Selasa, Oktober 21, 2008

Merlion



MERLION...makhluk berkepala Singa dan berbadan ikan ini merupakan ikon Singapura yang sangat terkenal. Melihat gambar ini orang akan langsung mengasosiasikan dengan Singapura seperti halnya Sphinx dengan Mesir.

Kepala singa melambangkan singa yang terlihat oleh Pangeran Sang Nila Utama saat ia menemukan kembali Singapura, ekor ikan sang Merlion melambangkan kota kuno Temasek (berarti “laut” dalam bahasa Jawa), nama pertama Singapura sebelum sang Pangeran menamakannya “Singapura” (berarti “kota” (“pura” di bahasa Sansekerta) “singa”).

Merlion dan anaknya
Merlion ini terletak di dekat Marina Bay tepatnya di depan Gedung Fullerton yang sekarang menjadi hotel. Pas dibalik Merlion besar, ada merlion kecil yang disebut sebagai anak Merlion. Semua bentuknya sama persis, termasuk bentuk tatakan dasarnya. Namanya anak ya ukurannya lebih kecil bahkan pancuran airnya pun juga jauh lebih kecil, sekecil pancuran patung anak-anak yang lagi kencing yang sering ada ditaman-taman itu lo.. Ga sebanding dengan Merlion induk yang pancurannya luar biasa.


Sebenarnya ada satu Merlion lagi di Pulau Sentosa yang lebih besar lagi, tapi ga dapet fotonya..jadi ya udah mending menikmati gambar merlion dan anaknya ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar