Selasa, November 11, 2008

Tema Bulan Ini...Tibalah Pernyataan Itu

Jumat sore waktu jemput Detya di TPA:
"Bunda, aku mau pakai jilbab...aku harus menutup auratku"

Gedubrak deh....bener-bener sesuai prediksi, minggu kemarin setelah dapat tema bulan ini dalam seminggu pasti ada reaksi dari anak-anakku dan Detya mengawalinya. Untung saja bukan pertanyaan yang masih kucari jawaban elegannya..tapi pernyataan bahwa dia mau menutup auratnya.

Fiuh....waktu mau kutanya kenapa rupanya pikirannya sudah teralihkan dengan hal yang lain jadi pembicaraaan stop untuk sementara. Sampai di mobil pernyataan itu muncul lagi dan entah kenapa teralihkan oleh hal yang lain. Tapi aku sudah bersiap menuruti apa maunya, pasti dia akan minta dibeliin kerudung.

Dan benar, hari minggu ketika jalan-jalan mau beli sepatu untuk anak-anak, Detya minta dibeliin kerudung...dari berbagai macam kerudung, dia minta semuanya..tentu saja ga bisa kami kabulkan (duitnya ga cukup) dan ga membiasakan untuk memenuhi semua permintaan dalam satu waktu. Selalu negosiasi..biar dia ga terbiasa berpikir bahwa apapun dan kapanpun dia minta sesuatu maka akan selalu terpenuhi...belajar membedakan mana keinginan dan mana kebutuhan.

Maka saat itu juga, kerudung yang dibeli langsung dipakai walaupun ga matching, pake celana sedengkul dengan kaos biasa tapi berkerudung..yang penting dia senang.

Tapi ada satu yang bikin aku ga habis pikir...ketika lewat di toko pakaian renang detya langsung minta baju renang yang two piece itu...yang model bikini...sudah lama dia menanyakan model yang begini padahal sudah kubelikan baru yang terusan dengan rok pendek.. Dulu dia punya yang begitu dan senang sekali dia pakai, tapi karena punya yang baru maka baju renang itu turun ke kakak sepupunya.. Nah..sekarang walaupun dia minta kerudung untuk menutupi auratnya..dia tetap ngeyel minta pakaian renang yang bikini itu...

Apa ya yang ada di pikirannya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar