Senin, Maret 14, 2011

Klarifikasi Pertanyaan Atas Diane 35

Inilah susahnya ngeblog hanya untuk catatan pribadi tapi mengandung informasi umum. Sebagai catatan pribadi, aku tidak selalu membaca semua komen yang masuk dan menanggapinya. Seringkali hanya membaca komen-komen ditulisan terbaru dan ga sadar sama sekali bahwa ditulisan yang lalu banyak yang bertanya dan membutuhkan jawaban.

Seperti tulisanku tentang Lebih Lanjut Tentang Diane 35, ternyata banyak sekali yang menanggapi dan akhirnya bertanya di artikel tersebut. Seharusnya, ketika tau bahwa artikel itu punya hit tertinggi dalam blogku ini, mestinya sering-sering dilihat untuk ngecek, mungkin saja ada pertanyaan atas tulisanku itu.

Eniwei, berhubung butuh banyak penjelasan dari semua pertanyaan itu, maka lebih baik kutulis terpisah daripada menjawab di kolom komentar.

Aku mau menjawab dan sekalian klarifikasi:

  1. Aku memakai Diane ini bukan anjuran siapa-siapa, pilihanku sendiri setelah menimbang-nimbang dari semua pilihan kontrasepsi. Dan pas saat ingin memulai, CS Diane menelpon (setelah sebelumnya aku SMS ke hotline) dan menjelaskan cara pemakaiannya yaitu pada hari pertama Mens. Disamping itu, siklus mens dimulai dari hari pertama mens (ini sudah ilmunya). Lagipula, hari pertama mens itu selalu pasti tapi saat mens berakhir bisa berbeda2 setiap bulannya, jadi bisa dipastikan bahwa siklus awal mens adalah hari pertama mens. (semoga bisa menjawab pertanyaan kapan harus mulai..kalau masih belum yakin, lebih baik konsultasi ke dokter kandungan saja)
  2. Tentang toleransi 12 jam, aku juga sudah tanya ke dokter kandunganku, selama masih dalam rentang 12 jam maka masih belum dianggap terlambat minum. Jadi kalau lewat 5 - 10 jam..masih aman dan tidak perlu penanganan khusus.
  3. Mengenai terapi hormon dengan pil KB ini..waah...kalau itu mestinya tanya dokternya. Cuman kalau logikaku si karena pil itu memang mengatur hormon estrogen dan progesteron sehingga pas dan dianggap cukup menipu siklus alami tubuh, mungkin saja penggunaan pil KB, tujuannya agar hormon seimbang sehingga tubuh pun bisa merespon keseimbangan itu dan sel telur akan terbiasa dengan siklus yang standar. Biasanya kan kalau hormonnya ga pas, siklus mens jadi lompat-lompat dan susah ditentukan perualangannya. Jadi kapan sel telur matang menjadi susah diperkirakan.
  4. Mengenai jerawat berlebihan setelah memakai pil ini...aku gabisa menjawabnya karena aku ga jerawatan dan setelah pakai pil ini juga tetap ga bermasalah. Mungkin lebih baik ditanyakan ke dokter kandungan saja (atau dokter kulit ya...:D).
  5. Untuk pengalaman telat di minggu ketiga, waktu itu untuk kasusku aku berhentikan saja minumnya (karena dompetku ilang dicopet dan pil sisa adanya disitu :D) dan memulai lagi dari awal yaitu saat hari pertama mens. Jadi aku tidak mengikuti apa yang disarankan di brosurnya. Mens berikutnya muncul sama seperti jadwal kalau pil habis. Aku pikir, kalau sampai hari kelima belum mens juga mungkin karena stres (kepikiran hamil atau engga ya :D) dan ini sering juga kualami, kecapekan...atau tubuh masih adaptasi dari hormon yang diminum berurutan dalam 2 bulan tanpa berhenti. Intinya, minggu ketiga ini adalah minggu paling aman bagi para pil KBers....:D
  6. Ada pertanyaanya dari Ditta tentang telat minum di minggu I. Jadi gini hitungan minggu pertama adalah saat minum pertama kali pil KB. Jadi jika kita sudah berada di bulan kedua atau ketiga minum pil ini maka awal minum pil bukan berarti adalah hari pertama mens. Jadi jika pil yang diminum masih dalam 7 deret pertama itulah minggu pertama. Misalkan mens hari senin dan jadwal minum pil pertama adalah hari Kamis. Lalu hari minggu lupa minum pil, maka hubungan yang dilakukan dari hari senin sampai minggu harus diwaspadai...karena mungkin saja sudah conceive. Dan 7 hari selanjutnya harus melakukan pengamanan tambahan.

