Senin, November 23, 2009

Soft Skill Competency

Minggu lalu ada training wajib untuk level kerjaku, maksudnya semua levelku di kantor wajib ikut training ini. Berdasar assessment dua tahun lalu, kami-kami ini dinilai inovatif tapi ga ada continuous improvement, interpersonal skillnya juga kurang... Jadi dengan training softskill ini diharapkan interpersonal kami meningkat dan kami juga punya semangat untuk pengembangan diri dan juga sistem kerja...ga cuma apa adanya seperti sekarang. Kalau pembelaan kami siy...kami ini sudah cukup sibuk dengan kerjaan rutin sehingga ga sempet memikirkan bagaimana untuk memperbaiki sistem yang ada. Lah...lagian sistem yang ada sekarang udah bisa jadi dasar bagi kami untuk bekerja dengan baik dan inovatif...ngapain mesti ribet untuk mencari sistem lain lagi? (terbukti kan kalo improvement kami ga kontinyu? ...)

Kami juga dimotivasi untuk menjadi pribadi yang profesional dan diajarkan untuk bisa mengelola stress hingga ke level yang bisa mengoptimumkan hasil kerja kami..(kupikir...ngomong aja gampang...prakteknya niy...yang susah)

Eniwei...masalah improvement tadi bener-bener bakal butuh usaha yang keras dari kami sendiri untuk bisa menjalankannya. Beda dengan interpersonal skill, materi tentang ini sangat-sangat bermanfaat dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Tujuan utamanya siy untuk menjalin hubungan dengan bawahan. Tapi kupikir, apa yang disampaikan trainernya bisa diaplikasikan untuk semuanya...untuk anak, orang tua, suami, temen sekantor, atasan, bawahan, rekan kerja...semua orang bisa.

Pertama kita mesti mengenali diri sendiri dulu, baru mengenali orang lain. Selanjutnya jika kita sudah tau orang lain itu gimana maka perlakuan terhadap orang lain itu akan disesuaikan dengan karakter orang yang telah kita kenali.

Pas mengenali diri sendiri ini, trainer menanyakan warna favorit kita apa dan berdasar penelitian, warna favorit tersebut 85% sama dengan karakter pribadi kita.... memang ga 100%, tapi 85 dari 100 cukuplah untuk menebak karakter orang seperti apa (artinya kan 15 aja yang jawabannya bakal beda).

Ada namanya DISC Profiling yang mewakili 4 kuadran perilaku individu
  • D-Dominance : diwakili dengan warna biru, personifikasi adalah SINGA. Bisa dibayangkan kan, singa itu seperti apa? Pemimpin dan penguasa dengan keinginan dalam hati untuk jadi nomor satu. Dalam situasi nyaman orang Biru akan sangat suka bersaing, penuntut, teguh pendirian dan yakin akan dirinya dan keputusannya, dan punya tujuan tertentu. Tipe pemimpin lah.... Kalau dalam situasi yang menekan maka si Biru akan agresif, mengendalikabn, pemaksa dan bossy serta tidak bisa toleransi terhadap apapun yang menghyalangi tujuannya.
  • I-Influence : diwakili dengan warna merah dengan binatangnya adalah LUMBA-LUMBA. Lumba-lumba kan ramah, suka bermain-main dan suka berceloteh. Seperti itulah si Merah jika merasa nyaman, gaul, dinamis, terbuka, antusias dan persuasif. Jika tertekan, maka si Merah akan impulsif, gampang cemas, ceroboh, flamboyan dan terburu-buru.
  • S-Steadiness : diwakili warna kuning, dengan KOALA sebagai personifikasinya. Koala digambarkan bijak dengan pendirian yang tenang dan pasti, mudah didekati dan penuh kehangatan. Dalam keadaan nyaman si Kuning ini sangat peduli dan mendukung, gampang berbagi, sabar dan rileks. Tapi jika tertekan dia akan jadi pasif, hambar, sangat tergantung dan keras kepala.
  • C-Compliance : diwakili dengan warna hijau dengan hewannya adalah RUBAH karena banyak akal, cerdik, dan berhati-hati. Jika merasa nyaman, si hijau akan berhati-hati, precise, kritis dan formal. Jika tertekan, dia akan konvensional, tidak mantap, ga mudah percaya, dingin dan sangat-sangat menahan diri.

Ketika pertanyaan tentang warna favorit dari empat pilihan warna itu, dengan penuh pertimbangan aku memilih MERAH....maka semua hal yang disebutkan ketika si Merah tertekan....bener-bener..."aku banget"....tapi aku ga terlalu gaul...aku juga ga terlalu terbuka (temenku nyeletuk kalau aku lebih terbuka di blog-ku ini daripada di kehidupan nyata...tapi intinya dia bilang...aku ini terbuka), tapi aku memang dinamis, antusias terhadap hal-hal baru dan cukup persuasif... Jadi rasanya aku bisa dikategorikan sebagai hampir merah sempurna.... (huahahaha...maksa..!!)

Eniwei, bahasa tubuh masing-masing kuadran juga dijelaskan sehingga, kita bisa semakin mudah mengenali orang lain itu tipe yang mana. Nah jika kita sudah tau karakter lawan bicara kita seperti apa, maka topik-topik yang menarik untuk dibicarakan sesuai tipe adalah :
  • Dominance : Bisnis, pekerjaan/tugas, fakta, ekonomi
  • Influence : pribadi, pergaulan, hobi, cita-cita, inspirasi, ambisi dan gengsi...(engga aku deh....aku ga suka selfcenter seperti ini)
  • Steadiness : keluarga, rumah tangga, team spirit, sosial, humanisme, parental, dan service/pelayanan (aku lebih suka membicarakan hal-hal seperti ini...)
  • Compliance : ilmu, data/informasi, statistik, falsafah, teknologi, sistem, dan analisa.

Topik-topik itu bisa jadi awal yang baik untuk selanjutnya ngomongin kerjaan atau hal lain yang sebenarnya jadi tujuan utama kita. Artinya gini, jika kita ingin menuntut bawahan kita untuk perform dengan baik maka tentu saja kita mesti menjalin hubungan pribadi yang baik... Nah..topik-topik di atas bisa dijadikan permulaan untuk menjalin hubunngan...dengan siapa saja.

Kembali ke kenapa aku merasa ga merah sempurna, ya itu tadi..aku ga suka jadi pusat perhatian, beda dengan si Lumba-Lumba sejati yang cenderung ingin jadi pusat perhatian dan ga bisa distop kalo sudah ngomong. Aku ga suka gaul dalam hal dugem...nyobain tempat makan baru...(itu yg digambarkan trainernya). Aku juga ga suka ngomongin pribadi, pergaulan, hobi, cita-cita, inspirasi, ambisi dan gengsi....halah...apa pula itu...

So....Am red....almost pure red....I think I am red with a little yellow...


1 komentar:

  1. Saya kira ...
    MERAH ...
    tidak selalu senang tampil ...
    tidak selalu senang dugem ...
    tidak selalu suka mencari tempat makan baru ...

    tetapi MERAH
    selalu tau cara menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien ... dan bisa membuat orang lain terinspirasi dari nya ...

    so ... You are still RED bu ...
    (I think )

    Salam saya

    BalasHapus