
Jadi gini, kami sesama USMI dari Banyuwangi itu, terdiri dari beberapa SMA. Kalau dari SMA Kota, modelnya sudah kelihatan lah...rame..gaul...banyak becanda...tipikal anak dari tempat ramai lah..(ga berani bilang "anak kota"..secara Banyuwangi juga bukan kota besar..). Nah kalau dari SMA di kecamatan..ya begitulah modelnya...rajin-rajin, pinter-pinter, pendiem, ...(ga tega juga mau bilang "ndeso" gitu..). Nah aku dari SMA Kota sedang temenku itu dari SMA Kecamatan. jadi silahkan bayangin sendiri, betapa kontrasnya aku dan dia. Makanya dari awal, aku hanya niat temenan aja dengan dia sebagai sesama anak Banyuwangi.


Selama kuliah kami selalu bertukar khabar karena tempat kuliah kami berbeda jauh, mesti naik angkot 2 kali kalau mau ketemu. Jadi paling cuma telpon-telponan, walau kami selalu saling memantau kabar burung (kayaknya kabar burungnya hanya tentangku deh..ga pernah tentang dia..hihihihi). Sampai pas aku putus ama pacarku dan agak-agak melow (walau ga sampe broken heart banget), dia selalu ada untuk nyenengin aku. Ya kayak Bella pas ditinggal Edward gitu..Jacob yang selalu nemenin Bella.. Nah..makanya aku bilang dia itu My Jacob.

Sampai ketika aku mau kerja, dia selalu mendukungku dalam segala hal. Bahkan ketika aku memutuskan ga pakai kerudung lagi...ga ada judgement apapun dari dia. Tapi semua berubah ketika aku pindah ke Jakarta. Sama sekali setelah itu aku ga bisa menghubungi dia. Setiap ketemu teman lama, aku coba tanya kabarnya..tapi ga seorang pun tau dia ada dimana. Walau begitu, dia selalu ada di pikiranku..karena bagaimana pun dia selalu ada pas aku sedih..masak ketika udah nyaman begini aku tega ngelupain dia? OK..brarti sejak 1999 aku ga pernah tau khabarnya lagi..

Sampai kira-kira awal 2007 lalu (aku lupa..!), gara-gara frienster, aku bisa ketemu lagi dengannya. Walau hanya lewat chating, sms atau telepon...sungguh menyenangkan menemukan kembali teman yang hilang. Seperti jaman dulu pun, dia selalu menampung semua keluh kesahku tanpa judging sama sekali.

Sekarang ini, hampir tiap pagi kami selalu bertukar sapa..entah hanya pertanyaan ga penting kayak.."ngopi yuks.."..atau curhat pas perasaanku ga enak karena ada yang komen di blogku ini yang bikin aku ga enak badan.

OK..My Jacob...thanks for all your attention for me.. Hope we'll always be a good friend forever...
Read More..

Gajah Mada : Perang Bubat...continued...

Semalem, aku memaksa diriku sendiri buat namatin Perang Bubat...dan kekecewaanku semakin bertumpuk. Aku niat beli buku ini karena ringkasannya sangat mengundang buat dibaca..tetapi ternyata apa yang aku ingin tau malah cuma dijelaskan di beberapa halaman di bagian sangat akhir. Ya ampyun....intrik-intriknya kepanjangan Pak LKH...

Tapi usaha sang pengarang untuk membela Gajah Mada boleh juga... in reality..gara-gara Perang Bubat ini Gajah Mada dilengserkan dari mahapatih. Tapi di buku ini dikatakan bahwa akibat kerjaan orang-orang disekeliling Gajah Mada-lah yang membuat insiden ini terjadi, jadi ga murni karena keinginan Gajah Mada sendiri.. artinya..nama besar dia sebagai pemersatu Nusantara justru tetap dibela dengan berimajinasi bahwa perang bubat akibat keserakahan anak buah Gajah Mada. Gajah Mada sendiri digambarkan baru saja selesai bersemedi selama 5 hari, pada saat perang terjadi sehingga tidak tau menau mengenai kedatangan pengantin putri dari Sunda Galuh.. Eniwei..sebagai pemimpin maka sudah sepatutnyalah dia bertanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan oleh bawahannya..

Hal yang bikin aku kesal adalah fokus utama buku ini justru bukan pada Perang Bubat-nya...tapi hal-hal lain yang entah..aku sendiri bingung mengaikannya dengan judul buku (atau emang aku yang lemot ya?)...

Eniwei..this is my own personal opinion...jika ada yang ga setuju..ga pa pa.. namanya juga... "lain ladang lain belalang.."

Read More..

Senin, Januari 05, 2009

Gajah Mada : Perang Bubat

Hadoh..akhir-akhir ini aku kok nulis resensi buku melulu...ga tahan sih buat ga komen pada buku-buku itu...entah itu karena menarik ato karena ga nyenengin buat di baca.
Seperti buku Gajah Mada yang ini...Perang Bubat. Sudah lama pengen baca buku ini karena di ringkasan di belakang buku ditulis bahwa buku ini menjelaskan kenapa ada misunderstanding antara orang Jawa dengan orang Sunda..makanya penasaran banget.

Tapi sampe udah 2/3 buku kubaca masih aja belum ketemu alasannya apa..bahkan semakin sebel bacanya karena tokoh-tokonya digambarkan lemah banget. BT deh..sampe malez banget buat nerusin baca. Aku berhenti baca pas tokoh Dyah Pitaloka digambarin jatuh cinta ama pelukis yang bisa melukis dia lebih cantik dari aslinya..sehingga Dyah Pitaloka langsung jatuh cinta sama sang pelukis. Jatuh cintanya ga tanggung-tanggung...rela nyerahin semua dirinya buat sang pelukis...

Hadoh..jengkel banget aku bacanya.. Padahal kan dia udah di lihat-lihat ama Hayam Wuruk..padahal nasib kerajaannya kan ada ditangan dia sendiri.. Kenapa sih si pengarang ga mencoba berpikir sesuai masa itu? Bayangin aja..jika kita hidup di jaman Majapahit..OK..agama waktu itu masih Budha atau Hindu..tapi semua agama kan mengajarkan tentang kesetiaan, harga diri, kesopanan.. dll. Apalagi sebagai anak raja yang pasti pendidikannya lebih baik dari rakyat biasa..tentu sudah diajari bahwa berkorban untuk kerajaan itu lebih utama daripada mementingkan diri sendiri. Tentu juga sudah diajari bahwa menjaga kehormatan diri itu sangat utama.

Kalau sekarang sih..dengan globalilsasi yang gila-gilaan gini..terus keperawanan jadi ga sakral..OKlah kalau bikin cerita bahwa si cewek sangking cintanya ama si cowok sampai mau aja di ubek-ubek ama si cewek pas belom merit...Tapi ini kan cerita pas jaman majapahit dulu...Mbok yao si pengarang mikir..terus jangan bikin karakter cewek yang lemah gitu..apalagi putri raja yang bisa jadi diangkat jadi ratu memimpin kerajaan.

Pertama, karakter Tribuana Tunggadewi yang kita tau, beliau itu ratu perempuan pertama ... sampai cucu SBY aja dinamain Tunggadewi. Di buku Gajah Mada digambarkan perempuan lemah yang cinta banget ama suaminya sehingga dikhawatirkan gampang terpengaruh suaminya dalam memerintah majapahit. Jadinya ga recommended jadi ratu setelah Jayanegara meninggal...
Kedua, Dyah Wiyat Rajadewi..ratu kembar bersama tribuana tunggadewi memerintah majapahit bersama-sama..digambarkan udah ga perawan sebelum menikah karena terpesona dengan Ra Tanca..
Eeeeee yang ketiga..ya ini..Dyah Pitaloka juga digambarin sebagai cewek keras kepala yang gampang aja nyerah dan jatuh cinta ama pelukis yang baru aja ketemu..hanya gara-gara bisa melukis dia menjadi lebih cantik dan si pelukis teriak di danau kalau cinta banget ama Dyah Pitaloka..

Weits...wots wrong with d writer? apa dia cuma ketemu ama cewek-cewek setipe yang dia tulis makanya ga bisa menggambarkan karakter cewek yang mandiri dan hebat gitu..? Apa ga bisa berimajinasi tentang tribuana tuanggadewi yang hebat (seperti yang aku pahami) sehingga ga ngarang seperti itu?

OK..OK..imajinasi dia boleh juga..tapi jauh kalau dibanding Pramudya yang hebat menggambarkan Raden Mas Tirto Adi Suryo sehingga menjadi karakter Minke yang sanggup membanggitkan rasa nasionalisme-ku. Atau imajinasi Andrea Hirata terhadap tokoh-tokoh laskar pelanginya yang menginspirasi banyak orang tentang pentingnya pendidikan (walau akhirnya aku tau bahwa karakter Lintang itu ga nyata). Atau bahkan karakter Jacob yang werewolf di buku twilight saga yang walaupun impossible tapi penggambarannya begitu nyata..