Disclaimer: Aku mencoba menjawab ini bukan karena aku ahli atau bagaimana, tapi karena yang aku alami selama ini ya seperti ini. Sepanjang memahami dan melaksanakan dengan benar petunjuk pada brosur, insya Allah hasilnya lebih terprediksi dan memudahkanku untuk berKB. Semuanya akan lebih meyakinkan kalau kita berkonsultasi dengan yang lebih ahli yaitu Dokter Kandungan.


UPDATE:
19 Februari 2015

Berhubung page ini banyak dijadikan rujukan, saya mau update kondisi terkini.  Saya sudah ga pakai Diane 35 atau Yasmin lagi sejak Oktober 2014.  

Pertama karena memang sudah 7 tahun pake pil KB.  Sesuai penjelasan dokter kandungan dan hasil browsing, memang pil KB perlu dihentikan sementara atau ganti alat kontrasepsi setelah 7 tahun.  Saat ini belum pakai alat kontrasepsi apa-apa karena dulu memutuskan pakai pil KB dengan banyak pertimbangan.  Rencananya setelah 1 tahun jeda, saya akan pakai pil KB lagi.  Masalah merek atau jenisnya, nanti saya akan konsultasikan dengan dokter kandungan karena saya sudah menjelang menopouse.  Ada pil KB khusus untuk orang-orang yang menjelang menopouse tapi harganya luar biasa.  Entahlaah...masih Oktober nanti...

Kedua karena beberapa bulan terakhir sebelum berhenti, tekanan darahku naik tinggi sampai 190/110.  Makan sudah diatur, olahraga tiap hari (biarpun cuma joging di treadmill 20 menit dan yoga), kopi berhenti...pkoknya berusaha hidup sehat deeh.  Tapi ternyata tensi masih tinggi.  Sekitar bulan September 2014 (sebulan sebelum waktunya berhenti), saya baca artikel bahwa hipertensi juga bisa disebabkan pemakaian pil KB.  Saya lanjutkan dengan baca brosur di box pil KB, ternyata memang demikian.  Jika terjadi hipertensi maka pemakaian harus dihentikan.  

Yaa..karena memang waktunya berhenti dan saya juga kena hipertensi, maka akhirnya saya berhenti pakai.

Sebagai peringatan buat para pemakai pil KB, jangan lupa untuk selalu konsultasi dengan dokter kandungan/bidan untuk pemakaian pertama, dan jangan malas untuk baca brosur yang selalu disediakan disetiap box pil KB.  Hal ini akan membantu jika terjadi hal-hal yang diluar kebiasaan.

52 komentar:

  1. Salam kenal mbag , nama saya bunga . Saya memakai diane ketika akhir menstruasi . Tp 1 hari sblumx ktika saya mens saya melakukan hubungan .
    Setelah memasuki hari ke 10 saya mengkonsumsi diane saya telat minum smpeg 15 jam . Dan 2 jam sebelumx saya berhubungan juga . Apakah bisa mengakibatkan kehamilan .

    Mohon di bantu pencerahannya mbag . Terima kasih

    BalasHapus
  2. hadew....rumit sekali ya....
    sebaiknya tanya ke dokter kandungan de...

    kalau setauku ya..siklus mens yg normal itu 28 hari dihitung dari hari pertama mens.
    masa subur setengahnya ditambah 1 hari sebelum dan sesudah. jadi hari 14-17 setelah mens itu masa paling subur.
    Nah..sperma sendiri bisa bertahan 2 hari di dalam rahim (atau ketika berenang menuju sel telur).

    jadi dulu sebelum pakai pil KB, biasanya saya akan pakai pelindung (kondom) pada hari 12-19 setelah mens. jadi cari aman saja karena saya anggap, pada hari2 itu bisa saja concieve kalau ga ada perlindungan.

    Kalau pake pil KB saya pikir juga sama. siklus mens tetap diitung dari hari pertama mens. jadi itung saja satu hari sebelum minum pil KB itu berapa hari setelah mens dan hari ke 10 itu berapa hari setelah mens.

    kalau masuk selang 12-19 ya bisa saja ada kemungkinan hamil. terutama jika masuk hari 14-17...

    ckckck...serasa ahli siklus saja...

    untuk lebih yakinnya..tanya ke dokter kandungan saja de

    BalasHapus
  3. aku baru mo coba tapi aku bingung pilny cuma ada 21 jd kalo pas mens di minum gak pilnya and bagaimana menandai kalo kita mau mens??? bingung nih so yg ku tau pil kb ada 28 pil tolong kasih masukan dong????

    BalasHapus
  4. Buat Mba Nur. jadi mba nur..coba baca dulu yg ini http://coratcoretkuaja.blogspot.com/2009/03/lebih-lanjut-tentang-diane-35.html

    Jadi pertama kali minum adalah HARI PERTAMA MENS.
    setelah 21 hari minum pilnya maka ada jeda 7 hari kosong ga minum pil sama sekali. Dimulai lagi setelah hari ketujuh, selesai ataupun belum menstruasinya.
    untuk pil yg isi 28 itu berarti 7 pil lainnya adalah placebo (kosong, ga ada isinya, paling salut gula saja). biasanya placebo digunakan agar kita tidak lupa minum pil kb, kan kalau berhenti 7 hari bisa jadi lupa untuk memulai yg pertama lagi, makanya ada placebo.Dengan placebo (28 pil) jadinya kita ga pernah ga minum pilnya,habis 28 langsung minum lagi strip yang baru

    semoga membantu

    BalasHapus
  5. Mba dewi mau tanya.. klo ak minumnya bukan hari pertama mens.. jd karena gk tahu.. ak minumnya hari biasa...
    ( baru tadi mlm pakainya.. )
    itu dilanjut atau tunggu sampai hari pertama mens??

    BalasHapus
  6. Trima Kasih untuk penjelasannya sangat bermanfaat buat saya yang baru akan memulai minum diane, seblmnya saya pake microgynon.

    BalasHapus
  7. mba, mau tanya..
    kan ada jeda 7 hari gak minum pilnya, biasanya 7 hari kosong itu mens dateng, tp kl mens blm dateng d hari yg 7 itu kl berhubungan suami istri boleh apa g? aman g tuh mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Oky, pengalaman saya, 7 hari kosong itu selalu mens-nya datang.
      Nah perkara berhubungannya, saya pikir, selama nanti pil yang baru ga terlambat minum, maka insya Allah aman-aman saja.
      Kalau berdasar petunjuknya, apabila terlambat minum pada minggu pertama, maka perlu diwaspadai hubungan yang dilakukan sebelum itu.

      Coba baca http://coratcoretkuaja.blogspot.com/2009/03/lebih-lanjut-tentang-diane-35.html

      Hapus
  8. mau tanya nich.pil kb diane ku habis hari senin,19-3-12. sampai saat ini (jumat,23-3-12) kok aku blm dapat mens yaaa???jadi kawatir nich.padahal wktu aku minum pil kb diane pertama kali ya waktu hari pertama mens.

    bantuannya yaaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak, gimana perkembangannya? maaf ga respon cepet yaaa...lagi lemot nii netnya..

      Sekarang aku berpikir gini aja Mbak...asal kita sudah berusaha tepat waktu dan ga telat minum, kalau ternyata mens-nya diluar perkiraan..ya ikhlas saja. Ga usah terlalu cemas.

      Memang di brosurnya juga sudah dibilang, kalau pil ini tidak menjamin 100% bebas hamil.

      Jadi kalau ternyata sudah berusaha semaksimal mungkin ternyata tetap hamil, ya berarti Yang Maha Kuasa percaya kalau kita mampu punya anak lagi...

      Heheheheh...saran saya ga mbantu ya..

      Hapus
  9. mb. .aku mulai minum d hr k 2 mens, biasany aku mens plg lama 10 hr, kl udh slsai mens aku berhubungan tp gk prnah telat minum pil ny kira2 bs hamil gk y? Mengingat itu masa2 subur y. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di buku petunjuknya bisa dimulai diminum pada hari pertama mens atau 2-5 hari setelah mens. Jadi mungkin kasiat hormonnya sudah berlaku, asal tidak pernah terlambat.

      Perlu diingat juga bahwa pil KB ini tidak menjamin 100% bebas hamil yaaaa....

      Hapus
  10. maaf mba, aq ikutan nanya,
    pas kita sudah selesai jeda 7 hari gk minum pil lalu dimulai minum lagi pas hari ke 7 nya apa besoknya
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besoknya mbak. Karena 7 hari itu yg benar-benar kosong, jadi siklusnya tepat 28 hari.

      Hapus
  11. mbak kl saya dulunya pake spiral nova t dan selama pemakaian 2 tahun spiral haid rata-rata hampir 3 minggu, kemudian saya memutuskan untuk membuka spiral ke dokter kandungan dan disarankan untuk meminum pil diane. permasalahannya saya mulai minum pil diane bukan pada waktu haid dan dokternya bilang saat pertama minum dianggap hari pertama haid, tapi setelah 15 hari minum pil hari ke 16 saya mulai haid. Apakah saya harus melanjutkan sisa pilkb?? atau saya memulai dengan strip pil kb pada saat masa siklus haid?? mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya Mbak, saya tidak bisa menjawabnya. lebih baik ditanyakan saja ke dokter yang menyarankan.

      Hapus
  12. Mba dewi.. Alia mau tanya dong, jadi ketika interval /jeda 7 hari kita ga mnum pil diane,kita masih bisa berhubungan ga mbak? soalnya siklus saya persis sama sperti mbak dewi,pasti hari k3 baru mulai mens,jd kan msh ada waktu 3 hari tuh mbak untuk brhubungan..hhe.dan saya ga pernah lupa minum pilnya..
    terus.. ketika mulai minum pil lagi,yaitu pada hari k 8 stelah pemberhentian minum strip yg prtma,kita langsung bisa berhubungan ga mbak ?atau perlu mnum 2/3 hari sblm berhubungan seks lagi..
    Mohon bantuannya ya mbak dewi.. trims :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah, kalau ga pernah telat, kapanpun berhubungan 99% akan aman.

      heheheh..saya ga jamin 100% karena di brosur pil KBnya juga begitu kok...

      Hapus
  13. Mba, kalau telat minum tapi mens apakah pilx dilanjutkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh Mbak..maaf saya gabisa jawab.

      Setau saya, kalau telat minum kan harus langsung minum kapanpun saat ingat itu. nah, kalau saya mens itu hanya terjadi 3-4 hari setelah pil saya sudah habis.

      Kalau saran saya, coba aja diminum semua pilnya sesuai jadwal, biarpun ketika masih ada pil tapi sudah mens, trs berhenti 7 hari dan mulai lagi hari berikutnya. Mungkin setelah rutin seperti itu, jadwal mens akan mengikuti jadwal pilnya.

      Hapus
    2. Mbak aku mau tanya. Kemarin aku baru beli pil kb aku lupa taruh didepan tv. Ternyata dibuat mainan anakku (umur 1tahun cow). Pil nya lobang2 hilang 2. Tp ketemu satu tk tau lubang yg mn yg ketemu..jdny yg ktmu dlu yg ku minum. Trus kn kurang satu nih. Dulu mb dewi pernah ilang g?cr nanganinya gmn ya? Trus klo tyt yg ilang itu ketelan anakku gmn ya?

      Hapus
    3. Mbak, tulisan nama hari di PIL KB itu sebenarnya hanya untuk mempermudah pemakaian saja. Jadi kalau ternyata akhirnya malah tulisan hari sama kenyataannya berbeda, ga apa-apa. Yang penting jangan sampai lupa kalau tiap hari harus diminum.

      Kalau akhirnya hilang satu, saya pikir ga akan apa2. Pernah pil saya hilang ketika masih ada sisa 5 pil. Akhirnya karena berhenti minum, tiga hari kemudian saya mens (seharusnya kalau 5 pil itu saya minum kan saya mens 8 hari kemudian). Saya mulai lagi minum pil KB, 7 hari setelah terakhir minum pil.

      Kalau Mbak Lidya berarti nanti akan maju sehari jadwal minum pilnya.

      Kalau ketelan anaknya hanya sekali, saya rasa tidak akan berpengaruh. PIL KB ini akan mempengaruhi hormon jika rutin diminum sesuai stripnya.

      Lain kali hati-hati saja biar ga terulang.

      Hapus
    4. mba saya belum menikah dan disarankan minum pil diane oleh dokter karena haid tidak teratur, namun dokter tidak menjelaskan setelah habis 21 pil ada masa istirahat 7 hari, jadi setelah habis saya lgsung minum box yang kedua, sekarang dokter menyarankan saya untuk istirahat 7 hari dan memberi kesempatan untuk haid, bagaimana menurut pengalaman dan sepengetahuan mba meminum 2 box diane tp masa istirahat 7 hr itu? berbahaya gak ya mba? sekarang saya sedang fase stop hari pertama dan haid belum datang. terimakasih mba :)

      Hapus
    5. Mengenai bahaya atau tidak secara medis, saya ga tau ya mbak.

      Cuman, saya pernah berencana untuk tanpa jeda minum terus pil kb pas puasa romadhon dengan harapan saya bisa puasa full satu bulan. Tapi teman yang pemahaman agamanya kuat, tidak menyarankan itu karena secara prinsip, mens adalah membuang darah sisa yang ada di rahim jadi seyogyanya darah itu tetap dibuang sesuai kodratnya. Jangan direkayasa hanya untuk menambah ibadah, toh secara agama juga sudah dimudahkan ketika mens.

      Kalau menurut saya sendiri, kalau cuma sekali saja minum pil tanpa jeda, saya pikir tidak akan apa-apa, apalagi karena memang tidak tau.

      Semoga lancar ya mbak...

      Hapus
  14. Mba saya mau tanya, saya minum pil hanya 20 hari, karena 1 pil terakhir hilang..kemudian 2 hari kemudian saya berhub dng suami, apakah itu masih aman?, terima kasih infonya ya, sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya aman..saran saya untuk strip berikutnya...pastikan berjarak 7 hari dari terakhir minum pil. Atau bisa dimulai lagi saat awal menstruasi.

      Hapus
  15. mbak aq baru mau nyoba pil diane nih.., skrg lg mens tp dh lwt hari pertama.
    kalo minumnya pas haid hari ke-5/ke-6 boleh gak ya..? soalnya kalo nunggu siklus mens bulan depannya lg kelamaan. Kasian misua :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepanjang yang saya baca di booklet, pemakaian pil pertama bisa sampai hari ke 5 menstruasi.

      Ya..jangan lebih dari hari kelima itu ya

      Hapus
  16. mbak nanya juga.,.,aq baru beli pil diane jg.blum tak minum, krn sebelumnya aq pake pil andalan 28hari. inginku pindah pil gt.kmaren hari trakhir aq minum pil 28 hari.brrt hari ni aq kosong (jdwal mens).trus menurut mbak gmn???
    kpn aq minum pertama pil dianenya??
    pa tak tnggu 7 hari terhitung hari ini dlu
    ato hari" besok pas aq mulai dpt mens???
    tolong bantuannya.,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak..kalau pindah dari pil yang 28 hari aku gatau mbak..walau secara logika ya berarti kalau 28 pil itu sudah habis ya langsung dilanjut Diane langsung...28 pil itu kan sudah 7 placebo (kalau di Diane ya waktu kosong itu)

      Untuk amannya lebih baik mulai aja pas hari pertama mens..(hari 1-5 mens)

      Hapus
  17. mba dewi, aku mau tanya dong..
    aku baru pertama kalinya minum pil diane 35.
    aku minumnya di hari haid ke-4 (aku haid 5hari) itu masih efektif kah kerja pil nya?
    terus aku minum sampe pil ke-7 aku berhubungan, lalu aku teruskan sampai pil ke-16.
    setelah itu aku hentikan karena aku gak tahan mualnya, lagipula suamiku lagi tidak ada (jadi tidak ada hubungan juga), jika aku hentikan pil tersebut tidak masalah kan? selama aku tidak berhubungan lagi.
    mohon infonya ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. seharusnya ya masih efektif karena sesuai petunjuk bisa di hari 1-5.

      kalau lihat jadwal pake sampe berhenti..sepertinya masih aman...(semoga yaa...) saya ga mastiin lo ya

      Hapus
  18. mbak saya haid tanggal 30 november dan slsai 5 desember . Trus saya baru awal pakai microgynon .saya mulai pakai tanggal 9 desember saya mulai dari bidang biru .trus sampai sekarang tanggal 5 january aku blum jg haid .padahal q udah sambung lg obat baru . Pa karna q salah pakai ya mbak . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya mbak..saya gabisa jawab..soalnya ga pernah pakai microgynon

      Hapus
  19. Dear mb dewi, sy sdh pake dIane 35 udh bbrp tahun yg lalu.biasanya selalu on time minumnya.permasalahan sy skrg seperti ini, seharusnya sy minum obatnya hari selasa pagi namun sy kelupaan dan berlanjut ampe jumat pagi ini dan baru nyadar.apakah sy hrus minum pil tuk 4 hari yg sdh lwt itu atau bagimn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya ya mbak...bisanya hari keempat setelah terakhir minum pil itu biasanya langsung mens. menurut saya..lebih baik ditunggu sampai mes..baru kemudian mulai lagi dari awal pas hari pertama mens.

      Kalau dibrosur biasanya cuma memberi arahan kalau 2 hari kelupaan minum pil KB.

      Jadi yaaa..tunggu aja sampai mens lagi aja deh..baru mulai lagi.

      Hapus
  20. Mba Dewi, saya minta pencerahannya dong mengenai pil diane ini.
    anak saya sudah berusia 4,5bulan. tapi saya baru mau ber-kb nih, bingung pilih kb yang banyak macamnya. dan akhirnya saya beli diane35. Tapi saya gak tau aturan minumnya.
    Dalam catatan mba dewi diatas, diane diminum pada hari pertama mens. maksudnya diminum terus sampai habis 21 pil yah mba?
    dan saya baca dari sumber lain, katanya setelah habis 21 pil, lalu tidak minum diane selama 7 hari, dan hari ke 8 minum kembali diane yg baru. apakah betul seperti itu?
    Tolong bantu jawab yah mba, diane yang saya beli belum saya minum sama sekali, karena gak ngerti aturan minumnya. tanya ke bidan katanya diminum setelah mens sampai habis 21 pil lalu beli lagi untuk hari selanjutnya. tapi di mbah google diminum sejak hari pertama mens, lalu berhenti 7 hari, lalu minum lagi di hari ke 8 dengan diane yang baru. mana yang betul yah mba??
    terima kasih sebelumnya mba dewi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak..coba baca tulisanku yang ini http://coratcoretkuaja.blogspot.com/2009/03/lebih-lanjut-tentang-diane-35.html

      Tahun ini adalah tahun ke enam aku pakai Pil KB. Tiga tahun pertama pakai Diane35, berikutnya aku pakai Yasmin...prinsip pakainya sama aja kok.

      Kalau berdasarkan petunjuk pakai di leaflet-nya. Pertama kali minum pil ini bisa dimulai dari hari pertama mens sampai hari kelima. Diminum sampai pilnya habis (21 hari), selanjutnya kosong selama 7 hari dan hari kedelapan dimulai lagi strip selanjutnya.

      Itu petunjuk dari leaflet yg ada di box pil KBnya ya Mbak. Dan selama ini aku selalu ngikutin itu siiih.

      Semoga bisa tercerahkan :)

      Hapus
    2. mba q mau tnya q jg pkai pil diane,tp q msh bgung gni misal q minum pil kb hri jumat full 21hri!nah kosong 7hri tp trnyata q dpt haid dihri rabu brarti q lgsung mnum hri rbu ne kan atau tggu smpai jumat?karna wktu pil yg strip ptama mnum jumat?thx

      Hapus
    3. Kalau minum pertama kali..maka sesuai petunjuk adalah hari 1-5 mens. tapi untuk strip berikutnya, 7 hari setelah pil yang terakhir.

