Senin, Maret 07, 2011

Door Prize dan Bonus

Acara-acara umum seperti Java Jazz, Bobo Fair, Pesta Buku dan lainnya sering menjadi sarana promosi bagai banyak pihak. Dari Grup Penerbitan yang menawarkan harga khusus untuk berlangganan, sampai yayasan yang ingin menggalang dana untuk keperluan target yayasan tersebut.

Biasanya dalam penawaran tersebut pastinya akan ditawarkan sesuatu hadiah tambahan, entah bonus langsung ataupun doorprize.

Nah, di acara Java Jazz kemarin, aku mendapat bonus dan juga door prize dari dua penawaran berbeda

Dulu aku sempat beli buku diskon yang dikeluarkan oleh Sampoerna Foundation dengan tag Save A Teen, seharga 100 ribu. Niatku adalah menyumbang, perkara diskonnya aku pakai atau tidak, itu lain lagi. Aku pikir dari 100rb itu sebagian besar akan masuk untuk program Save A Teen. Ternyata setelah kubaca ulang disalah satu sudut buku diskon yang ditulis dengan huruf yang sangat kecil, bagian untuk Save A Teen hanya sebesar 10ribu saja. Yaaah..cukup kecewa, apalagi benar aku hanya menggunakan dua kupon saja dari satu buku itu.

Maka ketika di Java Jazz ada booth Yayasan Sampoerna yang menawarkan program Save A Teen, aku jadi agak curiga saja. Walaupun dana yang dikumpulkan hanya 25ribu, namun aku kawatir bahwa tidak semua untuk programnya sendiri. Bayangkan, dari 100rb saja hanya 10rb kontribusinya. Lalu bagaimana dengan 25ribu? Namun setelah dipastikan bahwa 100% untuk Save A Teen, maka akupun turut serta. Dapat bonus gelang plastik Save A Teen, dan pilih undian door prize. Nah, aku dapat kursi lipat yang kemudian menjadi sangat berguna.



Pada waktu ngantri Santana yang mengular seperti lingkaran, aku bisa gunakan untuk duduk nyaman. Saat nonton Santana sendiri, kursi aku gunakan sebagai injakan agar lebih tinggi, sehingga viewnya luas banget dan nampak jelas.... Wah..kursi door prize yang sangat bermanfaat. Sampai di rumah sendiri, langsung jadi mainan anak-anak.

Lain lagi ketika masuk booth Grup Femina, ada berbagai macam majalah yang ditawarkan untuk berlangganan seharga 250ribu. Dari harga segitu bisa dapat beberapa edisi dari 6 edisi sampai 17 edisi, tergantung jenis majalahnya. Biasanya aku tidak cukup tertarik karena kalau beli di toko majalah dekat kantor, diskonnya bisa sampai 25%.

Tapiii....bonus tambahannya sangat-sangat menarik. Ada dua macam bonus, bonus umum dan bonus tambahannya. Bonus umum bisa memilih berbagai macam tas, tempat minum, tempat perhiasan atau jaket, sedangkan hadiah tambahannya dari kacamata, softlens plus pembersihnya, paket perawatan muka atau jaket. Beuh...bonusnya sangat mengundang selera. Bayangkan saja, tasnya ada yang dari Capriasi senilai 250 - 350 ribu. Kacamatanya dari SpexSymbols senilai 180 - 220 ribu.

Maka dengan alasan langganan majalah untuk anak-anak (Winnie The Pooh) sebanyak 13 edisi, aku dapat bonus tas lengan Capriasi dan kacamata hitam itu.... Rasanya pengen nyengir saja.... Sebenarnya niat beli majalahnya atau pengen dapat bonusnya?.... heheheh


Cuman yang menjadi pertanyaannya untuk yayasan non profit itu...bukannya biaya untuk sewa booth di Java jazz dan nyiapin door prizenya jadi ga sebanding dengan dana yang didapat saat itu? Ah..mungkin sasarannya adalah sosialisasi ke masyarakat luas agar lebih mengenal yayasan ini untuk kemudian diharapkan dapat memberikan sumbangannya dengan lebih kontinyu...(buktinya aku langsung nyari situs www.sampoernafoundation.org dan browsing lebih lanjut disitu)

1 komentar:

  1. Mengenai Door Prize Kursi Lipat ...

    Ini sangat jeli sekali ...
    betul-betul smart
    betul-betul mengerti kebutuhan konsumen saat itu ...

    Salam saya Bu

    BalasHapus