Kamis, Januari 12, 2012

Penerbangan Banyuwangi - Surabaya

Lebaran lalu seharusnya kami hanya berlebaran di Kediri, tapi karena ternyata cutiku lebih lama dibanding suamiku, maka sisa waktu aku habiskan di Banyuwangi. Suamiku mengijinkan dengan catatan, kepulangan kami ke Jakarta harus sudah disiapkan.

Tiket Surabaya - Jakarta memang sudah kami siapkan jauh-jauh hari sebelumnya namun perjalanan Banyuwangi - Surabaya masih belum pasti. Maka diputuskan bahwa aku dan anak-anak akan mencoba jalur penerbangan baru Banyuwangi - Surabaya.

Alhamdulillah, dari 4 tiket yang kami beli 3 diantaranya mendapat harga promosi jadi lumayan hemat. 


Penerbangan Banyuwangi -Surabaya ini sebenarnya sudah cukup lama yaitu dimulai pada tanggal 29 Desember 2010 dengan pembukaan penerbangan pertama diresmikan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur. Sky Aviation merupakan maskapai komersial pertama yang beroperasi di Banyuwangi dengan jalur penerbangan Surabaya - Banyuwangi - Surabaya dan Denpasar - Banyuwangi - Denpasar.


Dalam perkembangannya, pada tanggal 24 Agustus 2011, Merpati Nusantara Airlines juga membuka jalur penerbangan Surabaya - Banyuwangi - Surabaya. Jadi kalau sebelumnya penerbangan hanya ada empat kali dalam seminggu yaitu Senin, Rabu, Jumat dan Minggu yang hanya di layani Sky Aviation, maka semenjak Agustus 2011, penerbangan ke Banyuwangi tersedia tiap hari.


Karena tiket Surabaya - Jakarta yang aku punya untuk penerbangan hari Jumat, maka akupun memilih apapun penerbangan yang disediakan hari Jumat itu dan sesuai jadwal adalah Merpati Nusantara. Sebenarnya ada sedikit keraguan ketika tahu bahwa pesawat yang digunakan oleh Merpati adalah MA-60, itu loo pesawat yang jatuh di Papua dan menewaskan seluruh penumpangnya beberapa waktu sebelumnya. Tapi setelah suamiku meyakinkan bahwa kondisi alam Papua yang jauh berbeda dengan Jawa Timur, ditambah saran dari beberapa teman yang pernah terbang dengan MA-60 itu, maka dengan Basmalah akhirnya diputuskan untuk tetap mencoba penerbangan itu. 

Alhamdulillah..perjalanan lancar dan menyenangkan, tidak berbeda dengan penerbangan biasa dan namanya penerbangan pertama, maka agak-agak norak dengan jeprat-jeprat ke semua arah.

Ke sebelah kanan, ada Detya


Sebelah kiri, ada Javas dan Wisam

Ke depan, ada pramugari yang sedang memperagakan aturan keselamatan

Ke belakang....eeee...ternyata ada Bupati Banyuwangi yang rupanya juga ikut penerbangan ini....

Akhirnya menjelang landing, Detya sibuk merekam proses landing (dan sampai sekarang jadi tontonan ketika mereka bete di mobil).  Ini salah satu suasana Surabaya dari atas:

Saat ini, rupanya Sky Aviation sudah tidak beroperasi lagi di Banyuwangi, karena semenjak Merpati Nusantara menjalankan rute Banyuwangi, penumpangnya berkurang drastis sehingga tidak mencukupi biaya operasional.  Jadi saat ini hanya ada Merpati Nusantara dengan jadwal keberangkatan setiap hari Senin, Rabu, Jum'at dan Minggu dengan waktu penerbangan pukul 12:50 - 13:40 untuk Surabaya - Banyuwangi, dan 14:10 - 15:00 dari Banyuwangi - Surabaya.

Jadwal yang up to date ada di www.banyuwangikab.go.id

3 komentar:

  1. Wah ...
    ternyata ada penerbangan ke Banyuwangi ya bu ...

    Saya baru tau nih ...
    terima kasih infonya ya Bu

    Salam saya

    BalasHapus
  2. mbak, angry birdsnya ada banyak variannya. yang aku beliin buat pascal bukan yang seperti itu. bedanya di ketapelnya. tadinya pascal mau beli ketapel yang kaya di disdus tapi suamiku nyuruh yang satunya karena bentuk ketapelnya terlihat lebih kuat.
    di toko dekat rumah paling murah 55rb. yang aku beli 70rb tadi aku cek di mall dijual dgn harga 100rb

    BalasHapus