Selasa, Maret 03, 2009

Lebih Lanjut Tentang Diane 35

Kadang kupikir..apakah aku beriklan jika aku menulis tentang diane 35 secara spesifik? yang jelas..kadang kala aku melakukan kesalahan dalam mengkonsumsi pil kb ini sehingga kupikir perlu kutulis disini untuk mengingatkan diriku sendiri.

Jadi pada awal aku baru nyoba diane 35 ini, aku ga bisa mulai sesegera mungkin karena harus nyusui..minimal enam bulan lah... Jadi enam bulan itu, aku mesti waspada setiap saat biar ga kelewatan lagi seperti pas Detya dan Javas (masak Detya baru 6,5 bulan aku sudah positif hamil..). Ternyata kandungan dalam pil-kb ini bisa mengurangi produksi ASI dan juga hormon di dalamnya bisa masuk ke dalam ASI, jadi kalau keminum bayi artinya si bayi juga mengkonsumsi hormon itu...(artinya..selama menyusui lebih baik jangan minum pil kb).

Satu paket pil kb ini, terdiri dari 21 pil yang diminum pertama kali pas menstruasi hari pertama. Jika ke-21 pil tersebut habis, maka ada 7 hari interval sebelum minum pil paket selanjutnya. Biasanya 2-3 hari setelah terakhir minum maka mens akan dimulai dan selesai ga selesai mens itu pokoknya hari ke-8 harus mulai minum pil paket yang baru. Kalau aku rutin, pasti hari ketiga setelah pil terakhir maka aku mulai mens. Jadi bisa prepare, kalau mau french meni-pedi maka aku mulai hari ketiga itu..

Terus aku mulai minumnya jam 5 sore dengan pertimbangan pas jam itu ada bunyi sirine di kantorku tanda pegawai boleh pulang, jadi bisa ngingetin aku buat minum setiap harinya.. banyak yang merasa berat mengkonsumsi pil kb karena keharusan minum pil setiap hari dalam waktu yang sama, sehingga takut jika telat minum akan berakibat...ya tau sendiri lah.. Padahal untuk diane 35 ini batasannya bukan terpaku pada jam yang sama tapi sepanjang masih dalam batas 12 jam dari waktu minum biasanya maka masih bisa ditolerir. Kalau ternyata masih lewat juga dari 12 jam masih ada treatment-nya..jadi ga perlu khawatir berlebihan.

Akhirnya setelah beberapa bulan pertama, aku mencontoh pola temenku yang mengikutiku memakai pil kb ini yaitu meminum pil tiap pukul 21.00. Pertimbangannya gini, jika aku minum jam 5 sore maka jika terlambat 12 jam maka maksimum adalah jam 5 pagi...padahal jam segitukan aku masih sibuk-sibuknya preparation di pagi hari. jadi jika aku lupa minum pas sore hari maka besok paginya bisa dipastikan aku juga akan melewati batas 12 jam. Jika jam 21.00 maka besok paginya setelah nyampe kantor, aku masih bisa ngecek apakah aku lupa ato engga sehingga batas waktunya bisa sampai jam 9 pagi. So..aman kan? Tips ini juga dipakai temen sebelahku yang ikutan pakai pil kb juga. Jadi kalau kami bertiga sama-sama harus rapat sampe malam maka alarm hp kami akan bunyi sama-sama pas jam 9..paling beda detik saja...(qiqiqiqi..semua teman kami sudah hapal pola alarm kami yang susul menyusul)

Lanjut...aku pengen nulis tips untuk yang terlambat lebih dari 12 jam (ini tercantum di brosur siy):
Jika telat minum pada minggu I : pil yang terlambat harus segera diminum secepatnya saat inget walaupun artinya minum 2 pil pada saat yang sama. Pil selanjutnya diminum sesuai jadwal biasa. Tapi 7 hari berikutnya mesti pakai pengaman tiap kali berhubungan. Mesti diinget juga bahwa hubungan yang terjadi pada 7 hari sebelumnya beresiko menimbulkan kehamilan (hiks..)

Jika telat minum pada minggu II : treatment minum pil-nya sama seperti di atas. Dengan catatan, jika 7 hari sebelumnya ga pernah telat minum maka ga usah kawatir bakal hamil dan ga usah bingung-bingung pakai pengaman tambahan untuk selanjutnya..

Jika telat minum pada minggu III : Hampir sama dengan treatment minggu II artinya jika 7 hari sebelumnya ga pernah telat maka bisa lanjut seperti minggu kedua..ga usah khawatir apa-apa.
Tapi jika 7 hari sebelumnya ada yang lewat juga maka ada dua pilihan treatment (tapi yang direkomendasikan pilihan pertama)
1. pil yang terlambat harus segera diminum secepatnya saat inget walaupun artinya minum 2 pil pada saat yang sama. Pil selanjutnya diminum sesuai jadwal biasa. Paket berikutnya harus diminum langsung setelah paket yang ini habis, jadi ga ada interval sama sekali. pengguna ga akan mens sama sekali samapi akhir dari paket kedua, tapi masih bisa bercak dikit saat minum pil paket kedua
2. langsung menghentikan pemakaian pil dari paket yang selama ini dipakai dan untuk memulai pil paket selanjutnya mesti ada interval 7 hari yang diitung termasuk saat lupa minum pilnya. untuk paket-paket selanjutnya sama seperti biasanya.

FYI, aku pernah lupa ketiga-tiganya...jadi base on that brochure maka sampai saat ini sukses ga ada halangan berarti.

Benernya masih banyak petunjuk yang ada di brosur..tapi yang sering kualami yang telat minum itu aja..so..kalau mau lebih jelas...baca brosur aja deh..

132 komentar:

  1. Salam Kenal Ya, Bu..
    Mau Nanya Nich.. Tiap Strip Diane 35 itu kan terdapat 21 pil.. ketika kita rutin meminum selama 21 hari itu tanpa telat, apakah untuk hari ke-22 sampai dapat haid aman untuk berhubungan..???
    Aq sedang meminum Pil Diane 35.. Tetapi belum begitu mengerti dengan detail cara pemakaiannya.. karena dokter kami tidak di jelaskan dengan details dan ketika beli per-strip pun tidak ada cara pemakaiaannya..
    Terima kasih ya, bu..

    BalasHapus
  2. kalo diminumnya pas hari terakhir menstruasi gmana ya??

    Thanks

    ^^

    BalasHapus
  3. Waduh...saya ga tau niy kalo ada pertanyaan.
    Bwt Tiaz...jadi kalo dah minum full strip dan ga ada yang telat ya berarti aman sentausa untuk berhubungan. selama ini saya ga ada masalah kecuali ya itu tadi, jika telat minum pas minggu pertama (deg2an banget).

    Bwt Mey....waaaa...siklus mens itu kan itungannya dimulai hari pertama mens...jadi ya harus dimulai pas pertama mens...kalo dah kelewatan, mending dimulai pas mens di bulan berikutnya aja..

