Kamis, Februari 24, 2011

Olahraga Dan Usia

Terus terang, berita tentang kematian mendadak Adjie Massaid membuatku ketar-ketir (kalau gamau dibilang ketakutan). Terutama karena dihubungkan dengan kegiatan futsal yang dilakukan Almarhum sore sebelumnya. Lalu media berlomba-lomba menayangkan siapa saja orang terkenal yang meninggal setelah olahraga berat.

Dan aku sendiri juga pernah dengar bahwa ada rekan suamiku yang pernah tersungkur sesaat setelah dia main bola dan serangan jantung membuat tidak bangun lagi. Sigh...

Aku sungguh kawatir, usia orang-orang yang mengalami masalah itu hampir semuanya diawal 40 tahun dan suamiku sudah memasuki 40 tahun.

Bagaimana tidak, main bola adalah kegiatan favorit bagi suamiku. Dan olahraga kompetisi seperti itu pasti pengennya menang. Kalo seperti itu pasti mainnya ngoyo dan tidak peduli pada kemampuan yang sudah menurun seiring usia yang bertambah.

Semua olahragawan akan pensiun ketika usia sudah lewat 30an dan pasti berhenti main profesional. Aku berargumen seperti itu agar suamiku mencari jenis olahraga lain yang tidak melibatkan kompetisi. Namun suamiku justru mengajukan contoh striker utama Timnas, Gonzales, yang masih main profesional saat umurnya sudah 38 tahun.

Selain itu suamiku juga berargumen bahwa para orang terkenal itu tidak berolahraga rutin sedari muda. Hey..setauku Adjie bahkan ikut klub profesional saat dia di Belanda dulu (CMIIW)...

Ah, suamiku sama sekali tidak terganggu dengan berita yang santer beredar itu. Bahkan ketika ada kompetisi futsal di tempat kerja suamiku, beliau malah jadi top scorer..

Ya sudahlah..mungkin ketakutanku memang tidak beralasan. Walaupun aku tidak minta beliau berhenti sama sekali, tapi agar mengukur kemampuan untuk olahraga kompetisi seperti itu.

Dan juga, umur adalah milik Allah sepenuhnya bukan...berserah diri sajalah...

2 komentar:

  1. Berserah diri ... itu kata kuncinya bu ...

    Dan juga ...
    Berikhtiar dengan hidup yang seimbang

    salam saya Bu Dewi

    BalasHapus
  2. hihihi, aku belum kecipratan hadiahnya nih....traktir lontong sayur pojokan dong...bilang mas agus ya...hehehe

    selamat deh, besok2 parents day, ngajar anak2 futsal aja ya mbak ....asiiikkkk

    BalasHapus