Jumat, Juni 18, 2010

Cacingan

Sungguh, saat ini kami sekeluarga ga ada yang cacingan. Hanya saja, sejak akhir tahun lalu kami merutinkan diri minum obat cacing (untuk anak-anak maksudnya, aku ga ikutan waktu itu).

Awalnya kami sedang berkunjung ke rumah teman yang berbaik hati ikut mencarikan rumah saat kami kasak kusuk mencoba cari rumah di sekitar kantor saja. Nah, percakapan teman tersebut dengan anaknya tentang segala macam jadwal kesehatan dengan dokter pribadinya (misalnya:imunisasi, periksa gigi, minum obat anti cacing), membuat kami terinspirasi untuk juga rutin minum obat cacing buat anak-anak kami. Jadi, langsung saja sepulang dari rumah teman tersebut kami beli obat cacing cair untuk anak-anak.

Lalu, mengingat sudah enam bulan berlalu semenjak minum obat cacing terakhir, maka awal bulan ini kami sudah mengingat-ingat untuk menyiapkan obat cacing itu sekaligus memotivasi mereka untuk hidup bersih. Kami janjikan untuk browsing masalah cacingan sehingga anak-anak tau sendiri masalah cacingan dan kebersihan ini.

Apalagi beberapa bulan lalu sudah ada berita heboh tentang anak umur 11 tahun yang cacingan dan ternyata ada 3 kg cacing di perutnya ketika akhirnya di operasi. Dengan bekal cerita tersebut, kami sekeluarga browsing sana sini dan hasilnya.....belum lagi selesai browsing itu, anak-anak dengan semangat 45 langsung minum obat cacingnya. Dan aku sendiri....karena sangat syok dengan gambar-gambar dan video tentang cacingan itu, langsung ikutan minum obat cacing. Begitu juga adikku, tapi suamiku rupanya cukup yakin bahwa beliau tidak cacingan sehingga tidak ikut-ikutan makan obat cacing.

Bener deh....segala informasi yang muncul itu benar-benar membuatku mual dan ngeri sendiri. Sejak itu, aku tidak perlu merepet panjang lebar saat memotivasi anak-anak untuk rajin-rajin cuci tangan dan berhenti ngemut-ngemut jari. Tinggal mengingatkan lagi apa-apa yang telah mereka lihat dan voila....langsung nurut cuci tangan pakai sabun.

Jadi teman.....jika anak-anak sangat sulit untuk sukarela cuci tangan pakai sabun....perlihatkan pada mereka betapa cacing-cacing itu akan beranak pinak di pencernaan kita.... Di jamin mereka akan mendadak sadar untuk selalu hidup bersih....(bahkan Wisam yang baru berumur 3 tahun itu teringat selalu untuk cuci tangan..)

2 komentar:

  1. Saya saja yang membaca informasi ini Begidig jeh ...

    3 kg jeh ... (tiga kilogram)
    (tetep begidig ...)

    (eniwei terima kasih informasinya Bu...)

    salam saya

    BalasHapus
  2. Bang Trainer, sebenarnya bukan 3kg itu yg bikin begidig...tapi video-video lain yang terkait dengan video itu....

    bikin ngeri banget...

    Pokoknya kalau ga kuat mental jangan browsing deh....dijamin ga bisa tidur...(terjadi sama Javas..sampai butuh pelukan untuk bisa membuat dia tertidur)

    BalasHapus