Senin, Agustus 11, 2008

Menara Salemba batavia

Waktu akhirnya ikutan inden untuk Apartemen Menara Batavia, kami sendiri belum mengukur keuangan keluarga. Saat itu yang terpenting total DP 20% dan jumlah cicilan perbulan berapa sehingga kira-kira keuangan keluarga bisa apa engga. Dan waktu itu ditentukan kalau bisa bahkan jika kami ambil dua unit.

Tapi ternyata kami tidak memperhitungkan adanya additional charge (AC) yang ditetapkan karena adanya eskalasi harga. Waaaa......jumlah AC itu sebesar 38 - 45 juta dan harus dicicil sebanyak 6 kali berbarengan dengan cicilan DP selama 3 kali.
Jadi harga apartemen bersubsidi yang ditetapkan pemerintah adalah sebesar Rp144 juta. Harga itu ga bisa diganggu gugat walaupun harga bahan bangunan melonjak gara-gara BBM naik. makanya ada tambahan AC diluar harga pokok tadi. Mekanisme pembayarannya gini: Booking fee sebesar 5 juta dengan rincian waktu inden kemaren itu kami bayar 1 juta dan sisanya sebesar 4juta dilunasi pada akhir agustus saat unit apartemen diundi.

2 minggu kemudian kami harus bayar DP I sebesar 9juta sekian, sebulan kemudian 9juta sekian lagi dan sebulan berikutnya sebesar 4juta sekian dan finally totalnya 20%.
Untuk AC maksimum sebesar 45juta dicicil 6 kali dan 3x pertama berbarengan dengan pembayaran DP I, II, dan III. Sisanya dicicil 3 bulan berikutnya.

Jadi akhir agustus nanti kami harus membayar 8juta untuk pelunasan booking fee 2 unit.
15 September harus sedia uang 35jutaan untuk DP I
15 Oktober juga mesti sedia 35jutaan
15 November sedia 24jutaan
15 Desember sedia 15juta
15 Januari juga 15juta
15 Februari terakhir nyediain 15juta
Totalnya sekitar 147jutaan...HAAA...!!!
DO WE HAVE THAT MUCH MONEY...? Duuuuh susahnya ya kalau pengen seneng...?...

3 komentar:

  1. gmn bisa beli nih?
    katanya syarat penghasilan dibawah 5jt..
    wah ujung2nya ga bisa juga nih...
    yaa terpaksa "kontraktor lagi"

    BalasHapus
  2. Iseng browsing soal apartemen ini dan nyasar ke blog ini. Nasib kita sama. Gue juga beli 2 unit tanpa tahu adanya surchage rese itu. Mau marah tapi agennya minta maaf. Mau batalin, lokasinya too good to be true. Gak tahu kapan lagi bisa ada lokasi bagus dengan harga segini.

    Kadung basah. Terpaksa nyari utangan deh hehe...

    BalasHapus
  3. btw apa kabarnya apartemen salemba batavianya? kynya sampe saat ini belum juga dibangun yah??
    salam kenal

    BalasHapus