Senin, April 09, 2012

Javas - 8 Tahun


Tanggal 30 Maret lalu Javas berumur 8 tahun..  Anak yang sangat spesial buatku.  Umurnya yang hanya beda 14 bulan dengan kakaknya bisa jadi gambaran bahwa selain menjadi anak kedua yang bagaimanapun selalu jadi nomer 2 di rumah, selalu saja dia kalah bersaing dengan kakaknya yang memang mendominasi.  Dia selalu jadi follower di rumah dan akibatnya di sekolahpun dia jadi follower.

Saat belum PAUD dulu, dia selalu menguji kami dengan tantrumnya yang membuat kami sering kehabisan akal.  Saat PAUD (KB dan TK), kami disibukkan dengan sifat introvertnya yang pernah membuat suamiku berpikir bahwa Javas adalah anak berkebutuhan khusus (autis). 

Lalu ketika Javas mulai pendidikan dasarnya dengan kemampuan membaca yang minimal sehingga ketika kenaikan kelas, wali kelasnya mewanti-wanti agar kami lebih berupaya keras memotivasi Javas.  Harus tarik nafas panjang ketika mendengarkan masukan dari wali kelasnya waktu itu.

Kalau dari segi fisik...sudah sejak dia berumur setahun, aku dan suamiku selalu tarik urat dalam mendiskusikan pola makan Javas yang berantakan.  Jadinya sampai sekarangpun dia tumbuh dengan badan yang mungil dibandingkan teman seumurnya.  

Belum lagi gigi depannya yang bermasalah, yang membuat dia harus rutin seminggu sekali ke dokter gigi sejak umur 4 tahun sampai akhirnya gigi seri dewasanya tumbuh lebaran kemarin.  Ketika gigi yang hancur itu akhirnya tanggal, aku luar biasa bahagia karena terlepas dari kewajiban ke dokter gigi itu (walau pada 2 tahun terakhir frekuensinya jadi menurun hingga jadi sebulan sekali karena repot sekali harus antar jemput  sekolah dan antri ke dokter).  Dan lihatlah senyumnya sekarang.....dua gigi depannya tampak selalu menonjol seakan menunjukkan...AKU BEBAS DARI DERITA SAKIT GIGI....hihihihi..lebay..

Soal makan, walau dia masih suka pilih-pilih makanan..tapi nafsu makannya meningkat pesat.  Kalau orang jawa bilang belum makan kalau belum ketemu nasi, maka Javas tidak akan tenang dan merasa kenyang kalau belum makan ROTI.....waaaa......ANAK ROTI !!  Dan sekarang, harus ada persediaan roti di mobil kalau ga mau denger Javas whining about ROTI...!!  Semoga perkembangan fisiknya akan mengikuti selera makannya ini.

Urusan sekolah..well..ketika kemampuan membacanya meningkat, maka prestasinya meningkat di sekitar rata-rata kelas (dulu angka rapornya pas-pas saja dengan KKM..heheh)... Walaupun begitu Javas sangat suka matematika dan ketika wali kelasnya yang sekarang menyebut dia "Profesor Matematika"....Javas jadi sangat bersemangat mengerjakan PR Matematikanya...hihihihi..tentu saja kami jadi tenang karena saat banyak anak-anak susah menyukai matematika, Javas justru sukarela menyukainya...

Saat ini...Javas sangat jauh dengan sifat introvert...kalau dulu dia selalu menarik diri dalam setiap kesempatan dan hanya merasa nyaman ketika ada Detya di sekitarnya...sekarang dia enjoy dalam semua lingkungan...bahkan yang baru sekalipun.  Dan minggu ini Javas akan mulai bergabung di SSB di Lapangan Banteng...dan dia sangat antusias menunggu waktu itu...

Selamat Ulang Tahun Javasku sayang..  Semoga Allah menjadikanmu pribadi tangguh yang sholeh...yang penuh semangat dan tanggap terhadap lingkunganmu....  Cinta Bunda akan selalu tercurah untukmu....

5 komentar:

  1. happy birthday ya buat de javas...

    BalasHapus
  2. semoga anaknya, kalo udah gede nanti bisa berbakti kepada orang tua.. semangat ya de...

    BalasHapus
  3. cupcakes nya keren ada angry birdsnya ya, hapoy bday mas

    BalasHapus