Hadoh...(again)...ga tau deh kapan aku bisa menamatkan seri keempat gajah mada ini..padahal masih ada buku kelima yang masih disegel...
Read More..

Breaking Dawn

Twilight Series emang bikin aku nyandu. Setelah 3 buku sudah kubaca dua kali, maka buku keempat benar-benar membuatku penasaran. Maka aku cari di www.4shared.com, file buku itu dan aku dapat pdf file-nya. OK...situs ini recommended banget kalau mau nyari file apapun dari manapun..asal...sambungan internetnya aja yang bagus...kalau engga...donlot-nya bisa sambil tidur siang dulu saking lamanya..atau malah bisa gagal sama sekali..(inilah kalau make internet atas fasilitas kantor..siap-siap sambungannya lelet banget)

Dan kebetulan hari terakhir kerja 2008 kemarin, sambungan internetnya bagus banget sampai-sampai... selain donlot Breaking Dawn, aku juga bisa donlot versi audio book untuk twilight. Dan tahun baru kemaren kuhabiskan untuk namatin baca breaking dawn ini..

OK, FYI, aku sudah baca sinopsis buku ini di blog ini : BOBUBACA , jadi donlot buku itu buat muasin rasa penasaranku ini. Itupun aku masih pengen (harus!!) beli terjemahan bahasa indonesianya...

Ampun deh..kenapa aku jadi semaniak ini ya ama The Twilight Saga ini..?..buku pertama dan ketiga aja sampe dua kali baca dalam minggu yang sama..(sayang aja buku kedua lagi dipinjem teman jadi tidak mengalami nasib yang sama). Padahal karakter ceweknya jauh dari karakter cewek mandiri, bahkan ada banyak poin yang bikin aku sebel ama karakter ini. Aku suka pas Bella bisa memutuskan apa yang terbaik buat dirinya dan keukeuh dengan pendirian itu..tapi aku ga suka pas dia (di buku kedua) yang patah hati sampai jadi kayak zombie gara-gara putus ama Edward (yang gini ini nih..BIG NO NO buatku...). Buatku..patah hati boleh aja..tapi kalau sampai mo mati apalagi mo bunuh diri gara-gara cowok...wuih..jangan sampe deh...GENGSI DONG...toh dunia ga selebar daun kelor..
Terus juga pas dia mau ama 2-2nya cowok yang cinta dia (di buku ketiga). Ih...tega amat sih..Maunya hidup selamanya ama Edward tapi masih aja nggelibet ama Jacob... Dasar cewek mau menangnya sendiri..(kalau kata ibuku..itu namanya MURKO..)...

OK..bagi yang mau baca sinopsisnya mending klik link yang ada di atas (lebih jelas dan detil). Disini aku cuma mau resensi karakternya aja dan apa yang bisa kupelajari dari karakter-karakter itu.

Minggu lalu aku diskusi ama temenku tentang karakter Jacob yang ada di film. Menurut dia si Jacob kurang ganteng sedangkan menurutku sudah menggambarkan apa yang ada di buku..karena emang yang digambarkan ganteng banget melebihi malaikat ya si Edward itu sedangkan Jacob digambarkan sebagai cowok yang easy going, menarik, apa adanya, tulus dan semua sifat-sifat nyata yang emang bisa ditemukan di cowok-cowok nyata. beda banget ama Edward yang menurutkan hanya ada dalam imaginasi, atau lagu-lagu cinta saja.

Justru karakter Jacob ini yang aku suka banget. Ada ketika dibutuhkan, menyenangkan sebagai teman/sahabat, tulus dalam setiap ucapan dan tindakan, walau kadang masih kekanak-kanakan..(ya terang aja..dia kan baru 16 tahun...edward aja udah 90 tahun jadi 17 tahun, tentu saja lebih matang). Jadi aku pengen anak-anak cowokku paling engga bisa ngambil positifnya sifat-sifat Jacob..

OK, buku breaking dawn itu sudah kubaca (walo skimming..apalagi in english..kepalaku sampe nyut-nyutan..). tapi tetep pengen baca kedua kali pas edisi Indonesianya sudah muncul...SO...jika ada yang tau kapan translasinya terbit...kasih tau aku ya..
Read More..