    BalasHapus
  4. nyonyaaa...saya tanya dunk..lagi dag-dig-dug niy...
    bulan kmren saya pernah telat minum d mggu ke-III,,lalu sesuai anjuran brosur aku lgsg minum paket kedua tanpa interval. n selama itu aku nggak mens.
    nhaaa...kmren tgl 06/09/09 pil terakhir dari paket kedua yg aku minum,,n sampai hari ini kok aku blum mens yaa??? T-T beeeuuh...gimana niiiy?? biasanya aku juga mulainya lagi mens 3-4 hari setelah pil terakhir paket....lha ini udah msk 5hari kok blm mens juga yaaa..? T^T
    waktu dirimu lupa minum d mggu keIII,,mens lagi hari keberapa setelah minum pil terakhir paket kedua?
    --help pleasee---
    yhx yaa.....
    tina

    BalasHapus
  5. Salam kenal,
    Corat-coretnya bermanfaat bgt buat saya yg baru mau mulai pake Diane 35. Saya izin copas ya...
    Thx banget ^^

    BalasHapus
  6. salam kenal....
    mau naya nic,saya kan baru pake pil kb diane 35 saya binggung obat kb ini manfaat y untuk apa sih,soal gini aku akan ga mes udh 4 bln nic nak udh usg kata dokter ku d rahim ku ga ad janin,terus ku tanya balik kenapa bisa begitu dokter ku jwb kata aku kekurangan hormon dan aku d kasih pil kb diane 35,dan sampe skarng aku belum mens juga,saya tunggu komentar temen2,semoga bisa membantu masalah say,thx

    BalasHapus
  7. Salam kenal....
    saya ibu muda yang baru memasang KB kebetulan KB yg pertama kali saya pakai yaitu diane 35 saya telat minum PiL nya,apakah saya hamil setelah telat 5-10 jam telat meminum PIL tsb??

    Trims

    BalasHapus
  8. aku minum pil setelah hari pertama mens berakhir,4 hari kemudian aku melakukan hubungan intim..kira2 bisa hamil ga ya.waktu aku tanya penjaga apotek minumnya bagaimana,dia bilang setelah mens berakhir baru mulai.

    BalasHapus
  9. koq saya minum pilnya (dyane ) setlah slesai mens ya? salah kah? aturan itu saya dapat dari apotik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya juga sdh 2thn pake diane35 setelah mens bersih, kira2 10 hari lepas pil..

      Hapus
  10. saya baru mengkonsumi pil kb diene 35, tapi kok tiba-tiba wajah saya penuh dengan jerawat ya? apakah efek sampingny seperti itu?apakah semua ibu-ibu yang pernah mengkonsumsi pil kb ini mengalami hal yang sama seperti saya. klo timbul jerawat kayak gini sampai kapan y penyesuainnya.

    BalasHapus
  11. Salam kenal semua... Saya juga telah meminum pil kb diane 35 sudah hampir 2 tahun, emang bener banget sih... ga ada efek samping sama sekali yang ditimbulkan si diane 35 pada body kita. Terbukti BB saya ga tambah berat, ga ada pengaruh nafsu makan gila2an, ga ada bercak2 hitam pada wajah, yang pasti selama hampir 2 tahun ini sih, saya oke2 aja meminum diane 35.

    oia, untuk penangan selanjutnya tinggal kembali lagi aja ke dokter kandungan yang menyarankan kita meminum diane 35. saya meminum diane 35 atas saran dokter kandungan. sebelumnya dijelaskan juga sih cara2 pemakaiannya. dan semua itu sama seperti apa yang ditulis dalam coret-coretan mba dewi.

    BalasHapus
  12. saya baru mau beralih dari KB suntik bulanan ke Diane 35, mbak infonya sangat membantu, jika diijinkan ingin bertanya, agak kurang jelas maksudnya....
    Ada aturan mengenai keterlambatan minum pil KB ini yg saya kurang mengerti, berikut penjabaran Mbak :

    Jika telat minum pada minggu I : pil yang terlambat harus segera diminum secepatnya saat ingat walaupun artinya minum 2 pil pada saat yang sama. Pil selanjutnya diminum sesuai jadwal biasa. Tapi 7 hari berikutnya mesti pakai pengaman tiap kali berhubungan. Mesti diingat juga bahwa hubungan yang terjadi pada 7 hari sebelumnya beresiko menimbulkan kehamilan.

    yang saya kurang jelas, minggu pertama disini apa maksudnya minggu pertama saya konsumsi pil Diane ini ? Trus jika lalai dan lupa minum pil nya, hubungan yang terjadi 7 hari sebelumnya ini yang dimaksud yaitu hubungan yg terjadi setelah melewati masa mens, atau 7 hari itu termasuk dihitung dengan masa2 mens (ini saat penggunaan starter pack baru kan ya mbak) ?

    mohon bantuan dan pencerahannya mengenai maksudnya.... terima kasih...

    _ditta_

    BalasHapus
  13. salam kenal...
    ak baru pakai diane 35, sblm pake ak mmg sdh jerawatan, tp setelah pakai kok jerawatnya tambah banyak y? apa itu tanda2 kl ak g cocok pkai diane 35?
    tolong komennya y...thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum menikah namun dari dokter kecantikan saya dianjurkan minum pil KB diane 35 untuk mencegah/mengurangi jerawat (faktor hormonal). Hasilnya setelah 2 tahun saya mengkonsumsi ini wajah saya mulus tanpa jerawat. Saya konsultasikan ke dokter kandungan (krn saya belum menikah dan punya anak), menurut beliau hal tersebut tidak masalah. Semoga penjelasan saya bermanfaat

      Hapus
  14. Untuk jawaban atas pertanyaan ini bisa dibaca di Klarifikasi Pertanyaan Atas Diane 35

    BalasHapus
  15. mau tanya ni...
    saya sdh menghabiskan pil Diane'nya 1 strip itu, tp kog blm haid ya?
    karena takut keburu isi, jd saya minum lagi.
    gimana ya solusinya?
    apa minum pil ini ngaruh ya ma haid?


    Thanks

    BalasHapus
  16. saya pakai pil diane 35 dah yang strip kedua..tp kok g mens2 yah??? ada yang tau ga apa klo pake pil ini bikin ga mens2..fyi..sy dah tes kehamilan tp hasilnya negatif...HELP PLEase

    BalasHapus
  17. Wah..menurut saya, kalo bermasalah seperti itu mending tanya ke ahlinya de...dokter kandungan.

    bagaimanapun pil KB adalah hormon tambahan sehingga hasil ke tiap individu bisa jadi berbeda.

    Maaf, gabisa bantu.

    Paling aman ya ngikuti anjuran pakai yaitu setelah satu strip, dimulai lagi setelah hari ketujuh kosong. Jangan kurang dari 7 hari.

    BalasHapus
  18. mba,kl mens pertama cm flek apa hrs lgsg minum pilnya?

    BalasHapus
  19. klo belum menikah tp disarankan dokter untuk minum ini dan ternyata lupa sampe lebih dari 12 jam, apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus
  20. *mba as3....intinya kalau lupa lebih dari 12 jam ya harus langsung segera minum pil yg lupa itu, walaupun itu berarti 2 pil sekaligus. Tapi krn ga berhubungan sex, ya berarti ga perlu harus menggunakan perlindungan tambahan

    *mba anonim: apakah tiap mens cuma flek saja atau hanya saat itu saja? karena banyak perempuan yang ketika mau hamil, pas jadwal mens itu cuma keluar flek sedikit dan ga keluar darah mens sama sekali setelah itu. poinnya adalah minum pil kb ketika hari pertama mens.

    BalasHapus
  21. Mba,aq mo tanya...aq baru menggunakan pil diane skitar 1 minggu, sebelumx aq menggunakan kb suntik 3 bulan.waktu aq menggunakan pil diane pertama kali bukan setelah haid melainkan 3 hari setelah waktu tanggal untuk suntik 3 bulan. Apa itu ga apa2? Terimakasih

    BalasHapus
  22. mengingat saya juga bukan pakar yang kompeten tentang pil KB...maka jika ada pertanyaan coba masuk ke forum KASKUS berikut:
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3408816

    very informative and I think you can ask anything there

    BalasHapus
  23. mba saya mau tanya , kk saya minum pil kb.nya bukan telat jam malah kecepetan jam itu gmn ya efeknya??? makasih..

    BalasHapus
  24. mba saya mau tanya kalau minum pil.nya waktunya agak lebih awal dari hari sebelumnya gmn ya?? soalnya.. soalnya kk aku lupa dia..mba saya mau tanya kalau minum pil.nya waktunya agak lebih awal dari hari sebelumnya gmn ya?? soalnya.. soalnya kk aku lupa dia..

    BalasHapus
  25. buat blog tugas: heheh..saya juga ga tau, tapi periode lalu saya juga kecepetan minumnya. ga tanggung2, kecepatannya 12 jam. akhirnya saya terusin saya dengan jadwal yg kecepetan tadi dan ternyata, jadwal mens saya tetap tuh..

    BalasHapus
  26. kalau dulu telah konsumsi diane 35 lalu setelah 1 strip berhenti selama 2 mingguan, lalu mau memulai lagi bagaimana?jika dimulai di hari tidak menstruasi / akhir menstruasi bagaimana?terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  27. bu saya baru minum pil diane sebulan tapi blm juga datang bulan .terus saya ke dokter dokter bil memang ada yg ga datang bulan. menurut ibu2 kalau ga datang bulan bagus ga atau harus saya stop minum obat ini ya????tolong kalau ada yg tau kasih saran ke saya ya makasih

    BalasHapus
  28. mba, saya baru pertama minum pil diane 35. sudah habis 1 strip sekarang sdh masa istirahat 7 hari, tp sy melakukan hubungan pada hari ke 2 masa istirahat ini dan skrg hr ke 5 istirahat belum haid. Apa krn hubungan kmrn jd sy blm haid? klo setelah 7 hari blm haid normalnya bagaimana apa dilanjutkan minum yg baru?

    BalasHapus
  29. mba dewi, tolong klarifikasi yah, jadi yang saya paham disini pil ini diminum pada hari pertama haid (bercak/tidak), diminum sehari sekali pada waktu yg sama misal jam 9pm maka hari selanjutnya jam 9pm, dan setelah pil habis maka dalam 7 hari kedepan kita ga minum pil lagi sampai hari ke 8 baru mulai lagi minum pil yg sama di jam yang sama dengan pack yang berbeda. bener ga? yang jadi pertanyaan, jadi aman ga setelah menstruasi (saat minum pil pertama) sampai hari ke 28 kita berhubungan? terus kalau ingin stop tanpa dilanjutin pack yang lain bagaimana?

    makasih sebelumnya

    BalasHapus
  30. Hai mbak anonim, sepertinya pemahamannya benar dan sesuai dengan yang saya sampaikan. cuman satu hal, semua alat kontrasepsi, pada dasarnya tidak menjamin 100% tidak akan hamil. Seakurat-akuratnya alat kontrasepsi, paling jaminannya 99% berhasil, karena yang 1% itu kuasa Yang Maha Pencipta. Kalau dipakai dengan benar sesuai petunjuk, 99% bisa menghalangi kehamilan saat kita berhubungan kapanpun itu (selama pakai pil KB)

    Kalau memang mau berhenti, bisa saja setelah pack pertama itu selesai dikonsumsi dan siklus mens akan kembali sesuai asal.

    BalasHapus
  31. Mba dewi..tolong dijawab yah..mengenai minum pil pada saat mens hari pertama..yg jadi pertanyaan dan membingungkan (stlh saya hitung) berarti tiap bulan mens kita gak jatuh pada tanggal yg sama yah...
    Misal mens tgl 20 lalu kita minum pil yg pertama dong..pil akan berakhir tgl 10 bulan depan...interval 7 hr...mens usually 2-3 hr interval..katakan tgl 13 kita mens lg...dan minum pack yg ke 2 tgl 18..selesai gak selesai mens pokoknya minum kan yah..terus pil akan berakhir tgl 8 bulan depannya...dan diperkirakan tgl 11 mens lg....tgl 16 minum pack yg ke 3..berakhir tgl 6 bln dpnnya...mens akan keluar tgl 9...begitu kah mba? Aku binguuuuung....

    BalasHapus
  32. Mba Mila..huehehehe...ribet amat ya ngitungnya...pada dasarnya itungan itu sesuai.

    Tapi logikanya gini, rata-rata siklus mens itu kan 28 hari. Ada yg lebih panjang, misalnya 29-30 hari, atau yg lebih pendek, misalnya 27 hari. Jadi kalau pakai pil kb, maka siklus mens direkayasa sehingga pasti 28 hari.

    Dulu, sebelum pakai pil, siklusku 28 hari dan dibuktikan tanggal mensku mesti maju 2 hari dari bulan sebelumnya..jadi ketika pakai pil ini ya sama saja tetep 28 hari.

    Intinya...mens atau ga..selesai atau engga...pilnya diminum sesuai jadwwal. 21 hari pilnya dan 7 hari kosong...konsisten saja begitu..maka insyaAllah siklus mens akan tetap.

    Semoga tidak menjadikan tambah bingung..hehehe

    BalasHapus
  33. Mba klo make nya lbh dr 12 jam gmn ya? Soalnya aku suka g ngitung hitungan jamnya biasa minum pokoknya hbs makan pagi klo g makan siang hehehe

    BalasHapus
  34. mba kalo diminggu pertama telat minum pilnya 2 hari, gimana tu mba...mohon bantuannya dong !!!

    BalasHapus
  35. @beebee: kalau lebih dari 12 jam berarti dianggap telat lebih dari sehari..inti dari pil KB harian ini adalah disiplin...jadi harus belajar mengingat kapan waktu minumnya

    @anonim: kalo telat 2 hari yaaa...harus minum pil KBnya jatah dua hari itu sekaligus.... Emang harus disiplin Mbak..kalau mau pake pil KB.

    BalasHapus
  36. mbak mau tanya...saya baru mulai pake diane, itu mulainya dari baris yang atas atau yg bawah. ga ada petunjuk mulainya dari mana. mohon jawabannya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau baru mulai dari awal, kuncinya adalah dimulai pada hari pertama mens. Mau pake baris bawah atau atas, ga ada masalah.

      Jadi kalau mens-nya hari jumat, maka cari aja tulisan jumat dan dimulai dari situ, maka hari terakhir minum pil setelah 3 minggu adalah hari kamis.

      Hapus
  37. mbak ... saya mohon bantuan .. saya mau ganti pil kb saya ke Diane .. tapi bingung juga kapan harus berhenti dr pil kb lama dan kapan harus mulai dgn pil Diane-nya ... bsa bantu info mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang saya baca sii, gantinya saat pil kb yang lama habis. Kalau pil isi 28 ya berarti saat hari ke 29 langsung pake diane 35. Kalau pil isi 21 libur 7 hari dan hari ke-8 mulai yang baru.

      Tapi kalau saya, lebih suka mulai pada saat hari pertama mens. Jadi kalau pakai pil isi 21, saat 21 pil itu habis, biasanya hari ke 3 atau empat saya akan mens. Nah saat itu saya mulai lagi dengan pil yang baru.

      Hapus
  38. mba ku mw nanya nih temanku taxa mslh pil diane isix kan cm 21 dia mnum sblum haid stelah 2 hri kemudian dia haid tpi tetap konsumsi pil diane kok sudah 8 hri haidx belum berhenti2

    BalasHapus
  39. mbak saya mohon bantuannya ku minum pil diane sebelum haid setelah 2 hari kemudian ku haid tapi tetap ku konsumsi pilnya sampai habis,sekarang sudah 7 hari kok nggak ada tanda2 klo mau berhenti haid malah haid nya tambah banyak yah,nggak apa2 yah minum pilnya klo sementara haid???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ini mbak yang temennya mbak yang di atas itu yaa.

      Maaf ya Mbak, gabisa jawab. Saya orangnya punctual sii, jadi kalau di petunjuknya bilang hari pertama mens, ya hari itu makenya. Ga pernah nyoba2 hari yang lain. Jadi gatau penyelesaian untuk masalah ini.
      Lebih baik Mbak ke dokter atau bidan atau penyuluh KB untuk diskusi lebih lanjut

      Maaf yaaa

      Hapus
  40. halooo saya mau tanya.....
    bulan kemarin saya pake pil kb diane,, tapi gak sesuai peraturan jadi agak kacau sekarang saya mau coba lg... tapi haid saya sudah selesai selama 2 hari... apakah boleh langsung diminum pil nya.. Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin saya baca lagi petunjuknya, ternyata untuk pertama kali minum pil KB masih bisa sampai hari 2-5 setelah mens pertama (kalau ga salah ya..nanti saya cek lagi).
      Coba dibaca aja di petunjuk yang ada di box pil kbnya.

      Kalau 2 hari setelah mens itu berarti berapa hari setelah mens pertama? Kalau masih selang maksimal 5 hari, mungkin masih boleh

      Hapus
  41. salam kenal mba.. sy baru mau mencoba pil kb Diane itupun atas instruksi dokter,krn sy tdk haid bulan kemarin,di tes pun hasilnya negative,didokter jg tdk ada janin.sy terbiasa dengan pil yg 28 hr,jd sy agak sedikit bingung dengan pil diane yg 21 hari.dibulan jan sy mens hari rabu,bulan feb tdk haid(tapi tetap mengkonsumsi pil).nah terakhir habis per hari kamis.sy bingung urutan di pil Diane.awal minum dari barisan atas/bawah? dan dihari yg mana? thanks before & after.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak, mengenai barisan pil, bisa yang mana saja. Tapi yg harus dijadikan patokan adalah hari apa mulainya.
      Kalau terkahir habis adalah hari kamis, maka mesti kosong selama 7 hari dan hari kedelapan mulai lagi. Jadi

      Hapus
    2. Ups kepencet
      Jadi Mbak Andry, bisa dimulai lagi hari jumat minggu berikutnya.
      Semoga membantu

      Hapus
  42. mba, aq skrg ini msh kb suntik dan ingin beralih k pil diane... jatuh tempo suntik tgl 17. nah pil diane khan harus d minum paz pertama haid. klo haid aq sblm tgl 17 gmn mbak?? masih bs minum g??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak, coba baca petunjuk pemakaiannya. Biasanya disitu ada petunjuk jika pindah dari metode progesteron lainnya.

      Saya sekarang pakai Yasmin, kalau di petunjuk Yasmin bunyinya: Pasien dapat berpindah dari metode minipil kapan saja (pada hari pelepasan alat utk perpindahan dari implan, atau pada hari penyuntikan berikutnya untuk perpindahan dari suntik), tetapi sebaiknya untuk semua keadaan tersebut dianjurkan untuk menggunakan kontrasepsi penghalang selama 7 hari pertama minum tablet.

      Jadi bisa dimulai pada tanggal 17 yaa... Jangan lupa pelindung tambahan untuk 7 hari pertama

      Hapus
  43. oww.. gtU y mba....
    btw, klo utk diane dgn yasmin bagus mn?? memang klo diane itu bs menambah bb y mba, kebetulan bb aq cm 45kg..
    thx sblm'y y mba....

    BalasHapus
  44. mba, saya baru coba minum pil kb diane isi 21 tablet. klo sy minum tiap jam 10 pagi, apakah sy hrs minum lg 12 jam stlh itu? atau sy minum di hari ke 2 jam 10 pagi juga? tp itu brarti 1x 24 jam ya mba? aduuuh sy bingung mba... plis help me yah. tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. aturannya 1x24 jam mbak...jadi besoknya di jam yang sama.

      Aturan 12 jam itu aturan keterlambatannya. Jadi kalau misalnya jam 10 pagi itu lupa minum, masih aman sampai jam 10 malamnya. kalau sudah lebih dari jam 10 malam berarti dianggap terlambat minum dan harus minum sesegera mungkin.

      Semoga cukup jelas.

      Hapus
  45. sis...duh infonya bermanfaat banget. aku baru aja bingung..koq aku telat datang bulan ya..udah 5 hari. ternyata aku salah cara minumnya..cos waktu itu bidannya ga gitu jelas kasih infonya. tapi gini sis..aku udah 1,5 pak habisin tuh pil. tiap malam tanpa jeda aku minum, krn pil sebelumnya (microlut) aku minum dengan cara spt itu. so apa yang harus aku lakuin sekarang? apa aku harus stop dl? n biasanya langsung haid ya? cos aku biasanya selalu on time waktu haidnya...hadduuhh...pusing juga yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau merhatiin petunjuknya sii, sepertinya tidak bermasalah jika diterusin yg kedua ini sampai habis. resikonya ya ga mens aja.

      Istilahnya bisa dimiripin ama orang2 yg pergi haji, jadi biar ibadahnya ga terganggu maka pil kbnya diterusin aja biar ga sempet mens.

      Nanti setelah yg kedua ini habis jangan lupa untuk jeda 7 hari.

      Hapus
  46. ba,saya baru mau nikah tgl 5 mei 2012,,rencana'a saya n calon suami saya tu mau menunda pny baby dulu,,sabtu kmrn saya sempet k dktr kandungn,hr tu jg pas bgt saya br mens,saya d anjurkan untuk minum pil D-35,tp dktr menganjurkan hr ke- 5 br saya d suruh minum pil itu,,yg jd pertanyaan saya,,pas pil tu abis,,saya hrs minum pil itu lg y ba?!ad jangka waktu'a ga?mohon di balas y ba,,cz q g ngrti mslh pil KB,y maklumlh br mo nikah ba,mksh y ba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mengenai kapan mulai, memang bisa dari hari pertama sampai hari kelima. Jadi silahkan sesuai petunjuk dokternya saja.

      Kalau mengenai sampai kapan harus pakai...ya sampai Anda ingin hamil dan punya anak. Selama masih menunda kehamilan, ya perlu untuk memakai pil KB.

      Ada teman yang selesai pakai pil KB bisa langsung hamil..ada juga yang butuh beberapa bulan kemudian untuk akhirnya bisa hamil.

      Saran saya, kalau nanti akhirnya pengen hamil, konsultasi saja ke dokter kapan harus berhenti.

      Semoga membantu

      Hapus
  47. salam kenal ya mbak, sy cowok krn jerawatan di anjurkan dokter utk terapi diane selama 24bln, tetapi efek samping yg sy rasakan, payudaraku sdh membesar kayak wanita,krn udh membesar lantas sy pake bra, krn klo ngk pake bra sangat mengganggu, apa efek dri pil kb gitu ya mbak.....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah berapa bulan Mas, terapinya?
      aduuh..repot sekali kalau pakai Bra...apa gabisa didiskusikan lagi ya dengan dokternya?

      Saya sendiri sii, ga merasakan efek pembesaran yg signifikan..ya masih segitu-gitu aja..cuman ya emang kalau mau mens terasa sedikit membengkak.

      Tapi ya memang efeknya bisa jadi sangat beda untuk laki-laki, karena dengan diane kan hormon jadi berubah.

      Semoga terapinya berhasil deeh...yang sabar yaaa...

      Hapus
  48. mba dewi saya mau tanya nih, saya sudah pakai diane selama 1 bulan (tidak ada yang telat/ lbh dr 12 jam) dan sudah berhubungan. setelah pill terakhir 4 hari setelah itu saya menstruasi tapi kali ini menstruasi saya tidak sebanyak biasanya dan bukan cuma bercak saja. kira2 itu normal atau tidak? apa saya hamil? karena kalau sudah waktu mens dan cuma bercak saja biasanya itu tanda dari kehamilan. dan sebanyak apa bercaknya jika hamil? trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya sii, sepanjang sudah ada darah mens ya berarti mens..walaupun sedikit.

      Kalau bercak tanda hamil itu biasanya ya hanya bercak coklat seperti hari2 terakhir mens itu loo..dan itu biasanya cuman sekali dua kali saja.

      Kalau masih ga yakin, gaada salahnya untuk pake testpack. Toh sekarang ada yang murah tapi akurat.

      Kalau patokan saya ya itu tadi, sepanjang minum pilnya lancar dan ga pernah telat 12 jam..biasanya aman.

