Selasa, Agustus 04, 2009

Ujian

Tadi aku ujian setelah 5 minggu penuh mengikuti diklat yang ga manusiawi ini... Tadi ujian internal, sedang besok ujian eksternal..artinya soal-soalnya dari LAN.

Ujian pertama tadi, standar banget...multiple choice...yang kedua...lemayan..analisa...mengasah otak...dan bikin kram jari karena banyak banget yang mesti dikomentari...

Yang ga nahanin adalah ujian besok....kenapa siy LAN bikin soal yang macam gini?
Bayangkan...pertanyaannya semacam gini.."Sebutkan 4 ciri kepemimpinan yang efektif!"
"Sebutkan tujuan pembangunan nasional dan asas-asasnya!"..."Sebutkan definisi administrasi menurut luar dan dalam negeri dan apa kesamaanya?"

Tsaaaaahhhhh...masak setua ini mesti ngejawab pertanyan macam itu? Otak ini sudah ga bisa diajak hapalan....(dari dulu juga udah ga sanggup apalan...)
Hellooow...ini diklatpim...pendidikan dan pelatihan kepemimpinan....Lalu apakah dengan menjawab pertanyaan sedemikian itu terus bisa jadi pemimpin yang baik.....?


Aku ga ngerti apa siy yang dimaui pembuat soal dan kurikulum itu? Bayangkan selama 6 minggu, sebagian besar jam belajar dari jam 07.45 - 21.30...Belum lagi, tugas kertas kerja yang mesti dikumpulin tiap minggu...dari yang tugas baca, kelompok, perorangan sampai minggu kemaren observasi lapangan.

Hasilnya, 3 orang down fisiknya dengan sukses...Emang siy...yang down semuanya yang udah berumur...tapi bener2 kurikulum ini ga manusiawi.

Minggu lalu kami harus OL (observasi lapangan) selama 3 hari. hari pertama, kami datang ke lokasi, diskusi untuk cari permasalahan. malam hari sudah harus presentasi awal, apa saja masalah yang ditemukan dan analisa awal kami seperti apa. Malamnya ngebut bikin kertas kerja...OK, kami kerjakan kelompok...tapi kan tetep kami harus ngebut...mana apa yang kami presentasikan di awal ternyata berubah semua hingga kami harus diskusi lagi dengan narasumber dan tepat jam 24.00...kami temukan permasalahan yang baru yang lebih komprehensif....

Maka jam 24.30..aku dah nyerah, dengan janji bahwa sebagai editor aku harus compile semua laporan besok paginya....temen-temen yang lain lanjutin kerja sampe entah jam brapa.. dan besoknya jam 14.00..kertas kerja kami harus siap untuk presentasi internal.... setelah itu, jadwal agak lega..jadi kami bisa karaokean bareng-bareng.
Tapi pas presentasi itu, satu orang lagi tumbang dengan sukses....sampai sekarang pun beliau masih belum fit...

Hari ketiga kami harus presentasi di depan narasumber kami...maka kami hanya bisa merendah serenda-rendahnya...mengakui apa siy yang bisa kami lakukan hanya dengan sekali diskusi....Eniwei...OL itu dah lewat...

Besok ujian...dengan soal-soal yang aneh bin ajaib itu....kenapa harus sebutkan dan jelaskan?...kenapa bukan Kenapa dan Bagaimana.....

Sabar....sabar....intinya adalah...jika ujian ini beres...maka hari kepulangan makin cepat....

Sabtu ini aku pulang.....HOREEEEEEE......

1 komentar: