Avail

Sebelum baca, aku mesti ngingetin dulu kalau ini tentang urusan perempuan. Jadi kalau bukan perempuan, silahkan baca yang lain :D...

Ini tentang problemaku saat datang bulan


Sudah dua tahun lebih ini aku selalu iritasi saat datang bulan sehingga jadi sangat terganggu. Bagaimanapun aku mensiasati, dari ganti tiap dua jam bahkan kurang dari itu atau mencoba berbagai merek dari yang biasa diiklankan sampai yang dipajang di konter supermarket.

Semuanya berakhir dengan iritasi. Sempat terpikir untuk memakai tampon, tapi....membayangkan saja aku jadi ngeri. Jadi opsi mencoba tampon harus dicoret. Lalu ketika waktu itu aku papsmear di Yayasan Kanker Indonesia, petugas di bagian administrasi sempat menawarkan produk pembalut khusus tanpa pemutih dan mengandung bahan herbal yaitu Avail yang diklaim dapat mencegah kanker rahim. Tapi karena harganya yang berkali-kali lipat dibanding pembalut biasa, maka aku sama sekali ga berminat untuk tau lebih lanjut mengenai pembalut itu.

Sampai beberapa bulan lalu, saat aku browsing sana sini nyari belanjaan online...banyak juga yang menawarkan pembalut Avail. Disamping aku sudah dalam tahap bingung mau diapain lagi iritasi ini dan juga ada temanku yang punya problem sama, maka kami memutuskan untuk nyoba Avail. Mengingat temanku itu sedang dalam upaya untuk hamil, maka aku dulu yang akan mulai mencoba.

Percobaan pertama adalah saat aku sedang menstruasi, jadi selama mens aku pakai pembalut itu. kesan pertama adalah rasa dingin seperti mentol saat jam pertama memakai pembalut. Lalu aromanya seperti....ngg..seperti apa..sampai saat ini aku belum menemukan istilah yang tepat. Kalau dibilang seperti bau herbal...engga juga...bukan seperti jamulah.. Sekilas-sekilas kadang malah terbaui seperti aroma sayur asem betawi yang berbumbu lengkap...

Inti dari percobaan itu adalah...kalau ga diganti dalam waktu lama..tetap saja terasa iritasi.
Lalu ketika mens berakhir dan aku ga pakai lagi pembalut itu, masalah awal dimulai....dibawah sana..aromanya jadi menyengat dan sangat menganggu. Tidak ada rasa gatal hanya aroma yang menganggu.

Setelah browsing sana sini tentang Avail ini maka aku mencoba untuk satu bulan penuh memakai semua produk avail...dari pantyliner sampai night use dan day use. Hasil browsing adalah dimungkinkan akan terjadi perubahan pada waktu seminggu pertama yang artinya kondisi dibawah sana pada dasarnya tidak sehat. Pemakaian agar tetap diteruskan karena kandungan herbal akan menyembuhkan ketidakseimbangan kondisi organ dalam.

Namun ternyata setelah satu bulan aku coba produk itu, aroma menyengat masih mengganggu dan suamiku meminta untuk menghentikan pemakaian.

Lalu aku ke dokter kandungan karena merasa tidak nyaman dengan kondisi yang ada dan dokter sangat tidak menganjurkan pemakaian apapun jenis pantyliner. Apalagi yang mengandung herbal karena ternyata aku malah mengalami keputihan.

Kenapa aku (dan dokter) bisa menyimpulkan bahwa justru memakai Avail itu malah menyebabkan keputihan adalah karena sebelumnya aku tidak mengalami apa-apa. Tidak berbau dan tidak gatal, semuanya normal hanya iritasi dibagian luar setiap kali menstruasi. Jadi menurut dokter...kandungan herbal itu tidak cocok untukku dan untuk menghindari kejadian yang sama maka anykind of pantyliner ga boleh dipakai, bahan underwear harus dari katun dan longgar, hindari pemakaian celana jins atau celana ketat, dan tidak usah memakai underwear pada malam hari.

Tentu saja untuk menyembuhkan keputihanku saat itu perlu obat yang langsung dimasukkan di daerah bawah sana.

Jadi teman....Avail memang bukan untukku...(walau ada salah satu pembeli tetap di koperasi kantorku yang selalu memborong produk ini saban kali baru stok)



update:
25 Juni 2012
Beberapa teman sekantorku ada yang pakai Avail ini dan ga ada maslah buat mereka.  Bahkan satu temanku yang ingin hamil dan sempat dua kali keguguran, kemudian pake avail ini (baik yg untuk heavy period maupun yang harian) selama 2 bulan akhirnya sukses hamil lagi dan melahirkan dengan selamat..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Medeking

Seri Rumah Kecil - Laura Ingalls Wilder

Coba Atur Blog