Rabu, Juli 04, 2012

Tutorial : How To Make Initial Pillow

Selama ini aku telah sangat terbantu dengan adanya tutorial-tutorial di blog crafting & sewing.

Ada tutorial membuat baju bayi dan sepatunya..bahkan ada juga tutorial celana dalam penutup diapers.  Jadi, ketika ada teman yang baru saja melahirkan anak perempuan, pelan-pelan menyiapkan set baju bayi ini.



Sayangnya, ga sempat mengabadikan foto set bayi itu dengan baik dan detil, jadi hanya tampak bersama-sama seperti di atas itu yang bisa terabadikan.

Nah...berhubung tutorial apapun sangat bermanfaat, maka aku juga ingin menyumbang satu tutorial yang rasanya masih belum banyak...(mungkin karena terlalu mudah..jadi ga ada yang mau bikin tutorial heheheh)

Bantal Initial 
  • Bagi yang ahli, membuat pola bisa langsung saja menggambar di kain inisial huruf yang diinginkan.  Tapi berhubung otak kananku sangat tidak kreatif, maka aku menggunakan sarana komputer.  Pertama buat word art di microsoft word sesuai inisial yang diinginkan.  Perbesar sampai ukuran kertas A4 atau F4.  Lalu print.
  • Hasil print out itu, dilipat jadi empat dan masing-masing lipatan difotokopi perbesar 200%.  Jadinya adalah 4 lembar hasil perbesar itu yang kemudian harus disambung-sambung sehingga membentuk huruf yang diinginkan.  Hasilnya akan seperti ini :



  • Jiplak pola pada kain yang dilipat 2 sehingga didapat dua pola yang berhadapan.


  • Jahit pola yang sesuai inisial tadi mengikuti pinggiran pola.  Jangan lupa sisakan sekitar 5-7 cm jahitan tersebut agar terbuka.  Jika dianggap perlu, buat 2 lubang bukaan di tempat berbeda untuk memudahkan ketika pengisian dacron. 
  • Balik kain melalui lubang bukaan tadi dan sebelumnya jangan lupa untuk menjahit pada sisi luar kain sehingga ketika dibalik, sisi kain yang tepat yang berada di luar.
  • Masukkan dacron sampai dirasa cukup melalui lubang bukaan.  Pastikan ujung-ujung huruf terisi dacron dengan penuh sehingga bantal akan tampak bagus.
  • Jahit lubang bukaan sehalus mungkin dengan tangan sehingga jahitan tidak tampak dari luar.
  • Jadilah bantal inisial yang cantik yang siap dipeluk-peluk...

Maaf ya...pola yang difoto huruf S tapi yang sudah jadi malah huruf J....secara yang huruf S masih dalam tahap pengisian dacron dan sampai saat ini masih belum jadi (maklumilaaah.....jadi crafter kalau weekend saja).

Bagaimana tutorial saya ini? apakah cukup membantu.....newbie nii..


1 komentar: