Rabu, Mei 19, 2010

Tiga Kata Ajaib

Tiga Kata Ajaib

Ada tiga kata yang sangat ajaib

yang dapat mengubah hidup kita
Caranya mudah saja
Dengarkanlah dan ikuti aku

Yang pertama, katakan tolong
Setiap kau minta bantuan
Yang kedua, terima kasih
Saat ada yang datang membantu
Lalu ketiga, ucapkanlah maaf
Jika kau sakiti siapa pun

Katakan semua setulus hati
Dan keajaiban akan terjadi


Lagu di atas adalah salah satu lagu yang jadi favorit anak-anakku (dan kami, orang tuanya). Pertama kali dengar lagu ini di acara Paman Gery dan Superkids, Female radio pukul 05.45 - 07.00. Penyanyinya adalah Dara, yang diawal-awal dengar lagu ini, suaranya terdengar aneh di telingaku. Sama anehnya dengan suara Gita Gutawa pertama kali aku mendengarnya. Tapi lama-lama terdengar indah, dan seperti halnya Gita Gutawa, aku juga jadi sukaaaa sama lagu-lagu Dara.

Untuk Tiga Kata Ajaib ini, syairnya benar-benar mengena dan selalu kami jadikan contoh jika mengingatkan anak-anak untuk selalu tau kapan harus mengucapkan Tolong, Terima Kasih dan Maaf.

Nah..untuk kata yang terakhir itu... sungguh susah untuk membuat anak-anakku mengucapkannya secara sukarela. Jangankan yang sengaja menyakiti, yang ga sengaja nyakiti saja, mereka amat pelit untuk meminta maaf, terutama Javas. Detya, karena sudah besar, lebih mudah diberi pengertian. Wisam, karena lebih kecil, mudah sekali menirukan dan dia sudah tau kapan harus meminta maaf..tidak cuma sekedar menirukan .

Nah, Javas ini yang sangat susah dimotivasi untuk meminta maaf. Kalimat yang agak-agak mempan memotivasi dia adalah..."Bagaimana perasaanmu ketika ada yang meminta maaf padamu?"...

Karena aku sendiri merasa bahagia..ketika ada yang meminta maaf karena, entah sengaja atau tidak, telah menyakiti perasaanku...

"Tidak inginkah kamu membuat orang lain merasa bahagia dengan meminta maaf padanya?"..itu yang kukatakan pada Javas dan akhirnya membuat dia ikhlas meminta maaf.

Jadi menurutku, dari tiga kata ajaib di atas....maaf-lah yang paling membahagiakan....(dan tentu saja suamiku punya pendapat yang beda...artinya...orang lain pun bakal punya pendapat yang beda)

Mana dari tiga kata ajaib itu yang paling kamu sukai...?

===============================================================

Jadi punya ide untuk fikmin yang lain...

Maaf

Masih saja terasa sakit membaca anjing dan bangsatmu. Tapi tawaku meledak ketika kau bilang..."Maafkan aku...auufff....auuff....".


===============================================================

6 komentar:

  1. TOLONG ...
    TERIMA KASIH ...
    MAAF

    Itu kata-kata yang powerfull sangat

    Salam saya Bu Dewi ...

    BalasHapus
  2. wawww kecolongan mbak Dew mau posting soal lagu iniiii.... aku tau lagu ini bbrp bulan lalu dari spacetoon, liat klipnya. duh langsung jatuh hati dan cari mp3-nya di 4shared. bener2 rindu sama lagu anak2 yg bermutu macam gini...

    btw, itu fiksi mini apaan tuh mbak? kok kayanya menarik? diposting dooong...

    BalasHapus
  3. @desy..rupanya minggu lalu ga blogwalking ya? berawal dari postingan Bang Trainer (Fiksi Mini) meluncur ke TKP....langsung coba di HP....masih belum brani publish..

    besoknya baca fikmin mba Devi..dan muncul keberanian buat publish.

    Selanjutnya...nyandu deh...bentar-bentar nyoba bikin fikmin di hp.

    BalasHapus
  4. ooo... iya, aku kalo libur ngga nginet sih mbak, jadi ketinggalan berita. pantes muter2 kemana2 banyak yg ikutan fikmin ini. fikmin mbak dewi menarik dan lucu banget! hope u'll win ^^

    BalasHapus
  5. Seperti yang di ajarkan waktu kecil dahulu...

    kalau mau meminta sesuatu,

    Maaf... bla bla bla...

    trus kemudian
    Tolong.... bla bla bla....

    terus kalau sudah terlaksana bilang
    Terima Kasih...... bla bla bla

    tingkat awal untuk mengajari sopan santun kepada seorang anak dari orang tua mereka.....

    BalasHapus