Kamis, April 07, 2011

Home Made Chicken Nugget

Namanya ibu bekerja ya begini ini, stok di kulkas ga pernah kosong dari nugget ayam, sosis, french fries, spicy wings, ..yang semuanya instan...dan telor tentu saja.

Sebenarnya sadar diri si bahwa makanan yang instan itu kalau dimakan terus menerus dalam waktu yang lama akan banyak efek sampingnya...makanya sebisa mungkin cari yang ga pake pengawet atau bahan tambahan lainnya.

Kalau akhirnya terpaksa yang ada pengawetnya, sebisa mungkin bukan berbahan benzoat karena suatu ketika saat Javas batuk, dokter menyarankan agar menghindari semua yang mengandung benzoat. Lagipula setelah browsing memang penggunaan natrium benzoat dan kalium sorbat sangat tidak disarankan

Nah ketika ngobrol dengan teman, disarankan agar bikin nugget sendiri. Disamping kandungan ayamnya jelas, lagipula pasti tidak memakai pengawet dan MSG. Saat itu aku hanya berpikir..kapan sempat bikinnya...jadi aku ga minat untuk bikin sendiri.

Tapi entah kenapa, minggu ini aku tiba-tiba ingin bikin sendiri. Setelah browsing lewat HP yang memang ga nyaman, aku nemu resep yang paling gampang dan semua bahan sudah ada semua. Selasa malam nyampe rumah sudah jam sembilan tapi karena daging ayam giling itu harus segera dimasak maka malam itu juga harus selesai, paling engga, sampe ngukusnya selesai. Sambil nyambi nguras bak mandi, nugget itu akhirnya selesai dikukus. Berhubung ngantuk dan capek maka abis matiin kompor, langsung aja tidur.

Ee...rabu paginya bangun kesiangan jadinya ga sempat ngegoreng dan baru pagi ini bisa menggorengnya. Dan ini penampakannya ;


Lumayan si menurutku dan yang penting anak-anak sukaaa banget.

Ah, kalau saja rela tidur lebih malam lagi dan bangun lebih pagi lagi...bisa kok menyediakan sendiri makanan sehat untuk anak-anak ...

BTW anak-anak sangat suka kecap dan saos tomat, padahal agak susah nyari yang ga pake natrium benzoat, terutama saos tomat.
Nah. sampai saat ini yang kubaca ingridient-nya ga pake pengawet itu adalah Kecap Bango dan Saos Tomat Heinz dan Del Monte yang All Natural (Heinz harganya lebih murah).

Jadi kalau anak-anak mulai colak colek saos tomat itu, aku ga melarang.

Next project adalah bikin saus spaghetti Bolognese sendiri...semoga ga malas.

6 komentar:

  1. sluuurrpppp....laparrr sayaaa....selamat ya buat anak2nya punya ibu yang perhatian... :)
    salam

    BalasHapus
  2. aduh,laper....
    nuggetnya bikin liur gue tetes gak karuan,hehe

    BalasHapus
  3. nugget kesukaan sebagian besar anak2 ya

    BalasHapus
  4. cocok tuh buat acara en ngembangin bisnis kuliner baru. deket rumah, cocok. gak minat dijual ke minimarket, bu?

    BalasHapus
  5. mbak, aku urun bahan terus nitip dibuatin sekalian...(hayah,mau enaknya aja nih aku)
    nyerah aku kalo soal beginian hehehe

    BalasHapus
  6. MBA MAU INGETIN AJA KECAP BANGO TETAP MENGANDUNG MSG DAN NATRIUM BENZOAT JANGAN MELIHAT KOMPOSISI KRN PERNAH BERAKIBAT KE SAYA

    BalasHapus