Kamis, November 12, 2009

Hasil Check Up Gratis dari Askes

Bulan Juni lalu dapet cek kesehatan gratis dari Askes...dan hasilnya baru dua hari lalu aku terima....beuh...lama banget...apa proses birokrasinya ya yang bikin lama?
Karena ketika kulihat tanggal hasil lab-nya...sesuai dengan tanggal pelaksanaannya. Jadi apa yang bikin prosesnya butuh 5 bulan untuk sampai ke mejaku ya...?..Huh...bener-bener birokrasi itu menyebalkan..!! (dan aku salah satu pegawainya....shame on me...)

Eniwei..hasil cek darahnya cukup membuatku bersedih...kadar trigliseridaku tinggi sekali..hampir mencapai angka 300....juga asam uratku....inilah akibatnya bagi orang yang ga mengatur pola makan.... jerohan? ..ayooo....melinjo? ...asyik....seafood? ...sedaaap... Huaaaahhh...semua makanan yang bikin asam urat meningkat dan trigliserid naik adalah makanan favoritku.

Jadinya browsing sana-sini untuk nyari makanan apa aja siy..yang mesti dihindari agar 2 hal tersebut ga naik lagi..sebelum jadi penyakit yang parah.. Aku nemu artikel tentang cara alami menurunkan kolesterol dan trigliserida..

Untuk asam urat juga sama..makanan-makanan favoritku itu semuanya bikin kadar purin dan trigliserid juga naik...jadi jika menghindari jeroan dan sea food..maka dua hal itu juga ga akan mampir...

Duluuu..ketika memasuki umur 30..aku berjanji pada diriku sendiri untuk mengatur pola makan...ternyata sampai usia 34 ini aku belum melaksanakan janjiku sendiri itu. Sekarang, setelah hasil cek kesehatan itu keluar....baru aku teringat lagi akan janji mengatur pola makan itu....Beuh...ternyata butuh dipentung dulu baru bisa sadar.

Agenda hidupku ke depan..(Ya Allah....bantu aku untuk istiqomah melaksanakannya...amien):
  • mengatur pola makan (minimal tidak jeroan dan seafood secukupnya..)
  • olah raga (minimal jalan kaki rutin....ga kuat kalo disuruh lari...)
  • Banyak minum air putih...(kembung...kembung deh..yang penting aliran buangan zat tubuh lancar..)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar