Jakarta To Marseille



Well...perjalanan kali ini benar- benar kulakukan sendiri. Tak ada partisipan lain dari Indonesia. Tentu saja grogi setengah mati karena Eropa sebagai tujuannya.


Entahlah....pergi ke negara yang jauh lebih maju bikin nyali jadi ciut... Bukankah negara maju justru sistemnya akan lebih mudah dimengerti.... Tapi malah bikin aku grogi..

Eniwei....setelah sampai di Kula Lumpur dan berhenti 30 menit maka perjalanan 14 jam dimulai.  Sungguh..perjalanan berangkat selama 14 jam itu dengan KLM..terasa nyaman tanpa gangguan/turbulance sama sekali. dengan transit pertama di Schipol Airport. Luas banget dan ruang cuci matanya memuaskan (baca=area belanja..saya ga mungkin belanja soalnya..)


Dari konter segala macam barang bermerek maka konter bunga inilah yang paling sedap dipandang mata.

Setelah 4 jam menunggu maka penerbangan ke Marseille dimulai dan sampai dalam 1 jam 45 menit.  Sampai di Bandara Marseille langsung menuju pool taksi dan langsung menuju Hotel.



Sebenarnya..penyelenggara sudah menginformasikan bahwa ada 2 partisipan perempuan dari Malaysia yang juga menggunakan penerbangan yang sama jadi bisa share taksi saat dari bandara Marseille ke hotel.  Namun saat di Schipol Airport...aku sudah coba cari-cari wajah melayu yang mungkin jadi partisipan dari Malaysia.  Aku memang menemukan 2 wajah melayu berjilbab..tapi yang satu pergi dengan suami dan anaknya (berusia sekitar 1 tahun) dan satunya lagi...pergi bersama pasangannya.  Karena ragu-ragu..akhirnya aku tak berani menyapa lebih dahulu dan akhirnya memutuskan naik taksi sendiri.

Keputusan yang salah...karena perjalanan taksi yang cuma 30 menit ternyata menghabiskan 60 Euro (setara 750 ribu rupiah)..dan biaya taksi ini hanya ditanggung 30 Euro saja oleh penyelenggara...  Jadi menyesal...seandainya saja tadi tidak ragu-ragu untuk menyapa salah satu atau dua-dua wajah melayu tadi...tentu bisa sharing taksi...dan ga perlu nombok.

Eniwei...mengingat perjalanan ini semuanya gratis.....maka nombok-nombok sedikit..okelaaaaah



Komentar

  1. Waktu itu berapa harga tiket Jkt-Marseille? Maturnuwun sanget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Pak...waktu itu saya dapat training dari lembaga internasional dan semua biaya ditanggung oleh mereka. Jadi saya hanya terima tiket saja tanpa tau harganya.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Medeking

Seri Rumah Kecil - Laura Ingalls Wilder

Coba Atur Blog