Pengumpul Uang



Waktu aku training ke Manila tahun 2007 lalu, aku bertemu dengan teman-teman dari seluruh negara berkembang di Asia yang merupakan anggota ADB. Sungguh menyenangkan bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara dan cukup membuka mataku tentang geografi Asia.

Aku jadi menyadari bahwa Kepulauan Pasifik itu terdiri dari berbagai negara, dari Palau, Tonga, Cook Island, Fiji Island, Tuvalu, Vanuatu, Micronesia, Solomon Island, Marshall Island (apalagi ya..?). Aku juga jadi mengerti bahwa terdapat negara negara STAN (berakhiran STAN, seperti Turkmenistan, Uzbekistan, Kazakstan, dan STAN yang lain) yang dulunya tergabung dalam Uni Soviet. Aku juga tau bahwa Maldives, satu negara kecil di bawah Srilanka, adalah negara yang memiliki pantai terindah di dunia.

Woaaa...pokoknya sebelum ke Manila dulu, aku bagaikan katak dalam tempurung, yang taunya cuma negaranya sendiri. Aku baru menyadari betapa luasnya dunia di luar sana dan betapa beragamnya orang-orang dan budayanya...

Kenapa tiba-tiba aku menulis lagi tentang hal yang telah berlalu 3 tahun yang lalu? Karena beberapa hari yang lalu aku membersihkan laci lemariku dan menemukan uang kertas dari berbagai negara yang dulu aku kumpulkan. Ketika menjelang berakhirnya training tersebut, iseng-iseng aku tukeran uang kertas negara masing-masing. Saat itu ada beberapa uang baru 5000an di dompetku dan aku tuker uang itu dengan uang kertas negara mereka. Aku hanya punya beberapa lembar 5000an sehingga tidak semua teman-temanku mendapat ganti mata uang rupiah. Tapi kebanyakan, dengan sukarela memberi aku kenang-kenangan mata uang mereka. Mereka menyebutku, padagang mata uang...:)

Sekarang setelah aku lihat-lihat lagi, berbagai mata uang itu, aku cukup kesulitan mengingat lagi..mata uang ini darimana. Ada banyak mata uang yang tidak menyebutkan nama negaranya, ada juga yang tulisannya bukan latin sehingga aku tidak bisa membacanya.

Jadi teringat bahwa aku harus menata ulang lagi uang-uang ini dan mencari asal negaranya. Sungguh koleksi berharga yang seharusnya kudokumentasikan dengan baik.

Nanti...kalau sudah tercatat dengan baik akan aku dokumentasikan disini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Medeking

Seri Rumah Kecil - Laura Ingalls Wilder

Coba Atur Blog