      Hapus
  49. mba' dewi mo nanya,pernah gak ada pengalaman teman mba'dewi yang mo hamil pake pil ini trus berhenti langsung hamil?klo ada berapa lama pakenya?(hbs brp trip) thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah ada Mbak..teman saya yang pake pil kb umumnya sudah mempunyai anak yg cukup alias ga pengen nambah lagi.
      oiya...ada temen yg sempat pakai setahun trs ingin hamil lagi. Hasilnya, dia harus menunggu cukup lama (setahun lebih) untuk bisa hamil lagi. Itupun sempat keguguran 2x. Saya gatau apa penyebabnya yang jelas, dari segi umur, dia memang sudah memasuki batas maksimal hamil (umurnya 38 dan akhirnya hamil di usia 39). Secara teori untuk umur segitu memang akan banyak mengalami hambatan.

      Lebih baik konsultasi saja dengan dokter kandungan mengenai kemungkinan2 pemakaian pil KB ini.

      Hapus
  50. Pagi all...
    Gini,sy kan sdh 2 taon blm hamil2 jd sy putuskan untuk mulai minum pil KB diane 35 sebagai pancingan Dan sy sdh bnyak dngr dr teman2 seperti itu Dan hasilnya positif ...menurut anda gmn ya Dan apakah bnr?
    Pleaseeeee,di jwb ya!thx all

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh Mbak..kalau yang seperti ini saya ga ngerti sama sekali.

      Cuman..kalau problemnya siklus yang tidak jelas..mungkin pemakaian pil kb ini jadi menstabilkan siklus jadi 28 hari...dengan demikian jadi rutin dengan siklus yang sama.

      Jika siklusnya sudah jelas..maka akan memudahkan kita menghitung kapan masa subur untuk pembuahan. Mungkin loginya seperti itu.

      Hapus
  51. Forum ttg Diane 35 ini membantu saya bgt, tp sekaligus saya jg agak bingung. Saya baru aja lepas IUD (coz sering kesakitan 'n siklus haid kacau). Disarankan dokter ganti Diane, BTW kt dokter koq minumnya saat mens hari ke3 ya.. Pdhl rata2 pd bilang minum saat mens hari 1. Gimana dong??? Trus pas tenggang 7hr tanpa minum pil itu kalo berhubungan gmn ya, beresiko hamil gak? Tlg bantu segala keminiman info saya.. Thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa Mbak, saya baca lagi memang bisa diminum pada 1-5 hari pertama mens. Artinya kalau hari ketiga kan masih dalam selang tersebut.

      Jadi asal minum pil kbnya ontime dan ga pernah telat..Insya Allah berhubungan kapanpun jadi aman, termasuk selang 7 hari tanpa minum itu.

      Hapus
  52. Sebelumnya salam kenal ya mbak...
    Mba dewi saya seorang ibu rumah tangga yang udah 3 tahun menikah,,sejak pertama melahirkan seorang anak,saya mencoba pakai kb suntik 1 bulan.selama 1 bulan mens saya 2 minggu lebih gak perna berhenti,,selesai yg perbulan saya langsung gunakan kb susud(selang yang dipasang dilengan sebelah saya)saya gunakan yg 3 tahun,selama 3 tahun itu mens saya udah gak teratur,kadang tiap bulanya datang bulan,,kadang selama 4-5 bulan saya gak bisa datang bulan mba,,akhirnya teman saya nyaranin kb diane 35 ini mba,,kemaren tgl 7/8/12 adalah pil k 21 saya dari pil pertama saya(tidak perna terlambat saat minum pil)awal saya minum pil 35 ini,saya uda 2 bulan gak datang bulan mba,jadi hari pertama saya minum pil bukan awal mens,tapi hanya sesuai hari saja mba,hari ini tgl 8/8/12 adalah hari ke 22 saya(pertama tidak minum pil 35)tapi saya sudah berhubungan dihari ke 22 mba,jadi yg jadi pertanyaan saya,,apakah aman mba krna saya berhubungan dihari ke 22 ini?dan apakah saya harus tetap minum pil 35 pada hari ke 28 meskipun saya tdak datang bulan juga?bgmna jika seandainya saya datang bulan ϑί hari ke 27 atau 28?dan bgmna αρα solusi buat saya mba karena awal saya minum pil diane disaat saya udah 3 bulan tdak datang bulan?tolong saya dong mba..makasih :-) by - stevie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduuh..balasan saya ga keluar ya..

      okay deh.. tulis lagi

      Sebenarnya kalau pertanyaan yang kompleks gini sebagiknya konsultasi dengan dokter kandungan atau bidan, jadi jawabannya lebih akurat.

      Tapi sepengetahuan saya,pil kb gunanya untuk merekayasa hormon tubuh sehingga tidak terjadi pembuahan dan siklus mens tepat 28 hari.

      Artinya, apabila Mbak minum pil tanpa pernah telat, maka kondisi hormon akan disesuaikan sehingga insya Allah tidak ada pembuahan. Apabila ada pembuahan sebelum mulai minum pil kb, maka sesuai brosur, pil kb ini tidak mengganggu pertumbuhan janin.

      Untuk selanjutnya, lebih baik tes kehamilan aja dulu dengan test pack standar. Jika hasilnya negatif, terusin saja strip selanjutnya sesuai jadwal yaitu tujuh hari setelah pil terakhir.

      Semoga untuk strip selanjutnya, jadwal mens Mbak bisa lebih teratur.

      Hapus
  53. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  54. halo mbak Dewi,
    saya mengikuti semua petunjuk dari bidan maupun dari kertas yang ada di blister Diane35. nah yang saya mau tanya, pada hari ke 20 pemakaian pil Diane35 (saya minum teratur tiap hari tanpa ada yang bolong) pada saat berhubungan dengan suami ada ternyata bercak darah, tapi bercak ini tdk berlanjut di hari berikutnya, sampai dengan hari 23 dimana saya sudah stop konsumsi pil diane dan tdk ada bercak darah tersebut. apakah ini normal dan pernah ada pengalaman seperti ini?
    dan jika kita ingin merubah jam minum pil dari jam 6 pagi ke jam 9 malam, apakah harus minum pil tersebut 2 kali?
    atau bagaimana yah?
    thks infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bercak seperti itu saya belum pernah mengalami. Kalau selama ini saya normal saja menstruasinya, yaitu hari ke 3/4 setelah minum pil terakhir dan berupa mens normal, bukan bercak.

      untuk merubah jam minum pil kb, sebaiknya mulai dari awal strip berikutnya, jadi lebih gampang.

      Tapi logikanya bisa juga minum 2 kali, yaitu jam 6 pagi, kemudian jam 9 malam dan selanjutnya tiap jam 9, karena kan antara jam 6 pagi samapi jam 9 malam sudah lebih dari 12 jam.

      semoga membantu

      Hapus
  55. kira2 ada batasan penggunaan diane pa nggak? atau relatif aman dipakai bertahum-tahun. saya udah mengkonsumsi diane 2 tahun lebih dan saya merasa cocok dibanding alat konstrasepsi lain. karena saya ga bs menerjemahkan brosurnya, kira2 efek samping yg paling berbahaya itu apa ya...? balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah baca suatu artikel bahwa penggunakan alat KB itu mesti berganti-ganti dalam waktu 5-6 tahun.
      Sampai saat ini saya sudah 2.5 tahun pakai Diane 35 (November 2007 s.d Mei 2010) dan setelah itu sampai sekarang pakai Yasmin. Total sudah hampir 5 tahun saya KB hormonal. Rencana saya, dalam waktu dekat ini adalah ke Dokter kandungan untuk konsultasi mengenai kelanjutan KB saya. Bagaimanapun, saya pikir, pemakaian KB hormonal terlalu lama juga tidak baik. Sama saja seperti IUD yang ada masa pakainya.

      Nanti setelah saya sudah konsultasi akan saya share hasilnya.

      Hapus
  56. lam kenal mba dewi,

    saya mo tanya saya pernah KB IUD sebelumnya selama 5thn lalu lepas dapat anak kedua pakai KB suntik 1bln haid ny hanya bercak/flek kadang jg tdk dapat haid sekarang saya mo beralih ke pil Diane35 tapi belum dapat haid bagaimana solusinya mb dewi agar saya bisa memulai minum pil diane35 thanks atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya Mbak Ningsih, untuk pertanyaan yang complicated gini, saya ga bisa jawab. Saran saya, coba tanyakan ke Bidan yang juga menangani KB atau paling afdol ya ke dokter kandungan.

      Saya hanya bisa sharing pengalaman saya, kalau saya sendiri ga pernah mengalami, maka saya juga gabisa jawab.
      Maaf ya

      Tapi kalau membaca salah satu komen disini atau di artikel lain yg tentang pil KB, maka ada juga yang situasinya hampir sama dan langsung saja mulai minum pil KB, hanya dengan menyesuaikan harinya saja. Tapi pada akhirnya sampai 7 hari waktu kosong tidak minum pil, ybs tetap saja tidak mens..

      Jadi yaitu tadi, lebih baik konsultasi kepada yang lebih ahli.

      Hapus
  57. mba dewi, saya mau tanya, kalau sudah minum diane 35 pil terakhir besoknya pas sudah tidak minum pil lagi sampai hari kedelapan untuk minum pack yg baru, itu masih aman tidak untuk berhubungan? terima kasih mba sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi tujuan pemakaian pil KB itu ya biar aman kalau mau berhubungan kapan saja. Gitu Mbaaaak....

      Hapus
  58. salam kenal ya mba,, mau tanya aku baru mulai konsumsi pil KB Diane,, kira2 kapan ya (hari keberapa) bisa mulai berhubungan setelah minum pil yang pertama ? apa saat jeda yg 7 hari itu masih bisa berhubungan walau ga minum pil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak, kalau mulai minumnya sesuai petunjuk, maka insya Allah aman.

      Jawaban saya untuk 7 hari kosong itu ya sama dengan pertanyaan di atas ini.

      Hapus
    2. maaf mba Dewi, saya agak awam, kan minum pertama waktu haid hari pertama,, nah apakah setelah menstruasi selesai bs langsung berhubungan tanpa kondom?

      Hapus
    3. Iya Mbak...
      Dengan catatan bahwa tidak ada pil yang kelupaan minum, maka kapanpun kita berhubungan, Insya Allah amaaan.

      Hapus
    4. intinya cuma teratur & tidak ada yg telat minum yaa..anytime selain pas lagi haid bisa tancap terus yaaa mba...

      Hapus
  59. Malem mba :D
    Sya mau tnya nih, maaf sbelumx krna sya gak baca smua isi komentar2 yang ada. Sya mau lgsung tnya aja ya, sya kan lupa minum pil di minggu ke tiga, udh lupa 2 kali tp ttep sya minum aj tu pilx, skr sya mens mba, apa ttep minum pilx ato brenti aja? Oia, awal minum pil dimulai pas mens brakhir, jd dr dulu sya gak prnah minum pil pas prtama mens :D
    Mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya, kapanpun kita ingat bahwa belum minum pil, maka saat itu juga harus langsung diminum, walalupun itu berarti sekali minum 2 pil (teman saya bahkan pernah lupa minum 3 hari dan dia langsung minum 3)

      Kalau mengenai sisa pil, saya pikir lebih baik dihabiskan saja sesuai waktunya. Berhenti 7 hari dan kemudian mulai lagi.

      Atau bulan berikutnya, dimulai saja ketika hari 1-5 mens kita sesuai brosur yang ada di bungkus pil, jadi ga harus ninggu 7 hari kosong. Beberapa kali saya juga melakukan hal itu, jadi ga harus kosong 7 hari baru minum, tapi m inimal hari pertama-ketiga setelah mens.

      Selamat mencoba

      Hapus
  60. Halo mba salam kenal..
    Awal sept sy br saja melahirkan dan mendapat mens di sekitar awal Okt dan baru berhenti tgl 13 Okt. Seminggu kmdn sy ke dokter dan dokter menyarankan unt langsung minum pil ini.
    Tlg masukannya mba, apa gpp dikonsumsi telat spt itu ?oiya, ada yg tau hotline service dari Diane ini ga ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak, kalau jadwal itu sudah dari dokter, sebaiknya diikuti saja. Kalau logika saya si, setelah melahirkan kan jadwal mens memang belum kembali normal, jadi dengan minum pil kb itu akan dikondisikan untuk normal, makanya mau dimulai kapan saja, oke aja siii..yang penting taat aturan, jangan telat dan setelah habis kosong 7 hari kemudian mulai lagi.

      Untuk hotline Diane, dulu saya punya, tapi sudah ga ada lagi. Maaf ya gabisa bantu

      Hapus
  61. Mbak, salam kenal, saya cowok umur 19, saya di anjurkan dokter menggunakan pil diane 35 untuk masalah jerawat saya. saya baru tau kalo itu bisa merubah hormon cowok ke cewek.. saya benar2 takut kalo tiba2 fisik saya berubah. mohon pencerahannya mbak.. trimss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduuh..maaf ya saya gabisa bantu. Sebaiknya hal-hal seperti ini ditanyakan ke dokternya.

      kalau pendapat saya pribadi sih, kalau tidak dalam jangka lama mungkin efeknya tidak permanen. Ini kan dalam rangka pengobatan, tentunya jika masalah jerawat beres, maka tidak perlu konsumsi Diane 35 ini

      Hapus
  62. mba saya mau tanya,saya baru konsumsi pil diane tagl 26 okt kemrin,skrg udh 6 hr,aman gk untk berhubungan tanpa hrus menggunakan pengaman..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak..untuk hormonal gini, biasanya badan kita butuh adaptasi terlebih dahulu. Untuk lebih amannya, pakai pelindung tambahan.

      Tapi saya dulu sih, ketika pertama pakai pil KB, ga nunggu adaptasi juga sii...jadi ya langsung saja.

      Saya ga bisa kasih saran deeh..hehehe

      Hapus
    2. Salam kenal mbak dewi yg baik hati, senang sekali mbak dewi sangat murah hati sharing ttg pil kb dan menjawab komen2 yg sebenernya mungkin lbh afdol kalo tanya sama yg kompeten. Tp sy fikir pengalaman adalah guru yg terbaik.
      Kasus sy sama dgn mbak anonim ini. Sy br 6 hari mnm pil diane 35. Sy baru mlahirkan (bayi sy berusia kurang dr 2 bulan). Sy baca sblm 7 hari hrs dbantu alat pengaman, apa daya kbablasan juga. Mudah2an ga sampe hamil. Gmn nih mbak dewi, sbagai sahabat para ibu yg galaw, haha

      Hapus
    3. Mbak...sudah tau kan kalau pil KB diane ini tidak cocok untuk Ibu menyusui? karena akan mengurangi produksi ASI.

      Mengenai pemakaian pertama, kalau mengikuti petunjuk bahwa diminum pada hari 1-5 setelah mens..saya pikir cukup aman jika terlanjur ga pake pengaman tambahan.

      Tapi sekali lagi bahwa pil KB itu sifatnya hormonal sehingga perlu penyesuaian dulu. Tapi kata dokter kandungan, sifat perlindungannya emang harian..jadi dipastikan saja bahwa tidak pernah terlambat minum pil KB ini.

      Semoga mengurangi kegalauan...

      Hapus
  63. mbak muka saya berminyak n pingin halus tapi saya sudah disteril apa bisa saya pkai DIANE krna kata Temen2 bagus untuk kulit wajah gimana mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak..coba baca komen-komen di atas.. Ada dua laki-laki yang komen krn diharuskan pakai pil KB ini untuk mengatasi jerawat.

      Jadi..kalau memang tujuannya untuk perawatan..ya dicoba aja walaupun sdh steril.

      Hapus
  64. mba setelah saya minum pil diane hari ke 20 koq ada flek seperti mens dan terus ada sampai 7 hari(sampai sekarang). apakah itu tandanya saya tidak cocok atau itu salah satu efek samping pil diane?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak..coba baca flyer yang ada di box pil KBnya ya..
      Biasanya ada keterangan tentang efek samping ataupun lainnya...

      Saya pribadi ga pernah mengalami flek kayak gitu

      Hapus
  65. mlm mb...intinya minum pil ini 21 hari pemakaian, kemudian 7 hr kosong/gak pake pil, dan hari ke 8 ny minum pil lagi kan?
    aturan itu trus menerus sperti itu ya mb?walo kita pas awal pemakain misal haidny blm siklus 28 hari, jd tdk bs pas wkt perkiraanya.mkasi
    mohon balasanny mb...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalau menurut petunjuknya begitu. Dipastikan aja bahwa mulai minum pilnya di hari 1-5 mens..nantinya siklus akan jadi 28 hari

      Hapus
  66. halo mba, saya mau sedikit tanya.. saya konsumsi diane-35 des-2012 sebelumnya pakai microgynon. selama penggunaan saya terkadang lupa minum, tapi saya minum sekaligus 2 pil, kalau gak salah itu terjadi di minggu ke 2 dan ke 3, jan 6- 2013 strip yang pertama habis, kemudian saya lanjutkan strip yang baru sampai 7 hari, sampai saat ini belum haid, apakah saya harus teruskan sampai habis atau berhenti sampai datang haid dan mulai lagi mieminum pil tersebut? tnx before ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut saya siii..diterusin saja. Mungkin tubuhnya masih penyesuaian hormon.

      Untuk lebih amannya coba pakai test pack dulu aja.. Jadi kalau emang negatif..lebih yakin untuk nerusin.

      Hapus
  67. hi mbk, aq mo tanya soal pil kb diane karena aq salah meminumnya, sebelumnya aq kan pake kb suntik tapi aq berhenti tgl 1 des 12 kmren terus langsung aq lanjutin pake pil kb diane tanpa nunggu haid pertama dulu, nih gimana apa gpp mbk? dan pil itu aq minum terus menerus tanpa ada interval 7 hari apa itu gak berbahaya mbk? seandainya aq hentikan dulu sampai nunggu haid apa gak apa2 mbk? makasih ya mbk, tolong ya mbk segera dibalas soalnya aq takut banget nih,,,,,,,

    BalasHapus
  68. hi mbk, aq mo tanya soal pil kb diane karena aq salah meminumnya, sebelumnya aq kan pake kb suntik tapi aq berhenti tgl 1 des 12 kmren terus langsung aq lanjutin pake pil kb diane tanpa nunggu haid pertama dulu, nih gimana apa gpp mbk? dan pil itu aq minum terus menerus tanpa ada interval 7 hari apa itu gak berbahaya mbk? seandainya aq hentikan dulu sampai nunggu haid apa gak apa2 mbk? makasih ya mbk, tolong ya mbk segera dibalas soalnya aq takut banget nih,,,,,,,

    BalasHapus
  69. kalau diminumnya tanpa interval dan lanjut langsung setelah suntik, saya pikir efeknya hanya tidak akan mens itu saja.

    Balik lagi bagaimana jika tidak mens? Nah itu saya masih belum terlalu ngerti. Kalau kata ustadzah di TPA anak saya, dibilang bahwa haid itu tujuannya untuk membersihkan kandungan kita, jadi sebaiknya dibiarkan mens saja sesuai takdirnya.

    Untuk selanjutnya, kalau menurut saya, dihentikan dulu terus sebaiknya dimulai saja saat hari mens pertama.

    BalasHapus
  70. saya rutin meminum pil diane sejak 4 tahun yang lalu, selama ini siklus haid saya normal, pada hari ke 4 - 6, periode kosong. bulan ini siklus haid saya pada hari ke 8 berbarengan dengan jadwal minum pil saya, apa yang harus saya lakukan, apakah minum sesuai jadwal? atau apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minum aja sesuai jadwal Mbak.

      Minggu lalu saya ke dokter kandungan untuk thin prep (metode baru pap smear) dan sempat menanyakan tentang penggunaan pil KB.

      Salah satu hasil tanya adalah pil kb ini sifatnya merekayasa hormon secara harian. Jadi sangat tergantung dengan penggunaan pil secara harian. Hormon akan dikontrol dalam waktu 24 jam, makanya sangat wajib agar jangan lupa minum pilnya.

      Artinya, walau siklus saat ini beda dari biasanya, tapi kontrol hormonal tetap harus rutin sesuai waktunya.

      Semoga membantu

      Hapus
  71. Mba saya bru prtma kali pake pil KB diane

    Saya kan haidnya hari sabtu ni ya mbak, sdgkan bariss yg diatas itu sbtunya ada dua jadi saya minum yg mana mbak? Trmksih sblumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa sabtu mana aja mbak..yg penting setelah itu harus berurut. petunjuk hari disitu gunanya untuk memudahkan saja.

      Hapus
  72. Hai mbak... mo nnya jg nih aq kn baru make pil dan udh aq minum smpe ke hari 15 truz pil KB ku terbuang gitu n aq jadi ga minum selama 2 hari, setelah beli blister baru aq mulai dari hari pertama lagi, jadinya gimana ya mbk soalnya blm ngerti cara pemakaiannya n blm s4 konsultasi ke dokter.
    Trims :)

    BalasHapus
  73. mba, bulan ini saya minum pil tanggal 9, lalu 2 hari kemarin saya lupa untuk minum pil lagi berturut-turut. masih bisa ditanganin ga ya mba? kalau bisa bagaimana?
    trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut brosur di box Pilnya sii, dibilang kapanpun lupa minum pil, maka harus segera diminum walaupun pada saat itu harus minum 2 kapsul..jadi silahkan saja diminum berapapun hari yang lupa itu.

      Namun, sesuai kata dokter kandungan saat saya konsultasi tentang pemakaian pil KB ini, perlu diingat bahwa efektifitas pil KB itu sifatnya harian, artinya tiap pil memang dirancang untuk melindungi dalam jangka waktu 24 jam plus minus.

      jadi ketika telat beberapa hari begitu ya disiapkan saja bahwa kemungkinan untuk terjadi konsepsi akan tinggi sekali.

      Semoga membantu.

      Hapus
  74. apa benar itu bisa di konsumsi u/ yang belum nikah. maksud nya u/ melancarkan peredaran darah gituuu. aku kann haid nya gak teratur. Trimakasih, mohon jawabannya,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak..coba deeh..baca komen2 sebelumya. Tujuan pil KB secara umum adalah merekayasa siklus sehingga bisa berulang dengan siklus yang pasti yaitu 28 hari. Tapi tetap saja namanya rekayasa ya mestinya ada efek samping.
      Tapi ada kasus yang ketika pengen punya anak jadi harus menunggu dulu beberapa periode.

      Kalau untuk urusan menormalkan hormon di kulit wajah, maka ada 2 testimoni dari laki-laki yang diresepkan oleh dokter kulit untuk memakan Diane 35 ini.

      Jadi saran saya, kalau untuk urusan siklus menstruasi..apalagi jika belum menikah..maka lebih baik konsul dulu ke dokter kandungan. Untuk menghindari efek di kemudian hari.

      Hapus
  75. mbak dewi,saya mau tanya.saya mengonsumsi pil diane, tapi kok dr payudara saya ketika dremas keluar asinya ya.. padahal saya tidak hamil dan baru slesai mens 2hari yg lalu. trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuh Mabk..kalau yang aneh2 gini mending ke Dokter Kandungan/Bidan saja ya nanyanyaa.

      Saya hanya bisa ngasih masukan kalau saya sendiri mengalaminya..

      Hapus
  76. Mba Dewi mohon infonya,
    waktu mens bulan april adalah pertama kalinya saya minum pil diane35, sampai dengan pil ke 15 kok ngeflek terus yah mba?
    jadi bingung & karena takut akhirnya saya hentikan, lalu ngeflek lebih banyak selama 7 hari "itu saya rasa mens, karena tidak minum pil lagi".
    sisa 6 pilnya gak saya minum lagi sampai sekarang mba.
    apakah ngeflek terus itu artinya gak cocok minum diane35 mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Mbak...aku gabisa jawab...

      Kalau aku belum pernah ngalami..aku gabisa kasih masukan.
      Lebih baik ke Dokter Kandungan/Bidan saja

      Hapus
  77. mbak tgl 19 kmrn hrusnya jatuh tempo suntik kb 3bulaku nah q maw pindah ke diane 35 apa langsung minum saja gag pake ngu haid?dan sebulan lg anakq baru disapih apa gag pa2 jika q lanjutkan minum pil kb ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak..kalau perubahan metode begitu lebih baik konsultasi ke dokter atau bidan.
      Satu hal yang pasti, diane ini tidak cocok untuk ibu menyusui. jadi kalau sudah tidak menyusui lagi, baru pakai pil.
      Untuk mulainya kapan..ya itu tadi...lebih baik konsultasi ke Bidan dulu

      Hapus
  78. Mbak mau nanya sy kn minum pil diane 35 baru pertama kali, yang bulan sebelumnya tanpa menggunakan kontrasepsi. saya pertama kali minum pas hari pertama mens selalu minum rutin jm 8 mlm meski kadang selang beberapa menit, lha kemarin pas pil hr ke 14 saya lupa minum dan baru ingat jm 4 pagi langsung saya minum pil hr 14 tersebut, tetapi malam hari ke 14 tersebut saya melakukan hubungan sekitar jm 10 mlm. menurut mbak apa masih aman ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah aman Mbak...pertama karena keterlambatan minum masih dalam 12 jam dan kedua hari ke-14 itu berarti minggu kedua. kalau mau yakin...utk hubungan selanjutnya pakai pengaman tambahan aja Mbak..misalnya kondom atau coitus..

      Hapus
  79. MBAK DEWI MOHON INFONYA
    saya beberapa bulan ini tidak kb karena memang suami saya kerja d luar kota jadi saya hanya pakai kb kalo suami saya pulang. waktu lebaran ini suami saya pulang tgl 31 juli kebetulan saya pingin mencoba kb diane berharap selama suami pulang saya tidak pada keadaan haid. pada tgl 28 juli ternyata saya mens dan dan pada hari pertama haid itu saya minum pil kb diane. hari pertama minum cuma keluar darah coklat tetapi masuk hari kedua sampai hari ke 8 lebih keluar daarah merah banyak dan sampai sekarang hari masuk ke minggu kedua saya masih keluar darah merah.
    apakah saya tidak cocok dengan pil kb diane ini,bagaimana solusinya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak..kalau pertanyaan seperti ini, saya gabisa jawab Mbak, karena saya belum pernah mengalaminya. lebih baik konsultasi ke bidan atau dokter kandungan.
      Maaf tidak bisa membantu yaaa

      Hapus
  80. mba dewi yg baik hati,saya mau tanya,mungkin mba pny pengalaman yg sama saya selalu rutin dan disiplin meminum pil,mens jg selalu teratur,bulan ini di hari ke 9pil saya sengaja tdk minum pil karena suami ditugaskan ke luar kota dan baru kembali bln februari,ternyata suami akan pulang lbh cepat yaitu bulan oktober,dan saya sudah tdk minum pil selama 5 hari trs saya mens yg jaraknya hanya 9hari dari mens sblmnya selesai yg artinya bulan ini saya mens 2 kali.pertanyaan saya menurut mba saya teruskan lg pilnya berarti malam ini saya minum 6pil lalu pada saat mulai paket berikutnya tdk dijeda.atau saya stop saja dan mulai di hari mens pertama bulan september?tp saya takut bulan september saya tdk mens berhubung siklus yg kacau di bulan ini.terimakasih banyak mba sharingnya,mdh2n kebaikan mba dibalas pahala yg berlimpah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduuh..maaf baru baca komennya dan baru respon sekarang. moga2 tidak telat.
      jadi waktu saya diskusi terakhir dengan dokter kandungan, disampaikan bahwa efek pil KB itu sifatnya harian. Artinya, jika sampai terlambat atau sengaja menghentikan minumnya maka efek perlindungannya akan hilang.
      Jadi saran saya, pil KB yang kemarin dihentikan itu ga usah diteruskan. Tapi nanti mulai lagi jika mens bulan september. Insya Allah bulan september akan tetap mens tapi mungkin mundur jauh..menyesuaikan dengan yg mens terakhir.
      Kalau sampai awal oktober masih belum mens, mungkin perlu konsultasi dengan bidan kapan bisa dimulai minum pil KBnya (tanpa nunggu mens)

      Hapus
  81. salam kenal ya mb.mb dewi saya mau tanya...tgl 12 september kemarin jadwal suntik kb 3 bulanan tp karena sampai di bidan obatnya habis sy tdk jd suntik..kemudian tgl 13 september saya beli diane 35 dan saya meminumnya pukul 17.30...sy tidak menunggu haid pertama saya krn selama kb suntik sy tidak pernah haid..minum pilnya jg tidak melihat hari ..sy minum pada garis yg bawah panah pertama pil pada tulisan selasa... pd hal tgl 13 sep itu hari jumat...trus malam harinya saya melakukan hubungan...kira-kira sy melakukan kesalahan tidak minum pil tidak sesuai dengan nama hari...krn kebetulan suami sy br pulang dari luar kota...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya Mbak..saya gabisa ngasih jawaban yang pasti. kalau yang seperti ini sebaiknya konsultasi ke Bidan atau Dokter Kandungan tempat biasa suntik. Jadi jawabannya bisa lebih menjanjikan.

      Saya bisa jawab kalau pas dengan pengalaman sendiri, sementara saya ga pernah berKB suntik.

      Maaf yaaa

      Hapus
  82. mba saya bru aja pnya ank usianya 4 bulan saya berencana menggunakan pil kb yasmin tp saya belum haid aj mba semntra kalo yg saya tau mnggunakan pil kb yasmin prtma kali hrs pd saat hari pertma haid,,,trus apakah yasmin perpengaruh terhadap asi..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi Mbak Puji, pil KB yasmin maupun diane 35 tidak direkomendasikan buat ibu menyusui karena pasti akan mengurangi produksi ASI.

      Saran saya, kalau memang masih menyusui ya jangan pakai Pil KB, atau tanya ke dokter kandungan pil kb apa yang cocok untuk ibu menyusui.

      Hapus
  83. Mba, kok aku disaranin minum pil nya setelah haid selesai ya..? aku mulai minum hari selasa strip paling atas, dan pil terakhir jatuh hari sabtu, kt bidannya pas pil terakhir nanti itu saya akan mens dan akan libur minum selama 7 hari, tapi masih ada sisa pil yg tidak terminum nanti, yaitu hari minggu dan senin, karena saya mulai hari selasa.. yg saya bingung, kalo kata mba kan mulai minum di hari pertama mens ya, tapi bidan saya malah menganjurkan setelah bener2 bersih dari mens..mana yg betul ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya berdasar brosur Mbak.

      Coba dibaca2 lagi brosurnya. Sdh bahasa Indonesia kok.. Jadi saya pikir gaakan susah mengertinya.

      Hapus