      Kecuali kalau Mbak memang berniat mau geser hari...maka minum pilnya bisa dari hari pertama mens yg rabu itu atau paling lambat ya jumat itu.

      Hapus
  21. mba mohon bantuanya, sy baru pertama memakai pil kb diane baru 1 pil tadi malam. sy ikuti petunjuk apoteker katanya dipakai stelah mens terkhir, kebetulan waktu itu saya selesai mens pada hari ke 7. tp selteah liat artikel mb dewi, ak jd was2 apakah pil yg tdk sesuai dipetujuknya yakni diminum pas pertama mens ato maksimak pada hari ke 5 mens tdk berpengaruh pd tubuh? trus klo sdh terlanjur baiknya diminum bagamaina?trimaksih atas bantuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah..maaf Mbak...saya ga ngerti niih kalau gini.

      coba ditanyakan ke dokter kandungan atau bidan saja.

      Hapus
    2. Mom. Aku juga gitu. Kemaren pake Yasmin kebiasaan pake d hair pertama setelah men's berhenti. Akhirnya Diane 35 d pakein style yg sama. Ga taunya telat sampe 2 mingguan. Kapok asal minum aja.

      Hapus
  22. Mba aku mau tanya nih, aku selama ini rutin minum pil KB diane35 itu aku ga tau aturan pakainya kalo harus dijeda 7hari, sekarang aku sudah memasuki minggu k3 atau sudah kestrip yg k3,, jd slama trus minum pil itu aku ga mens, apakah bahaya atau aku harus lgsg berhenti minum pil itu agar lgsg mens ??? Tlg infonya ya mba dewi* mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut saya..jangan langsung berhenti. Habiskan saja satu strip itu. Setelah itu jangan lupa untuk jeda.

      Saya kurang tau bahayanya, hanya saja..kata ustadzah yang saya kenal, menstruasi itu kan cara Allah untuk mengeluarkan darah yang dianggap kotor. Jadi alangkah lebih baik jika siklus alami tetap dijalankan.

      Hapus
  23. mba sya mau tanya,,, saya berjerawat dan belum menikah,,, kalo saya pake diane 35 ini gimana? trus kalo minumnya di hari pertama mens itu apakah hari kedua dan selanjutnya juga masih mens atau berhenti? aku bingung,,,,mohon dijawab ya mba :) mksh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak..kalau mau baca yang ngasih komen disini, Mbak bisa lihat..ada dua laki-laki yang menggunakan diane 35 utk treatment jerawat. itu atas saran dokter loo.

      jadi..laki-laki aja bisa pakai pil kb maka yg belum menikahpun juga bisa. Namun tentu saja akan ada efek samping. Lebih baik Mbak tanya ke dokter, efek sampingnya apa saja (kalau mas2 yg pakai, dadanya jadi membesar).

      Mengenai kapan pakainya, maka bisa dimulai hari pertama mens sampai hari kelima. jadi walau mens belum berhenti silahkan pakai saja asal dalam selang hari 1-5.

      Semoga membantu

      Hapus
  24. Gooogling ttg diane akhirnya ktemu blog ini.. mau ikutan nanya ya mba.. mulai minum gmn ya? Apa bebas dr mana aja disesuain sm hari saat kita minum ato dimulai dr pojok kiri atas? Aq bingung hbs liat kemasannya mo mulai di hari apa

    BalasHapus
  25. Mbak sy mau tanya. Sy make pil kb diane 35.satu hari pemakaian terakhir sy lp terlanjur berhubungan dg suami. Aman gaaa yaaa ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah amaan...tapi tetetp aja pilnya diminum yaa

      Hapus
  26. Mbak sy make diane 35 ... stlah 1hari pemakaian terakhir sy lp terlanjur berhubungan dg suami. Aman gaaa yaa???

    BalasHapus
  27. Mbak sy make diane 35... setelah 1hari pemakaian terakhir sy lp terlanjur berhubungan dg suami. Aman gaaa yaaa ????

    BalasHapus