Jumat, Februari 13, 2009

Nagasasra dan Sabuk Inten atau Blogwalking...?

Pas donlot Senopati Pamungkas waktu itu, aku juga ngumpulin donlotan Api di Bukit Manoreh dan sudah mulai baca beberapa jilid. Tapi 2 temen kantorku meyakinkan bahwa tulisan S.H. Mintarja yang paling bagus adalah Nagasasra dan Sabuk Inten dan beberapa teman lain juga cerita bahwa buku ini enak dibaca. Senopati Pamungkas fokus banget nyeritain jurus-jurus silat sampai ke detil gerakannya (dan aku yang jago skimming..pastilah ga baca detil gerakan silat itu...buat apa? ga mempengaruhi jalan cerita ini..). Nah kalau Api di Bukit Manoreh, kata temenku lebih berbelit-belit jalan ceritanya dan lagi penulisnya meninggal ketika cerita masih jauh dari tamat. Jadi daripada nanti penasaran, lebih baik ga nerusin never ending story itu.

Maka aku mulai baca buku N & SI itu yang minjem dari teman sejiwaku dalam membaca (dia sering banget beli buku di inibuku.com..belum lagi ketika gramed diskon 30%... dan banyak yang belum sempat dia baca, bahkan segel buku masih utuh..maka akulah yang kadang memerawani buku-bukunya..). Buku N & SI ini ada 3 jilid, masing-masing 700an halaman, aku sendiri baru mulai baca kemarin dan baru nyampe halaman 200. Sejauh ini memang menarik, beda jika dibandingkan dengan api di bukit manoreh yang baru baca di halaman seratusan gitu...
Aku ga suka plot cerita yang bertele-tele dan terkesan mbulet (seperti tulisannya LKH itu) dan awal di api di bukit manoreh juga terkesan bertele-tele...satu masalah dijelasin panjang lebar.. makanya kali ini mau fokus baca N & SI ini.

Taaapppiiiii....kegiatan membaca buku ini rupanya harus bersaing dengan kesukaan baruku...BLOGWALKING...(hmm..jadi malu..). Bener-bener memalukan, bukankah kalau mau ngeblog artinya juga harus blogwalking..? Sudah hampir setaun ini menulis di blog..tapi baru sebulan ini jalan-jalan liat blog orang lain (bener-bener egois). Jadinya baru sadar bahwa ada aturan tak tertulis tentang nge-blog..(jangan-jangan malah ada aturan formalnya juga). Menulis, pertama kali hanya coba-coba yang kemudian bikin aku nyandu, selanjutnya jadi penyaluran pikiran yang sumpek dan pengingat buatku..jadi ga mikir apakah ada yang baca atau engga.

Dan ketika klak-klik yang dimulai dari blog-nya LEA maka ternyata menjalar kemana-mana dan blog-blog yang kubaca memang bener-bener menarik. Maka aku hanya bisa tengsin sendiri..kenapa aku begitu selfish hanya berkutat di tulisanku sendiri (yang ga mutu ini) dan cuma wajib baca dua blog favoritku..dan jaraaaaang banget komen di blog favorit itu (padahal sudah mengklaim sebagai blog favorit...!!). Ga tau deh mesti gimana..karena setelah jalan-jalan sampai jauh itu ternyata juga ngabisin waktu...!! (dua hari ini bisa muasin blogwalking karena target kerjaan sudah beres dan si Bos juga keluar kota)

Jadi...aku sangat-sangat heran, bagaimana para blogger lainnya memanage waktu antara bikin tulisan (banyak blogger yang punya lebih dari satu blog) dan baca tulisan orang lain sekaligus memberi komentar... Padahal masing-masing blogger juga punya kerjaan rutin... Karena base on my 2 days experience...aku ga bisa ngatur waktu..!!

Maka sore kemarin kepalaku terasa nyut-nyutan..karena nglembur tulisan orang diselingi baca N & SI dan njemput anak-anak sekolah (makan siang aja sampe lupa)...kemaren fullday sama sekali ga ngerjain kerjaan rutin (kecuali ngirim email dianggap kerja).

Mesti sadar diri niy..jangan sampe kena euphoria seperti yang Bang Trainer bilang...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar